10 Desember 2008

Tak kenal maka tak sayang. Begitulah peribahasa mengatakan. Demikian pula di dunia programming. Belum tahu tekniknya tentu anda berpikir bahwa membuat software itu sulit. Padalah programming merupakan pekerjaan menyenangkan. Baiklah saya akan menunjukkan pada anda.

1. Kenali Window
Jangan samakan window dengan Windows. Windows merupakan merk dagang Microsoft Corp untuk sistem operasi mereka. Sedangkan window merupakan "jendela" atau tampilan dasar software yang tampak di layar monitor.

Saat pertama kali menjalankan Delphi, maka akan tampil sebuah window kosong yang siap kita program. Delphi menyebut window ini sebagai "form". Jika nanti banyak membuat form, maka Delphi secara otomatis akan menamakan form-form tersebut sebagai form1, form2, form3, dst.

Gambar 1: Form kosong pada Delphi

Lihatlah gambar 1 yang menampilkan sebuah form "polos" karena belum kita tambahi komponen dan belum kita program. Form ini memiliki banyak property yang bisa kita ubah-ubah nilainya. Property ibarat unsur-unsur pada mobil. Misal pada mobil ada property ban, lampu, warna, pernelling, jenis mobil, dan sebagainya.

Misalkan kita ingin membuat mobil impian. Mobil saja masih umum. Kita harus memberikan nilai property seperti jenis mobil: sedan, warna : merah, ban: radial sport, persnelling: otomatis, lampu: sporty. Jadi object mobil yang masih bersifat umum lalu kita beri property sehingga menjadi khusus untuk mobil kita.

Demikian pula form memiliki berbagai property yang dapat kita ubah, seperti name, color, caption, width, height, dan lain-lain.

Untuk mengubah property form, kita dapat menggunakan Object Inspector. Pertama klik object yang ingin di ubah, dalam hal ini form1. Setelah form1 kita klik di sembarang tempat maka nilai pada object inspector akan mewakili property-property dari form1 tersebut.

Gambar 2: Object Inspector

Misalkan kita ingin mengubah judul pada bagian kiri atas form1 maka kita klik property Caption. Silakan ketik judul untuk window yang akan kita buat misalnya: "Sistem Informasi Sekolah Versi 1". Setelah itu langsung saja judul pada form1 akan berubah.

Gambar 3: Form yang sudah diubah captionnya

Property yang sering diubah dalam sebuah form adalah:
caption = judul
color = warna
icon = icon window
name = nama yang mewakili form tersebut
font = jenis, ukuran dan warna huruf
width, height = ukuran window
..dsb

2. Komponen Window

Apakah kita akan membuat sebuah form kosong saja? Tentu tidak bukan. Kita ingin menempatkan berbagai komponen di form tersebut agar pemakai program dapat berinteraksi. Bahasa kerennya adalah "Graphical User Interface" atau GUI. Mungkin bagi yang pernah belajar pemrograman Pascal under DOS tentunya software yang dihasilkan hanya berbasis teks saja. Tapi itu udah kuno, sekarang jamannya GUI.

Misalkan kita ingin minta konfirmasi dari pemakai program apakah setuju (OK) atau membatalkan (Cancel) sebuah action. Jadi kita harus membuat dua tombol (Delphi menyebutnya Button), yakni Tombol OK dan Tombol Cancel. Caranya mudah, tinggal klik tombol yang diinginkan di ToolBar di bawah ini.

Gambar 4: Component Toolbar

Selanjutnya click n drag di tempat yang kita inginkan. Misalnya seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Gambar 5: Penempatan button pada form

(bersambung)

6 komentar:

  1. knapa ngga di buatkan E-Booknya saja ya..?? Kan lebih menarik... n ngga bikin penasaran tuk di baca... ternyata benar2 master nih...
    salut deh..

    BalasHapus
  2. duh biyuuungg... *ngetok-ngetok kepala yang nyaring bunyinya*

    biar dibilang gampang, tapi kalau tak digarap serius, tetap bikin pusing. mengoprek-oprek komputer memang mengasyikkan, tapi musti disediakan waktu khusus dan harus fokus. salah-salah terformat deh semuanya. berabe!

    ah, makin salut aja deh sama pak guru. (ngemeng-ngemeng, avatar barunya keren loh, pak syams)

    BalasHapus
  3. Bagus banget, semakin banyak toturial yang bisa dibuat.
    Ilmunya pak Syam kan sudah melebihi kawan-kawan di klikkanan.com, jadi kalo dibikin tulisan (baik di blog ataupun nanti dijadikan ebook), akan menambah khasanah pemrograman delphi (bhs pascal) di banua kita khususnya, di indonesia pada umumnya.
    Eh, pak Syam, adakah masih bekas-bekas pian melatih TOKI di kandangan, kebetulan ulun lagi melatih anak TOKI yang tahun tadi sampai makasar dan tahun ini rencananya mau ikut lagi, kalo ai ada, nyaman kada tapi bakicing bangat malatihnya. Terima kasih banyak.

    BalasHapus
  4. setuju sama ifoell, bikin ebooknya syam. Tapi versi berseri ini oke juga loh..

    BalasHapus
  5. baghi pak syam mungkin enjoy dan menyenangkan, hehehe ... tapi bagi saya yang gaptek soal IT, memahami bahasa pemrograman lewat delphi sama saja mencari jarum di dalam tumpukan jerami. njlimet dan harus cermat, hehehe ... wah, ternyata masih ada sambungannya. mudah2an saya bisa sedikit memahami pernik2 bahasa pemrograman setelah mengikuti semua seri tulisan pak syam ini. makasih share-nya, pak.

    BalasHapus
  6. bs bantuin Q nggk__,niE Q da tugas kuL bikin MobiL d delpi((klw mw bantuin kirim data.a ke email Q ya((awi_sarkawi))d tunggu

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar anda.