24 April 2009

Sudah hampir 2 bulan ini saya tidak menulis. Serasa ada sesuatu yang hilang, ada hasrat yang tidak tersalurkan. Hasrat menulis amatiranku. hehehe. Ok sekarang lagi santai di Warnet Raja yang full Linux di Kandangan.

Sebagian blogfriend bertanya-tanya kemana gerangan. Jawabannya adalah aku tersesat diantara blog, facebook dan Ubuntu. Ngeblog merupakan hobi pertama saya di internet. Menulis dan menulis. Tapi menulis di blog saya rasa nggak bisa sembarangan dan mesti dikonsep dan dipikirkan dengan matang materinya. Yah, katakanlah agak lebih serius dibanding menulis di facebook.

Jujur, saat ini saya lebih rajing update status di facebook ketimbang menulis di blog. Kelebihan facebook ada dua (menurut saya).Pertama tulisannya nggak perlu berat dan serius, cukup satu dua kalimat yang mewartakan kegiatan saat itu. Kedua, facebook dapat menampilkan tulisan terbaru teman-teman yang terhubung dalam satu halaman. Jadi kita nggak perlu menjelajah kemana-mana seperti blogwalking.

Selain itu berbagai kesibukan yang sangat menyita waktu. Tapi untuk alasan ini kurang bisa dipertanggungjawabkan. Sibuk bukan alasan untuk tidak menulis di blog. Buktinya Pak EWA, yang kesibukannya fullday dengan beribu-ribu aktifitasnya masih sempat-sempatnya menulis. Salut untuk Pak EWA.

Selain facebook, ada lagi aktivitas yang sangat saya gemari, yakni mengoprek Linux. Distro Linux yang saat ini sedang saya pelajari adalah Ubuntu. Operating System yang free dan terbuka ini membuat saya bisa belajar lebih banyak tentang sistem operasi dan jaringan. Berbagi varian ubuntu telah saya jajal, mulai dari Ubuntu Desktop, Ubuntu Muslim Edition (ME), Edubuntu, Kubuntu, Linux Mint. Sungguh menarik bisa menginstall sistem operasi yang free dan bisa dikostumis sesuai selera dan kebutuhan.

Hebatnya lagi, kita bisa mengkompile kernel Linux sendiri agar sesuai dengan kebutuhan dan hardware yang kita miliki. Fantastis, semua itu gratis, dan hebaatnya lagi CD installer saya request dari markas Ubuntu di luar negeri, eehh ternyata dikirimkan gratis sampai dirumah saya.

Saat ini lagi gandrung dengan Ubuntu Server 8.10. Walaupun tampilannya berbasis teks bukannya GUI, tapi software yang terkandung didalamnya benar-benar komplit, tahan banting dan dapat memenuhi kebutuhan server disekolah, warnet atau lembaga pemerintahan.

Saya sedang belajar menginstall gateway di Ubuntu agar bisa mensharing satu koneksi Speedy di sekolah kami untuk dikoneksikan ke puluhan komputer di lam. Selain itu file server, printer sharing, DNS, database server, web server, mail server, proxy server telah sukses saya jalankan di server. wuihh serasa memakai server branded yang harganya puluhan juta.

Kedepannya, saya bercita-cita meracik ubuntu server untuk warnet. Inginya sih, memfungsikan Ubuntu server sebagai router, bandwith shaper, billing dan load balancer. Router untuk membagi koneksi, bandwidth shaper untuk membatasi koneksi perclient, billing untuk sistem keuangannya dan load balancing untuk menggabungkan 2 atau lebih koneksi Speedy dalam satu warnet.

Sudahkan anda memakai Linux?

23 komentar:

  1. wah, iya nih, pak syam jadi kangen sama bapak, dah lama banget ndak nongol, hehehe ... facebook memang mengandung zat adiktif, pak, sehingga banyak bloger yang berubah perdikatnya jadi facebooker, wakaka .... lalu blog yang berdomain sendiri terus diapakan, pak?

    BalasHapus
  2. sudah pakai linux....

    BalasHapus
  3. semangat banget pak...
    sukses buat palinukan...

    BalasHapus
  4. mehadang masak nya haja nah

    BalasHapus
  5. nanti bagi-bagi ilmu ya pak,
    kebetulan ulun masahiswa IT poliban

    BalasHapus
  6. Linux? Sudah berkali kali, dan lebih sering Linux-nya saya uninstall. Alasannya:

    1. Orang tua ribut waktu buka komputer karena harus dual booting yang membingungkan

    2. Windows diperlukan untuk menjalankan game orang rumah yaitu kodok beludah (ZUMA)

    3. Linux tidak, atau masih belum membuat saya tertarik untuk mempelajari lebih lanjut (alasan saja, padahal aslinya malas belajar, dan masih bermental Windows versi pak tani, he heh he)

    BalasHapus
  7. parak... bakulat ni blog bila kada diisi...

    BalasHapus
  8. Bah iya am .. untung kd bakulat bLog nya oM lah ...

    BalasHapus
  9. Wah..wah... PAk Guru punya FB..?
    tahukah Pak Guru bahwa FB adalah racikannya orang Yahudi.. yang punya orang yahudi, trus dananya sangat jelas buat biaya Perang...

    Saran..
    Nulis di blog aja deh....
    Di FB off kan saja, itu sama saja Pak Guru menyumbang sebutir Peluru untuk Yahudi,

    Kalaupun Blogger milik orang yahudi, pasti Aku berhenti tuk ngeblog.. tapi referensi blum aku dapatkan... tentang FB sudah aku dapatkan dan Sangat jelas....

    BalasHapus
  10. Dah lama mengenal ubuntu tapi sampai sekarang masih belum ada waktu mempelajarinya lebih dalam ntr bagi2 ilmunya ya bang hehe

    BalasHapus
  11. Yap ... aku ngak rela deh Sampeyan (agak) mengabaikan blog gara-gara FB ... aku rugi ... kehilangan bacaan ... Mari kembali ke jalan yang benar he he ...

    BalasHapus
  12. Sama pak, sepertinya kita sehati terkecuali untuk linuk. saya tetap nga bisa.

    @ 49:
    2. Windows diperlukan untuk menjalankan game orang rumah yaitu kodok beludah (ZUMA)

    Ternyata farid Zumakiyyah

    BalasHapus
  13. Wah memang pak... magnet facebook sangat kuat...
    Tapi kita tdk boleh terlena....
    Sama untuk ubuntu saat ini suami saya ya sedang tergila-gila, sehingga dia tidak terpikat sama facebook

    BalasHapus
  14. Lama benar sudah sampian kada menulis di blog, aku aja lws banar kd baca tulisan pian, aku juga sekarang lawas kada tulis di blog ada banyak kesebukan keuangan sekolah. tapi ni masih jalan2 aja di internet.mencari info lain ja. selamat ada kwn gasan meulah server basis linux, bisa aja kita seing ilmu, kami server pakai suse11 lumyan handal pang karena iya khusus gasan server lwn basic ya novel yg sngat stabil jd server.

    BalasHapus
  15. udah lawas kd ngeblog
    np kd bLaptop lg
    dRumah kd b kompie jua

    ngeblank rasanya kl nulis pas dwarnet :"(

    BalasHapus
  16. Ya ya ya ... selamat kembali ke jalan yang lurus he he ... niatkan menulis jadi ladang amal. Amin

    BalasHapus
  17. Halo....
    Makin sering berkunjung ke sini nih..
    Informasinya keren punya..
    Trims ya infonya..

    Tukeran link dong...

    Torayasalatiga.blogspot.com

    BalasHapus
  18. wah gratis ?

    saya bayar 3000 sama pak pos.... sebenarnya sich 5000

    yg 2000 untuk pak pos sekalian :p

    BalasHapus
  19. Wah saya salut, banyak sekali kegiaatan anda mas. Saya nggak pakai linux, karena cuma windows aja dari dulu.

    Facebook pun saya nggak tahu. Cuman ngepost di wordpress saja.

    Lam kenal!

    BalasHapus
  20. Ass.
    Sekarang dah ubuntu 9.10 pak sebentar lagi bulan april akan dirilis ubuntu 10.4 LTS, tentunya juga disertai dgn ubuntu servernya.
    Salam linuxer
    wass.
    www.kalinux.org
    Komunitas Linux dan seni warga kandangan

    BalasHapus
  21. sudah jadi blm ya linuk racikanya, pengen donk buat warnet nih, gratis gak?

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar anda.