Pangkat dan golongan guru sebagai jabatan fungsional ditentukan oleh aktifitas dan kegiatan guru mengajar. Setiap akan naik pangkat guru harus membuat perhitungan usulan angka kredit sesuai dengan kinerjanya masing-masing.
Banyak guru mentok pangkatnya pada golongan IV/a karena salah satu syarat pada golongan ini yakni cukup sulit, yakni harus membuat Karya Tulis Ilmiah (KTI). Penyebabnya adalah ditolaknya Karya Tulis Ilmiah yang diajukan. Akar masalahnya adalah tidak semua guru memiliki kemampuan menulis KTI, beberapa memiliki KELEBIHAN LAIN, seperti membuat alat peraga, karya teknologi tepat guna dan karya seni.
Sesuai dengan KepMendikbud Nomor 25 tahun 1995 tentang Petunjuk Teknis Ketentuan Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, Karya teknologi tepat guna dapat memiliki nilai/angka kredit tersendiri. Karya teknologi tepat guna tersebut dapat digunakan sebagai alat action/intervensi pada Penelitian Tindakan Kelas atau Penelitian Eksperimen, dan laporan penelitian tersebut tetap memperoleh nilai/angka kredit tersendiri.
Apa itu Teknologi Tepat Guna (TTG)? TTG adalah teknologi yang diterapkan pada bidang tertentu (misal olahraga, rumah tangga, pendidikan dsb.) sehingga menghasilkan manfaat pada bidang tersebut. Teknologi yang tepat untuk mengatasi masalah yang dihadapi dengan menggunakan sumber daya yang sesuai atau tersedia di lingkungannya. Umumnya berupa peralatan yang relatif sederhana, mudah dibuat dan dioperasikan.
Menurut KepMendikbud diatas, teknologi tepat guna adalah teknologi yang menggunakan sumber daya yang ada untuk memecahkan masalah yang dihadapi/ada secara berdayaguna dan berhasilguna atau untuk pelaksanaan tugas sehari-hari menjadi lebih mudah, murah, dan sederhana.
Teknologi Tepat Guna yang dapat dinilai angka kreditnya terbagi atas perangkat keras dan perangkat lunak.
Perangkat keras :
Kriteria :
Teknologi tepat guna pada faktor pendukung pembelajaran misalnya; Bahan ajar/sumber belajar, Media pembelajaran, Sarana praktek/praktikum, Sistem penilaian, Sistem pembelajaran. Sedangkan Teknologi tepat guna dalam mata pelajaran BK dapat diterapkan dalam hal : Sistem penanganan kasus, Sistem informasi, Sistem diagnosa kasus, Tes psikologi, dsb.
Contoh TTG yang berupa alat praktikum misalnya: Mikroskop dan teleskop sederhana, Alat uji/pelatih kelincahan dalam olah raga, Alat pengukur derajat keasaman (pH), Alat pengukur kekuatan magnit. Sedangkan contoh TTG yang berupa alat bantu mengajar adalah Papan tulis mekanis (lipat, gulung dsb), OHP dengan kotak sederhana, Proyektor slide. Alat berlatih bentuk permainan yang dapat dikategorikan sebagai TTG seperti Alat permainan untuk melatih kecerdasan, Alat permainan untuk melatih keterampilan.
Sekarang, apa syarat Teknologi tepat guna berupa perangkat keras yang sesuai kriteria?
Banyak guru mentok pangkatnya pada golongan IV/a karena salah satu syarat pada golongan ini yakni cukup sulit, yakni harus membuat Karya Tulis Ilmiah (KTI). Penyebabnya adalah ditolaknya Karya Tulis Ilmiah yang diajukan. Akar masalahnya adalah tidak semua guru memiliki kemampuan menulis KTI, beberapa memiliki KELEBIHAN LAIN, seperti membuat alat peraga, karya teknologi tepat guna dan karya seni.
Sesuai dengan KepMendikbud Nomor 25 tahun 1995 tentang Petunjuk Teknis Ketentuan Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, Karya teknologi tepat guna dapat memiliki nilai/angka kredit tersendiri. Karya teknologi tepat guna tersebut dapat digunakan sebagai alat action/intervensi pada Penelitian Tindakan Kelas atau Penelitian Eksperimen, dan laporan penelitian tersebut tetap memperoleh nilai/angka kredit tersendiri.
Apa itu Teknologi Tepat Guna (TTG)? TTG adalah teknologi yang diterapkan pada bidang tertentu (misal olahraga, rumah tangga, pendidikan dsb.) sehingga menghasilkan manfaat pada bidang tersebut. Teknologi yang tepat untuk mengatasi masalah yang dihadapi dengan menggunakan sumber daya yang sesuai atau tersedia di lingkungannya. Umumnya berupa peralatan yang relatif sederhana, mudah dibuat dan dioperasikan.
Menurut KepMendikbud diatas, teknologi tepat guna adalah teknologi yang menggunakan sumber daya yang ada untuk memecahkan masalah yang dihadapi/ada secara berdayaguna dan berhasilguna atau untuk pelaksanaan tugas sehari-hari menjadi lebih mudah, murah, dan sederhana.
Teknologi Tepat Guna yang dapat dinilai angka kreditnya terbagi atas perangkat keras dan perangkat lunak.
Perangkat keras :
- kincir air yang dimanfaatkan untuk menumbuk padi atau untuk menghasilkan listrik
- mesin perontok padi
- mesin penetas telur dengan kotak kayu
- pembuatan pupuk kompos dengan menggunakan drum
- rangkaian elektronik penghemat daya listrik
- program aplikasi komputer
- sumber belajar berbasis komputer
Kriteria :
- Berupa teknologi tepat guna dalam proses belajar mengajar atau bimbingan dan konseling.
- Teknologi tersebut bersifat lebih memudahkan pelaksanaan proses belajar mengajar atau bimbingan dan konsleing dengan hasil yang lebih baik atau lebih optimal.
- Uraian tertulis tentang cara pembuatan dan penggunaan yang dilengkapi dengan gambar dan lain-lain yang dianggap perlu.
- Angka kredit diberikan setiap penemuan teknologi tersebut (dengan nilai 5).
- Sarana praktek/praktikum, umumnya pengertian teknologi tepat guna hanya berupa hardware. Peluang untuk menerapkan teknologi tepat guna dalam bidang : peralatan praktikum keteknikan, kimia, fisika, biologi, matematika bahkan ilmu sosial.
- Sistem pembelajaran, dapat ditemukan hardware maupun software untuk memudahkan dan meningkatkan hasil pembelajaran, teknologi tepat guna untuk mendukung sistem belajar jarak jauh, sistem belajar yang membuat siswa menjadi lebih aktif dan sejenisnya.
Teknologi tepat guna pada faktor pendukung pembelajaran misalnya; Bahan ajar/sumber belajar, Media pembelajaran, Sarana praktek/praktikum, Sistem penilaian, Sistem pembelajaran. Sedangkan Teknologi tepat guna dalam mata pelajaran BK dapat diterapkan dalam hal : Sistem penanganan kasus, Sistem informasi, Sistem diagnosa kasus, Tes psikologi, dsb.
Contoh TTG yang berupa alat praktikum misalnya: Mikroskop dan teleskop sederhana, Alat uji/pelatih kelincahan dalam olah raga, Alat pengukur derajat keasaman (pH), Alat pengukur kekuatan magnit. Sedangkan contoh TTG yang berupa alat bantu mengajar adalah Papan tulis mekanis (lipat, gulung dsb), OHP dengan kotak sederhana, Proyektor slide. Alat berlatih bentuk permainan yang dapat dikategorikan sebagai TTG seperti Alat permainan untuk melatih kecerdasan, Alat permainan untuk melatih keterampilan.
Sekarang, apa syarat Teknologi tepat guna berupa perangkat keras yang sesuai kriteria?
- Merupakan penemuan baru, belum ada sebelumnya.
- Pernah ada tetapi memiliki tingkat modifikasi yang tinggi (70%)
- Pernah ada tetapi memiliki sistem yang berbeda, lebih baik, lebih efektif atau lebih efisien
- Memiliki konstruksi yang sistematis, memiliki rangkaian struktur tertentu (jadi tidak terlalu sederhana, misalnya : hanya terdiri dari satu batang atau satu bahan).
- Menggunakan bahan yang ada di sekitarnya, tetapi tidak mesti dari tumbuhan atau barang bekas. Jadi yang penting bahannya yang mudah ditemukan di sekitarnya.
- Dapat digunakan di kelas dalam proses pembelajaran
- Bersifat permanen (dapat digunakan secara berulang)
- Bila berupa alat, menunjukkan kerapian pembuatan (tidak asal jadi), rancangan harus asli temuan sendiri sedangkan pembuatan dapat dibantu orang lain (tetapi tidak boleh semuanya dibuat orang lain).
- Merupakan penemuan baru, belum ada sebelumnya.
- Pernah ada tetapi memiliki tingkat modifikasi yang tinggi (70%)
- Pernah ada tetapi memiliki sistem yang berbeda, lebih baik, lebih efektif atau lebih efisien
- Memiliki alur kerja yang sistematis, memiliki rangkaian struktur tertentu (jadi tidak terlalu sederhana, misalnya : hanya terdiri dari satu atau dua langkah).
- Menggunakan software yang ada di sekitarnya.
- Dapat digunakan di kelas dalam proses pembelajaran
- Bersifat permanen (dapat digunakan secara berulang)
- Rancangan dan pembuatan harus dibuat sendiri.
- Bahan ajar lengkap satu semester dengan menggunakan Flash Macro Media, Visual Basic atau program lain
- Sistem informasi pendidikan untuk sekolah yang berhubungan dengan proses pembelajaran, dengan menggunakan program/bahasa komputer tertentu (Java, PHP dll)
- Memiliki inovasi yang belum ada sebelumnya.
- Tidak dapat digunakan dalam proses pembelajaran
- Tidak bermanfaat dalam meningkatkan mutu pembelajaraN
- Bukan penemuan baru, karena sudah ada sebelumnya dengan tingkat modifikasi rendah, kurang dari 70%.
- Sudah ada sebelumnya dan memiliki sistem yang sama dengan yang sudah ada
- Temuan teknologi tepat guna yang berbentuk alat praktikum, bukan pada bidang mata pelajaran yang diajarkan.
- Sudah ada di buku pelajaran tanpa modifikasi 70% atau tanpa pembaruan sistem.
pertamaxx... :P mungkin hanya beberapa guru yang sudah menerapkan dalam mengajar :)
BalasHapusTeknologi Tepat Sasaran adalah ga pak? hehe...
BalasHapuskalo misal MENDIKNAS bisa dngar omongan kita..
BalasHapusaku usul nih,..
Ngeblog masukin ke Kurikulum Sekolah.. Bisa kira2 ya PakGuru..?? he..he..
@akangjuned:
BalasHapusTrims, anda komen pertamaxx..he..he.he..
Memang TTG jarang dibuat oleh guru di Indonesia, jadi mari kita coba mulai dari diri kita sendiri. Setuju?
@agus:
Teknologi Tepat Sasaran? ada nggak ya...mhhmmm
kalau yang lebih mahall..banyak..(becanda ky hit anti nyamuk he..he..he)
Yap, tepat guna kira-kira sama arti dengan tepat sasaran. Wah, kalau dari segi bahasa ini yang lebih berkompeten mengomentari sih, Pak Sawali Tuhusetya..monggo pak Sawali..
@ifoell:
Setuju....
Masukin aja ngeblog ke kurikulum, berarti lumayan sekolah bisa dapat akses internet dari Depdiknas gratis (mimpi kali ye?)
Tes 1..2...3.. testing koment
BalasHapuskarena banyak keluhan..untuk sementara komen pakai jendela pop up ini aja...nanti terus diperbaiki para teknisi saya demi kenyamanan tetamu sekalian
maaf mau nyoba komentar, pak syam, sambil jalan-jalan. mudah2an dengan kolom komen yang ini bisa lebih gampang dan lancar, pak.
BalasHapusternyata benar,pak syam, kolom komen model pop up agaknya masih ada beberapa masalah. pakai yang ini lebih ok!
BalasHapusdq ingat niy sm pelajaran ketrampilan waktu di SD..di suruh bu guru bikin prakarya...
BalasHapusSekaran jaman sudah berubah, semua serba instan, berfikirpun secara instan, shg sdh sulit mencari guru2 yg kreatif..
kalu untuk sekolah dasar kira2 apa ya pak?
BalasHapusKonya
BalasHapusKayseri
Malatya
Elazığ
Tokat
JFL2G
tekirdağ
BalasHapustokat
elazığ
adıyaman
çankırı
32K4F
görüntülü show
BalasHapusücretlishow
O16O
3222F
BalasHapusmuş en iyi görüntülü sohbet uygulamaları
niğde canlı sohbet odaları
yozgat en iyi sesli sohbet uygulamaları
manisa telefonda rastgele sohbet
canli sohbet chat
edirne canlı sohbet odası
kırşehir tamamen ücretsiz sohbet siteleri
osmaniye canlı sohbet ücretsiz
bingöl canli sohbet bedava
4ECAD
BalasHapusParasız Görüntülü Sohbet
Kwai Beğeni Satın Al
Coin Kazanma
Linkedin Beğeni Satın Al
Binance Borsası Güvenilir mi
Kwai Beğeni Hilesi
Binance Kimin
Bitcoin Nasıl Alınır
Snapchat Takipçi Satın Al
77F96
BalasHapusCasper Coin Hangi Borsada
Binance Referans Kodu
Youtube Beğeni Hilesi
Dxy Coin Hangi Borsada
Tiktok İzlenme Hilesi
Coin Nasıl Oynanır
Binance Referans Kodu
Shibanomi Coin Hangi Borsada
Apenft Coin Hangi Borsada
شركة تنظيف فلل بالدمام M5PCRaqG7z
BalasHapus