08 Juli 2009

Kandangan, HSS-Kalsel. Pondok Pesantren unggulan Al-Baladul Amin, yang terletak di Mandala Permai, Kecamatan Telaga Langsat, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) akan menerima santri untuk tahap pertama dengan membuka program SMA unggulan. Ponpes Al-Baladul Amin bertujuan mendidik para santri yang siap terjun ke masyarakat, mendidik para santri yang berpengetahuan luas memiliki toleransi yang tinggi. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan HSS Drs H Muhammad Yusuf Effendi M.AP, dalam sosialisasi ‘SMA unggulan’ Ponpes Al-Baladul Amin, Sabtu (30/5) lalu, di pendopo kabupaten setempat.

Sementara, Wakil Bupati HSS H Ardiansyah S.Hut yang membuka acara tersebut, menyampaikan jika penerimaan perdana Ponpes Al-Baladul Amin mempunyai peranan penting, terutama mendidik kesadaran, keikhlasan, kemandirian bagi para santri.

(Bangunan Ponpes Al Baladul Amin yang terus dibangun)

"Hubungan Kyai dan santri yang terbangun secara kokoh, sehingga perannya tidak sebatas pengajar melainkan juga sebagai pamong, pembimbing, pengasuh, pendidik, dan bahkan menjadikan santri sebagaimana layaknya anak mereka sendiri,’’ tegasnya.

Selanjutnya, sebut Ardiansyah, banyak asfek keberhasilan pendidikan justru dimiliki oleh orang pesantren, di mana mereka berhasil mengembangkan kemampuan berbahasa asing, Arab dan Inggris.Contoh yang nyata dilihat adanya Ponpes Gontor di Penorogo, Ma’had Al-Zaitun Indramayu yang berada di pedesaan, ternyata berhasil. Terasa ironis, katanya, justru pendidikan umum dan bahkan termasuk banyak perguruan tinggi di kota besar masih belum berhasil mengejar kemajuan beberapa ponpes tersebut.

(Serah Terima Berkas Santri Perdana dari Pengurus Yayasan kepada Kepala Sekolah)

Diharapkan pesantren unggulan Al-Baladul Amin mampu menjembatani dikotomi tradisional dan moderen, kolaborasi antara pendidikan nasional dan Departemen Agama, sehingga lulusan SMA dapat melanjutkan studinya di universitas dalam negeri atau luar negeri dengan tetap mengedepankan Akhlakul Karimah dalam segala asfek kehidupan, beber Wabup Ardiansyah.


(Suasana Tes Seleksi Masuk Ponpes al Baladul Amin)

Sementara, panitia pelaksana H Zainal Ariffi Lc, menerangkan pendaftaran dibuka sejak tanggal 2 sampai dengan 20 Juni 2009 di Kantor Dinas Pendidikan dan Departemen Agama Kabupaten HSS. Syarat-syarat untuk menjadi santri ia katakan, laki-laki sehat jasmani dan rohani berumur maksimal 17 tahun, memiliki surat tanda lulus SMP/MTs atau sederajat, ranking 1-10 dengan fotocopy raport semester 1-5. Selain itu juga mampu baca tulis Al-Qur’an, mengikuti dan lulus test masuk dan bersedia tinggal di asrama.

(Pengurus Yayasan, Kabid Bina SMP,SMA & SMK, Kepala Sekolah)

Sosialisasi diikuti sekolah tingkat atas atau sederajat yang diwakili dari perwakilan sekolah masing-masing dari delapan kecamatan seperti Kandangan, Simpur, Kalumpang, Padang Batung, Telaga langsat, Sungai Raya. Sementara dari Kecamatan Loksado tidak hadir. Untuk Kecamatan Daha Utara, Daha Selatan, dan Daha Barat juga akan diadakan sosialisasi di daerah itu sendiri.
(Pengurus Yayasan al Baladul Amin dan Jasa Raharja)


Bardasarkan hasil seleksi masuk SMA Unggulan Al Baladul Amin, maka calon-calon santri yang diterima menjadi santri adalah:

NO NAMA
1 KAMARULLAH
2 MIFTAH FARID
3 KHAIDIR
4 M. RISWAN
5 ARIF MARWAN
6 M. NAJIH ZIKRI
7 ANDI ATMA ANSYARI
8 M. RIZAQAN EL HAFAZI
9 M.AKHYAR
10 AMAL FATHULLAH
11 M. FAHMI RIZAL
12 M. JAMILUDDIN
13 AHMAD SYAKRANI
14 AIDIL MUJAHID
15 M. IHSAN
16 M. PADILLAH
17 M. RIF'AT
18 AKHMAD RAMALI
19 DADAN WICAKSONO
20 M. HAMDIE
21 PAZRI MAULIDI
22 RIFANIANSYAH
23 MUSTAPA R.
24 RIZALI FANSURI
25 SALAM HAFIZHI
26 TONI WAHYUDIN
27 AHMAD SUHAIMI
28 ALDI RISWANDI
29 M. NOOR YUDHA
30 RISWANDI
31 MUHAMMAD FAHRUDDIN
32 ABDI RIVALDI
33 AMIRUL MA'FUZ
34 MUHAMMAD MIFTAHUL IHSAN
35 SALIHUDDIN
36 HENDRA
37 MUHAMMAD ASWADI RAHMAN
38 SUPIAN HADI
39 HEROLI IQBAL
40 MAHFUZD ANUARI
41 M. SYAFI'I

14 komentar:

  1. umai lah kisah pulang pak guru neh, kaya pa habar pian? lawas kada cungul, ba ulah pesantren kah?
    atawa sibuk banar kah?

    BalasHapus
  2. ada survey, mumpung masih adda kesempatan

    BalasHapus
  3. @baburinix: lama kd online karena tiang antene roboh..hehehe. Bukannya beulah pesantren tapi ikut bantu-bantu disana..

    @MUSTIBAISHI: kagak nyambung komennya

    BalasHapus
  4. alhamdulillah... sejak dulu pesantren memang sudah berakar di negeri kita, sebagai pendidikan alternatif yang seharusnya bisa kembali merebut animo masyarakat. karena dunia pesantren lah yang bertanggung jawab terhadap hak rakyat untuk mendapat pendidikan bermutu tinggi. meskipun pada kenyataannya masyarakat sendiri yang kurang peduli.
    saya sih cuman berharap lembaga pendidikan seperti ini tetap independen dan tidak mudah menerima bantuan dari pemerintah :)

    BalasHapus
  5. Al falah (Banjarbaru) juga menerima santri baru lo...

    BalasHapus
  6. hmmm ... sejak dulu saya selalu pingin belajar mondok, pak syam, tapi entah kenapa ndak kesampaian. selamat atas pendaftaran santri barunya, pak, semoga lewat akan lahir generasi masa depan yang religius, cerdas, terampil, dan berakhlak mulia, amiin.

    BalasHapus
  7. sukses buat ponpesnya ya..??
    semoga dapat menciptakan SDM yang ber IPTEK dan IMTAQ.. amin...

    BalasHapus
  8. jangan lupa sering berknjung ke rumahku yang ini ya..?? HULONDHALO LIPU'U.. Met Week end

    BalasHapus
  9. Selamat buat masyarakat HSS, semoga sekolah ini bisa meningkatkan sdm disana. Mantap pak Syam, saya iri sama sampeyan, kapan saya bisa bantu pendidikan buat yang lain?

    BalasHapus
  10. oh, ini pesantren khusus anak laki-laki ya, pak syams? pendidikan pesantren memang sejauh ini lebih berhasil menerapkan keterampilan, mungkin karena faktor sekolah berasrama, sehingga para pelajar bisa mengaplikasikan keterampilan secara lebih intensif dalam kehidupan sehari-hari. bangunan yang modern menghapus kesan pesantren itu kumuh dan crowded, pak syams, sehingga citra pesantren juga akan lebih baik.

    selamat untuk masyarakat kandangan.

    BalasHapus
  11. Salam Knal .
    dari Kampung melayu

    BalasHapus
  12. Nama Pimpinannya siapa???

    BalasHapus
  13. Anonim> kalau ketua yayasannya Gr.H.M. Riduan (Gr. Kapuh)

    BalasHapus
  14. Penasaran seperti apa Ponpes Unggulan al Baladul Amin.Silakan berkunjung ke website resmi pondok: => http://albaladulamin.sch.id

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar anda.