04 Januari 2009

Hari Jumat tanggal 18 Desember 2008 saya di undang ke SMAN 1 Simpur sebagai nara sumber salah satu kegiatan In House Training (IHT). Tugas saya melatih staf TU dan Guru TIK untuk menjalankan PAS SMA.

Gambar 1: Menjalankan PAS SMA

Paket Aplikasi Sekolah (PAS) merupakan sebuah software aplikasi untuk adminstrasi sekolah. Software ini dikirimkan ke sekolah-sekolah oleh Direktorat Pembinaan SMA Depdiknas. Berbagai kegiatan administrasi sekolah dapat diaplikasikan dalam PAS SMA. Mulai dari Penerimaan Siswa Baru(PSB), administrasi pegawai, administrasi siswa, akademik, keuangan, hingga raport dapat dikelolah dengan PAS SMA. Salah satu fitur canggih di PAS SMA versi terakhir adalah adanya dukungan SMS server. Fasilitas SMS server ini memungkinkan orang tua siswa mengakses nilai, absensi, dan keuangan anaknya di sekolah lewat SMS.

Gambar 2: Staf TU dan Guru SMAN 1 Simpur Belajar PAS SMA

Saya tiba di tempat pukul 08:00 Wita dan diterima oleh Kepala SMAN 1 Simpur, Drs. M. Said. Beliau berbincang dan memaparkan visi beliau tentang pemanfaatan PAS SMA untuk mempermudah adminstrasi di sekolah ini. Sekolah beliau saat ini sedang dalam proses menjadi salah satu sekolah berstandar nasional. Oleh karena itu pemanfaatan PAS dalam proses administrasi menjadi hal penting guna peningkatan mutu pendidikan.

Gambar 3: Suasana IHT PAS SMAN 1 Simpur

Kegiatan pelatihan ini dimulai pukul 08:30 Wita. Materi pertama adalah latihan menginstall sofware PAS SMA. Beberapa staf TU dan Guru TIK bergantian belajar menginstall software ini disertai penjelasan setting awal program. Mereka saya berikan CD PAS SMA agar di lain hari bisa menginstall sendiri.

Setelah proses instalasi selesai, kegiatan dilanjutkan dengan materi entri data. Data referensi nasional sebagai data awal sudah ada dalam PAS jadi tidak perlu dientri. Sekolah hanya perlu mengentri data referensi sekolah dan data periodik. Data periodik meliputi data tahunan dan data periodik persemester. Jika proses entri data ini diikuti sesuai urutan dan berdasarkan tata laksana sekolah maka kegiatan akan sukses. Pertama entri data memang berat karena banyaknya data awal dan data periodik yang harus dimasukan. Tapi setelah itu sekolah akan sangat terbantu proses administrasinya menjadi cepat, efektif dan efisien.

Semoga makin banyak sekolah yang sadar pentingnya pemanfaatan teknologi informasi dalam proses adminstrasi sekolah. Khususnya memanfaatkan PAS untuk administrasi sekolah masing-masing.

7 komentar:

  1. Nah, ini dia bang. Akhirnya kemajuan tekhnologi bisa menjangkau dunia pendidikan. Memudahkan pengembangan dan mengefesiensikan waktu. Sukses buat pelatihannya. Salam hangat dari Guru Muda.

    BalasHapus
  2. TI memang bisa memudahkan (dan seharusnya memang demikian), tapi juga tak luput dari resiko. dengan anak-anak sekarang yang melek TI, pelecehan nilai secara OL bukan tak mungkin terjadi.

    tapi toh tantangan akan membuat kita semakin teliti, bukan jadi mematahkan semangat kan, pak syams?

    BalasHapus
  3. Pak Guru Ideris benar-benar guru yang update ilmu dan keahliannya. Tidak cupu dan membatasi diri dalam bidang akademis semata.

    Memang sudah semestinya pendidikan di Indonesia bisa memaksimalkan teknologi dalam mendukung proses administrasi maupun proses belajar.

    Mudah-mudahan pelatihan ini benar-benar bisa digunakan jangka panjang, begitu pula fasilitasnya. Tidak macet di tengah jalan karena alasan mutasi SDM atau alat rusak.

    BalasHapus
  4. langkah brilian di bidang pendidikan..
    Semoga dunia pendidikan kita semakin maju guna menghantarkan generasi muda untuk menatap masa depan yang lebih baik...semoga

    BalasHapus
  5. bagus banar pa ai, mun kawa bagi bagi softwarenya ka guru guru lain supaya nyaman dan tadahulu tahu pada murid,

    dan ikut doa mereka aja amien..

    BalasHapus
  6. kita adakan jua kah pak pelatihan di simpur???
    tapi sampai kada yuk internet di amu 1 simpur??

    BalasHapus
  7. pak...saya sudah instal pas veri 52...tapi minta paswword dan user...mohon pak paswor dan usernya jabarismail@ymail.com

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar anda.