28 Oktober 2008

Kandangan, sebuah kota kecil yang sejak jaman kolonial dulu punya julukan "Paris van Borneo". Ibukota kabupaten HSS ini merupakan daerah sejuk terletak di kaki pegunungan Meratus. Oleh karena keteduhan dan kesejukannya itulah maka kota ini disejajarkan dengan kota Bandung yang juga dijuluki "Paris van Java".

Kandangan juga kini terus berbenah dari segi teknologi agar tidak ketinggalan dengan "kota kembarannya" tersebut. Saat ini jaringan internet sudah masuk ke kota Kandangan lewat akses Speedy. Warnet-warnet mulai berdiri dan menjamur di pinggir jalan protokol. Selain itu kota ini telah menjadi WAN kota dengan telah beroperasinya ISP kecil "Matrix Wireless" sejak setahun yang lalu. Disamping itu, dalam waktu dekat Pemkab HSS juga akan menyebarluaskan koneksi internet VSAT yang dimilikinya melalui jaringan wireless.

Berbagai website dan blog lokal sudah bermunculan di kota Dodol ini. Dari website Pemkab HSS, Dinas Pariwisata, Dinas Pendidikan, Sekolah hingga blog-blog pribadi. Disamping itu para siswa dan guru juga telah mulai aktif ngeblog. Tidak ketinggalan karyawan dan pegawai di instansi lain. Tapi aktivitas pembuatan website dan ngeblog ini masih menjadi hal yang cukup sulit karena status mereka masih pemula. Berikut ini beberapa website dan blog yang telah ada di HSS.

1. Website Pemerintah Kabupaten HSS
Bagi anda yang mencari informasi seputar kabupaten HSS, Lembaga Birokrasi dan layanan masyarakat di kabupaten Dodol ini silakan mengunjungi website di bawah ini.


2. Dinas Pendidikan Kab HSS (Bidang Dikmen)
Dinas Pendidikan kab HSS juga telah meluncurkan websitenya. Silakan mengunjungi website ini untuk memperoleh informasi seputar dunia pendidikan di HSS. Mulai masalah kurikulum, sertifikasi, lomba, kegiatan dan database honorer bisa diperoleh di sini.



3. Dinas Pariwisata Seni dan Budaya HSS
Ingin rekreasi ke Lokasado menikmati arung jeram khas yakni "bamboo rafting"? Mau melihat "Telaga Bidadari"? atau mengunjungi situs sejarah "Tugu Proklamasi Divisi ALRI"? Jangan sampai salah jalan. Kunjungi saja website Dinas Pariwisata Seni dan Budaya kab HSS di bawah ini. Walaupun website ini kurang diupdate tapi informasi pariwisata yang terkandung di dalamnya sudah cukup memberikan gambaran dan arah perjalanan untuk tamasya di HSS.


4. Badan Kepegewaian dan Diklat (BKD) HSS
Informasi kepegawaian dan diklat di kabupaten Hulu Sungai Selatan dapat diakses di website di bawah ini. Tapi sayang sudah 6 bulan lebih tidak ada lagi update informasi dan berita terbaru. Hal ini sangat diperlukan oleh pencari kerja dan pegawai di HSS untuk mendapatkan pengumuman, informasi dan berita dari badan yang resmi ini tanpa harus datang ke kantornya. Mudah-mudahan website ini segera diupdate adminnya.


5. SMAN 2 Kandangan on the Net
Sebagai salah satu sekolah kategori mandiri/SSN, SMAN 2 Kandangan terus berbenah diberbagai lini. Termasuk membangun hotspot di sekolah berbasis TI di HSS tersebut. Tidak ketinggalan peluncuran website resmi sekolah. Silakan kunjungi website ini untuk memperoleh informasi seperti PSB, kegiatan, siswa, guru-guru, dan data alumni.



6. SMAN 1 Angkinang Online
SMA yang baru 2 tahun berdiri di HSS ini sangat giat meningkatkan kemajuan sekolahnya. Walaupun terletak di kecamatan Angkinang yang tidak terjangkau akses internet tapi kemajuan TI tetap menjadi hal penting. Terbukti dari adanya website yang dimiliki sekolah ini walaupun belum genap sebulan lalu dibuat. Silakan berkunjung ke sini untuk melihat potret perkembangan pendidikan di luar kota Kandangan.



7. Dunia Pulsa Kalimantan
Walaupun terletak di pedalaman, tapi bisnis berbasis internet telah mulai menggeliat di HSS. Terbukti dari adanya usaha pulsa elektronik online yang all operator di HSS. Kunjungi dan daftarkan diri anda di sini jika ingin memulai bisnis berjualan pulsa all operator murah dan online 24 jam. Transaksi dapat dilihat langsung di web report untuk mengetahui penjualan dan keuntungan harian anda.

Selain itu masih ada beberapa website yang sedang dalam tahap development. Misalnya website SMPN 1 Kandangan yang merupakan sekolah berstandar internasional pertama di HSS, dan website SMAN 1 Daha Utara yang terletak di kawasan rawa HSS.

7. Blog
Tidak ketinggalan berbagai blog mulai bermunculan bak jamur dimusim hujan. Ada blog anak sekolahan seperti punya si pixel yang imut, ada blog yang digawangi oleh seorang guru seperti punya Pak Syam ini, dan blog yang dikelola oleh pegawai instansi kesehatan seperti punya Kandangan Cing ai ini yang mencoba merangkum berbagai berita dan isu hangat di HSS.
Sampai saat ini saya terus berusaha searching dan mengindeks website-website dan semua blog yang ada di HSS maupun yang ditulis oleh insan yang berasal dari HSS. Mudahan dalam waktu dekat bisa selesai dan diupdate di sini.

29 komentar:

  1. wah, salut banget dengan kandangan, pak syam, meski hanya sebuah kota kecil, tapi akses terhadap informasi dan komunikasi sudah demikian jauh melesat. semoga kehadiran web dan blog di kandangan, baik web instansi maupun blog pribadi bisa menjadi wahana komunikasi yang sehat dan mencerdaskan. salam kreatif!

    BalasHapus
  2. alhamdulillah, akhirnya bisa masuk komenku, hehehe, meski memakai ID blogger google, hiks.

    BalasHapus
  3. Langkah Pak Syam meng-index daftar web dan blog yang dikelola oleh orang HSS semoga menjadi motivasi bagi yang belum untuk terlibat aktif dalam penggunaan media internet sebagai sebuah media komunikasi dan informasi.

    Salah satu leluhur saya juga dari HSS Pak, di Taniran. Masuk kategori juga ga?
    :)

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah ulun selaku warga HSS bangga pian walau jauh di bajayau sdh mengenalkan HSS lewat blog ini...sukses terus buat pian....Maju terus HSS:D

    BalasHapus
  5. Badan Kepegawaian HSS ada g..?? Link aja ma blog aku di : http://bkppdpohuwato.blogspot.com

    BalasHapus
  6. @Sawali Tuhusetya:
    Salam kreatif kembali. Yap, mudah-mudahan geliat kemajuan teknologi komunikasi dan informasi di HSS semakin semarak sehingga dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Amien.
    Mengenai komen Pak Sawali: Syukur bisa masuk lagi walau pakai Google ID...soalnya komentar dari pak Sawali selalu kami rindukan..he..he..he

    @Pakacil:
    Mudahan proses indeks lekas selesai dan dapat mencakup semua website dan blog di HSS atau pun yang "made in HSS people" di perantauan.
    Kalau Pakacil ada punya "darah HSS" tentu saja akan ikut saya indeks..he..he..he..

    @Anonim:
    Ya, betul...walau jauh dari Bajayau tapi kemajuan TI HSS tetap harus kita perjuangkan. Terus semangat ya! ayo ikut ngeblog dong...

    @Ifoel:
    Kalau website BKD HSS ada sih, Mas Ifoel. Tapi udah tidur pules..udah 6 bulan nggak ada update. Jadi malu saya kalau link ke blognya Mas Ifoel...

    BalasHapus
  7. makin maju sekarang yah :)

    BalasHapus
  8. OK deh... bngunin dong adminnya.. he..he..he..
    oh iya.. Masukn dong aku di Update blog terbarunya Pak Guru..yg da di blog ini nih.. he..he..he.. (garuk2 kepala).. banyak maunya ya Pak Guru..he..he..he..
    SALAM BLOGGER

    BalasHapus
  9. wah, rajin juga pak, bisa mendata seperti itu. kalau saya..., duh susah cari waktu buat ndata seperti itu

    BalasHapus
  10. mendaftar jua saurang alamatnya

    http://shaleh.kasturibanjar.com

    yang di blogspot untuk sementara berhenti

    BalasHapus
  11. @akangjuned:
    Susah ngebangunin adminya Pak, kontak yang ada tidak bisa dihubungi. Apa perlu saya datangi ke kantornya ya? Tapi biasanya pembuatan website itu bersifat outsourcing dan sang admin adalah orang luar instansi ybs.

    @Zulmasri:
    Dibilang rajin ya, iya sih pak. Habisnya siapa lagi yang mau ngerjakan demi kemajuan TI kabupaten sendiri. he..he..he..

    @SHALEH:
    OK, dangsanak di kasturi banjar. Blog sampeyan akan saya indeks juga. Salam dari Kandangan ya, semoga terus berkarya dan sukses di BJM.

    @harie:
    Terima kasih, kang harie...Oh ya kapan komunitas kayuh baimbai bisa membantu kami blogger pemula untuk roadshow di Kandangan?
    Ditunggu kabarnya lah..lah...lah..

    BalasHapus
  12. Moga HSS makin maju Pak Syam.

    BalasHapus
  13. Wah semakin dekat pak lah Kabupaten Hulu Sungai Selatan sekarang, kada jauh lagi, tinggal klik aja.. Selamat Pak lah...

    BalasHapus
  14. Wahhh informasi yang sangat berguna mas
    terima kasih
    salam kenal

    BalasHapus
  15. memang sudah saatnya.
    berkat teknologi, informasi kini tak lagi terhalang jarak dan waktu, pak syam.
    selamat buat kandangan yang tak lagi terkandang. hehe.

    BalasHapus
  16. Selamat Malam dan Salam Kenal.

    Saya anton dari kandangan, Saya ada usul untuk para blogger di kandangan dan sekitarnya. Tolong kunjungi blog kammi di http://wasaka.co.cc

    Dihadangi pa lah. Terima kasih

    BalasHapus
  17. Sedikit meralat dari Komentar saudara anton...
    Untuk Blogger yg di maksd saudara anton adalah : http://blogger-pahuluan.co.cc/
    soalnya wasaka kada di pakai lg ;))

    Blog Kami ne tamasuk kategory yg pian maksd lh

    BalasHapus
  18. Pa udin kami semalam (minggu sudah kopdaran di kandangan.
    mehubungi pian kadada yg aktif nya no hape
    jd sementara blog pahuluan
    kita pke http://blogger-pahuluan.co.cc/
    utuk regestrsinya bisa lewat
    http://blogger-pahuluan.co.cc/wp-login.php?action=register
    kami tunggu pa udin ai ;))

    BalasHapus
  19. Mari bangun Kandangan melalui blog! Selamat Hari Jadi Kab. HSS ke-58, kunjungi blog saya di www.taufik79.wordpress.com

    BalasHapus
  20. Ass.

    Ya ... terima kasih infonya, bisa langsung ke alamatnya.

    BalasHapus
  21. Ass,

    Moga sukses dan jaya terus Kab. HSS

    Semoga kami warga HST bisa mengikuti dan berkembang lebih maju lagi juga...Amin

    Salam kenal,bapak !!

    BalasHapus
  22. Jangan lupa berkunjung ke blog kami juga ya,pak??

    http://anakbanua.blogspot.com

    Hehe...

    BalasHapus
  23. Assalamualaikum.
    Makasih banyak pa ai, krn pian sdh termasuk memajuakan Kandangan lewat dunia maya.Ulun jadi btambah ilmu lewat blog pian.
    Lanjutkan selanjut-lanjutnya...
    Salam Kenal dari pemula yg katuju m udak2 Internet di Tinggiran dalam.

    BalasHapus
  24. Salam Hormat dari ulun di Angkinang. Maju terus dunia blogger HSS ! Kapan malajari ulun maulah desain blog nang bungas kaya ampun pian. Rumah pian dimana ?

    BalasHapus
  25. wah aku salut pada anda yang lansung mempraktikan IT walaupun daerah kerjamu di pahujungan yang sangat jauh

    BalasHapus
  26. Assalammualaikum,WW.
    Ulun urang Banjar, umpat jua bahagia mengetahui kemajuan banua kita di bidang komunikasi online, khususnya Kab. HSS. Terima kasih kepada para penggiat IT di HSS, salam kenal buat Bapak Syam. Salam Sukses dan berkelimpahan

    BalasHapus
  27. Pa, saya mau bertanya..
    Di halaman web kami ada pesan:
    Deprecated: Function split() is deprecated in /home/sman1ang/public_html/functions/fungsi_counter.php on line 83

    Deprecated: Function split() is deprecated in /home/sman1ang/public_html/functions/fungsi_kalender.php on line 57

    Fatal error: Call to a member function mgmp() on a non-object in /home/sman1ang/public_html/admin/admin.php on line 516


    GIMANA CARA MENGATASINYA, PA!?
    Terima kasih atas perhatian dan bantuannya

    BalasHapus
  28. Salam kenal untuk Pak Syamsuddin saya admin Kandangan TV online www.kandangan-tv.com

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar anda.