08 Maret 2009

Sudah hampir satu bulan blog FBWIT nggak diupdate. Banyak teman yang berkunjung rada kecewa karena postingannya tetap yang itu-itu juga. Bahkan ada yang komplain kenapa sekarang saya jarang main dan komen di blog rekan-rekan lainnya. Waduh, sekarang saya lagi terkena syndrome workholyc alias waktu full habis karena pas banyak kerjaan.

1. Mengajar
Mengajar dalam bayangan anda mungkin mudah. Pagi pergi ke sekolah, mengajar trus siang pulang. Tapi kenyataanya tidak begitu. Mengajar perlu persiapan. Membuat Rencana Pembelajaran, membuat soal evaluasi, menganalisis hasil tes, merekap absen, rekab nilai dan sebagainya. Hal ini kadang memakan waktu diluar jam tugas. Kadang mempersiapkan bahan mengajar saya lakukan sampai tengah malam.
Lokasi mengajar juga menjadi penyebab utama waktu habis tersita. Bayangkan kalau pulang pergi ke tempat kerja 100 km an jauhnya. Biasanya sih kami menginap di rumah dinas sekolah. Tapi kadang pulang pergi Bajayau Kandangan yang perlu waktu 2 jam perjalanan. Jadi kalau pas pulang kerja saya sampai di rumah pukul 16.00 sore.

2. Konsultan PAS
Saat ini saya menjadi konsultan PAS (Paket Aplikasi Sekolah) di kabupaten HSS. PAS adalah sebuah software sistem informasi sekolah yang dikembangkan oleh Depdiknas. Seluruh kegiatan sekolah dari penerimaan siswa baru sampai mencetak raport bisa dilakukan melalui PAS. Jadi data nilai, absensi, keuangan, kelakuan, kepegawaian, dan sebagainya dapat disimpan dan dikelola dengan PAS. Hebatnya lagi PAS versi terbaru memuat modul SMS sehingga seluruh data tersebut dapat diakses via sms. Mirip berbagai iklan di TV "ketik REG spasi bla..bla..bla). Bedanya dalam PAS, sms dikirimkan orang tua untuk mengakses data seperti nilai dan absensi anak.

Sekolah yang telah dan sedang mengimplementasikan software administrasi dan manajemen sekolah ini cukup banyak di HSS. Misalnya SMPN 1 Kandangan, SMAN 1 Daha Utara, SMAN 3 Kandangan, SMAN 1 Angkinang, SMPN 1 Simpur.
Saya diminta untuk melatih tenaga administrasi (TU) dan guru di sekolah-sekolah tersebut untuk mengoperasikan PAS ini. Selain itu sering diminta membantu mengatasi permasalahan teknis pada saat tertentu.

3. Instruktur TIK
Beberapa sekolah mengundang saya pada kegiatan IHT (In House Training) disekolahnya sebagai instruktor TIK bagi guru dan tenaga administrasi. Bermacam materi seperti system operasi, Word, Excel, PowerPoint, Photoshop, Internet, Blog diberikan. Seperti baru-baru ini saya memberikan materi TIK selama 5 hari full di SMPN 1 Kandangan untuk melatih Kepsek, Guru dan Tenaga Teknis di kelas RSBI (Rintisan Sekolah Berstandar Internasional).

4. Tutor UT
Selain itu saya juga diminta menjadi tutor (dosen) di PGSD UT Pokjar Banjarmasin wilayah Kandangan. Tutorial ini dilakukan pada hari minggu full time. Jadi pada saat PNS lain libur, hari minggu saya mengajar di UT. Mata kuliah yang diampu adalah Komputer dan Media Pembelajaran (IDIK 4403).
Sebenarnya senang juga karena ini pengalaman pertama jadi dosen. Tapi masalahnya adalah yang harus saya ajar para guru senior, kepala sekolah di HSS. Banyak dari mereka adalah senior guru dilingkungan saya bekerja. Masa kerja mereka udah puluhan tahun dan kenyang makan asam garam pendidikan. Waduh, suatu tantangan yang berat tentunya.

Itulah alasan utama saya jarang ngeblog dan jarang blogwalking. Bayangkan waktu 24 jam hampir terkuras untuk bekerja. Tinggal sedikit waktu untuk anak dan isteri dirumah serta untuk istirahat. Tapi saat ini saya coba kembali menulis di blog memanfaatkan waktu yang tersisa.

29 komentar:

  1. 4 pekerjaan dikalikan gaji Rp. 2,5jta/bulan = Rp. 10 juta wuihhhhhh

    BalasHapus
  2. padat ya jadualnya.
    selama sesuai dengan hobi rasanya tidak mengapa.
    kalau saya kadang 1 bulan padat, 2 bulan santai.
    memang, tiap orang berbeda-beda

    BalasHapus
  3. benar benar superteacher

    BalasHapus
  4. Wes, abang sekarang jadi manusia super. Gimana kabarnya?

    BalasHapus
  5. Wah jadwal yg padat nich...jangan lupa tuch sisain jadwal tuk yang tersayang ya...????
    salam hangat dari ayah...

    BalasHapus
  6. Sibuk banar lah situ, tp aku slut lwn kawn ku ni, tetap eksis di dunia maya

    BalasHapus
  7. @soulharmony:
    Yup...4x2,5=10 jt...
    hitungannya sih betul, tapi kenyatannya nggak segitu..he..he..he..kurang lebih lah...banyak kurangnya daripada lebihnya.

    @pakacil:
    enak dong pakacil..2 bulan santai..wah bisa sambil program menggemukan badan tuh...dengan catatan pekerjaan jadwalnya ditentukan kita, bukan kita yang didikte pekerjaan.

    @lembahbalien:
    Superteacher..wahahahah...mudah-mudahan bisa

    @syafwan:
    jangan manusia super dong, itu kan udah trademarknya fadil...

    @ayah:
    Betul sekali, Yah! keluarga harus tetap utama dan itu tergantung bisa tidaknya kita mengatur jadwal.

    @Makmur Fadli:
    Biar apapun yang terjadi kt harus tetap eksis kan...

    BalasHapus
  8. selamat buat pak guru...
    disaat banyak orang berlomba2 jadi caleg, karena gaji gede, dan fasilitas wahhh, juga peluang korupsi yang luas...(he...he...he kali...)pak guru masih konskuen menjadi pendidik sejati,..itu baru mencerdaskan bangsa...
    pokoknya salut buat p. guru...

    BalasHapus
  9. @mas iswandi:
    trims atas supportnya...dukungan anda akan jadi penyemangat saya untuk terus berkarya di dunia pendidikan..

    BalasHapus
  10. awas lho bro, anak n istri kudu diperhatiin juga
    ntar klo lama gak jumpa ayahnya, jangan2 bisa lupa tuh anak sama ayahnya...he,,..he
    *kabur mode on

    BalasHapus
  11. Ooohhhhh .... ternyata???!!! Sukses selalu, dan jaga kesehatan. Keluarga tentu memahami hal tersebut, karena tempatnya kan nggak jauh dari rumah, masih di seputar Kandangan.

    BalasHapus
  12. Bagi2 pa lah klo ada proyek lg :D
    Barang ja mahaluti orang jua

    BalasHapus
  13. memang ada yang harus jadi prioritas dalam hidup dan pekerjaan, pak syams. jadi kalau njenengan mengesampingkan kegiatan blogging untuk sementara waktu karena kesibukan yang lebih penting di dunia nyata, itu sangat bisa dimaklumi. yang jelas saya salut dengan kegiatan pak syams yang seabrek dan education oriented. sukses selalu, pak syams.

    BalasHapus
  14. wah, sungguh banyak kesibukan offline yang mesti dilakukan pak syam. salut! utk ektivitas blogging bisa dilakukan kapan saja, pak. justru yang utama kegiatan offline-nya. kalau kesibukannya dah berkurang, pak syam bisa mulai lagi, kok. enjoy aja gitu, hehe ....

    BalasHapus
  15. diluar itu masih banyak lagi pekerjaan yang lain klo? tambah berat nih bebannya.

    BalasHapus
  16. begitulah jika jadi seorang guru...
    segala perjuangan untuk kepentingan orang banyak sering di dahulukan dari kepentingan pribadi.. semoga hari - hari Pak Guru menyenangkan ya, walau terlalu banyak beban kerja yang menumpuk.. Sukses for future...

    BalasHapus
  17. Bersykurlah dengan padatnya kegiatan, itu pertanda manusia bermanfaat, tapi ... jangan lupa menulis he he. Atur ritme dan kiatnya, mudah aja kok. Salam.

    BalasHapus
  18. Wah, banyak banget nih kerjaannya.
    Minta satu dong, Hehehe...

    BalasHapus
  19. @Nyante Aza Lae:
    Keluarga tetap nomor 1. Mudahan kita semua dapat mengatur dan membagi waktu yang seimbang antara pekerjaan dan keluarga.

    @HE. Benyamine:
    Betul Pak..masih seputaran Kandangan jadi nggak terlalu capek..trims atas support dan doanya..

    @Wahyu:
    Benaran nih..ada sih nanti kita bicarakan offline saja..

    @Marshmallow:
    Trims, Bu Dokter..atas support dan sarannya..

    @sawali tuhusetya:
    betul Pak, disini letak nikmatnya hidup. Mengatur waktu santai diantara kesibukan merupakan seni tersendiri.

    @baburinix!:
    Diluar itu sih nggak banyak kerjaan lagi..tersisa waktu untuk ibadah dan keluarga..sampeyan pang kayapa hbar?

    @Ifoel:
    Betul sekali pak, hari yang melelahkan tapi menyenangkan karena hidup jadi berarti..trims atas supportnya..moga hari-hari mas Ifoell juga lebih menyenangkan..

    @Ersis Warmansyah Abbas:
    AMin..mudahan kt semua dapat bermanfaat bagi orang sekitar. Yah, saya belajar dan mendapatkan filosofi hidup sebagian dari Pak EWA lwt EWT-nya..

    @Edi psw:
    boleh..

    BalasHapus
  20. pak software PAS nya coba bandingkan dengan Open Administration School (free software)

    kenapa ga ngajar open office, gimp aja biar linux banget

    anda kan guru matematika coba dong explorer software Kmplot yang ada ubuntu

    BalasHapus
  21. cuma 1 kata : SALUT

    www.on-klinik.co.cc

    BalasHapus
  22. wah super sibuk deh...
    klu Tutor di UT, gmn rasanya tuh ngadepin Senior2.?

    BalasHapus
  23. Waduh byk bnget kegiatannya..ada kira2 waktu buat ngajarin kita nich,kita mo belajar tentang apa aja ama Pak GURU..salut dech buat Pak Guru,,kalau bisa minta alamatnya di kandangan?

    BalasHapus
  24. Alamat: Sungai Raya Utara (Sebrang SDN Sungai Raya Tengah) ... silakan mampir dan berkunjung...

    BalasHapus
  25. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Salut, luar biasa ada guru di Bajayau (pedalaman Negara) aktif ngeblog. Salam dari urang Negara di Banjarmasin

    BalasHapus
  26. wowww kebetulan donk, aku juga mengajar komputer dan media pembelajaran di PGSD UT, yang mahasiswanya para senior bahkan sampai guru saya waktu SD kini menjadi mahasiswa saya.... saya baru belajar tampil di depan umum apalagi saya bukan lulusan kependidikan, bagi-bagi donk! tip n trik untuk mengajar orang yang lebih senior...

    BalasHapus
  27. UMA URANG SIBUK SAKALINYA BELIAU NITI HEHEHEH....

    VISITAKAN JUA LAH ALLIFS.BLOGSPOT.COM

    BalasHapus
  28. Salut & bangga dgn sampian ne...! Uln nang 2 gawian ne haja kalimpungan mambaginya. Nang kaya pian ni lah anak bangsa nang bakal memimpin bangsa. Amien....

    BalasHapus
  29. bapa guru ini ternyata super sibuk ya dari tahun ke tahunya.. jangan lupa psting trus blog yg satu ini!!

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar anda.