22 September 2008

Pada suatu hari kami ingin mengadakan penelitian tentang pendidikan daerah terpencil di kaki pegunungan Meratus. Seorang teman yang mengajar di HST merekomendasikan sebuah desa yang terletak di barisan pegunungan Meratus. Nama desa itu adalah Haruyan Dayak. Wow mendengar nama ini tentu saja kita membayangkan sebuah pemukiman suku Dayak lengkap dengan segala kebudayaan uniknya. Tapi jangan salah, tempat ini tidak ada hubungannya dengan kecamatan Haruyan tapi merupakan desa yang di tengah hutan perawan sekitar 20 km di sebelah barat laut kota Barabai.

Sebagai anggota tim bagian navigasi saya ditugaskan menyusun rencana route yang akan dilalui lengkap dengan perkiraan waktu tempuh dan jenis kendaraan yang akan dipakai. Maklum menurut teman guru yang pernah ngajar di sana, ada sebagian jalan yang tidak bisa ditempuh menggunakan alat transportasi seperti mobil atau sepeda motor. Kita harus berjalan kaki sekitar 10 km dengan mendaki beberapa gunung dan menyebrangi puluhan sungai. Wahh...kebayang nggak sih bagaimana saya harus menyurvei lokasi tersebut.

Saya coba menggunakan kecanggihan TI dengan melihat lewat teknologi satelit, yakni GoogleEarth. Sayang sekali untuk kawasan HST citra image yang tersedia hanya sampai ketinggian 5-10 km sehingga jalan dan sungai serta pemukiman penduduk tidak bisa terlihat.

Tapi untunglah saya masih memiliki peta Kalsel yang sangat detil sehingga ribuan desa dan kampung di Hulu Sungai dapat dicari dan diukur jaraknya. Peta ini pemberian dari seorang Dosen FKIP Unlam, yakni alm. Havid Dabana, M.Si yang memang hobby dan pekerjaannya banyak berurusan dengan pemetaan kawasan di Kalsel. Kata beliau dahulu, peta ini hanya dimiliki 3 orang saja, yakni Beliau, Guru besar Fisika teman beliau dan saya sendiri.
Saking lengkapnya peta ini bahkan nama desa tempat kelahiran saya, yakni Benua Kepayang di HST saja terlihat. Tak heran ukuran file peta ini cukup besar yakni 208 MB. Format filenya adalah ECW dan untuk membukanya saya menggunakan software ArcView dari ESRI.

Akhirnya saya dapat menyelesaikan pekerjaan perencanaan route dengan membagi dua jalur perjalanan. Dari kota Barabai sampai ke Pagat, terus ke Haliau, Wake, Hantakan, Bulayak, Batu Hayam menggunakan mobil dengan jarak tempuh 12 Km. Perjalanan diteruskan dengan jalan kaki sejauh 8 kilometer. Kami harus menyeberang sungai sebanyak 12 kali dan mendaki jalan yang turun naik dan lebih banyak mendaki.

Sungguh saya terbantu membuat perencanaan perjalanan dengan adanya peta Kalsel tersebut. Jadi jika teman-teman yang berminat saya siap sharing.

Silakan download di http://www.mediafire.com/file/ydttf1lzcbzv5ta/rbi_kalsel.rar untuk file peta dgn ekstensi ecw. Sedangkan untuk membukanya bisa menggunakan software arcview dgn tambahan plugin untuk ecw.

(Mohon maaf bagi teman-teman soalnya baru tanggal 2 Okt 2010 bisa upload file peta tersebut. Dan bagi teman-teman yang kemarin minta kirim CD filenya dan tidak sempat saya kirim mudahan bisa mendownloadnya di sini.)

20 komentar:

  1. Wuah asik tuh pa back to nature..tp bapa pasti ga sempat singgah di'air terjun 7 tingkat..masih alami lo pa....
    Ngomong" saya sangat tertarik dengan peta yg bapak miliki...gimana ya cara saya mendapatkannya..?
    Salam kenal pa..saya urang banua jw..cakakkk...apam produck...ngerti'ae lo pa...he
    mun kd haur, beilang jw pa'ae keblog amburadul ulun http://budimeeong.wordpress.com

    BalasHapus
  2. Yap..nanti rencananya mau ngadain penelitian lagi sekalian hiking gunung Halau-Halau. Pesertanya sesama guru, Budimeong mau ikut?

    BalasHapus
  3. subhanallah....jauh nian pak. tapi pasti pekerjaan bapak sangat menyenangkan.
    dulu saya punya cita-cita mengelilingi pulai kalimantan. tp sayang belum terkabul sekarang, masih terdampar di pulau jawa.

    tuke rlink ya pak

    BalasHapus
  4. Insya Allah. Mungkin kalau ada waktu saya mau ke kandangan habis hari raya Idul Fitri. Kebetulan kakak saya PNS di dinas PU jadi dia tinggal disana.

    Yang pasti bila jadi. Pak Syam jadi orang yang di ajak kopi darat hari pertama :lol: he..he

    BalasHapus
  5. wah, salut dengan pak syam yang demikian cerdas memanfaatkan IT utk kepentingan apa pun. dengan googleaerth ternyata kita bisa melacak ceruk2 semesta sampai yang terpecil sekalipun. saya pernah pakai googleearth, pak, tapi dasar gaptek, menemukan kendal saja masih kabur, haks.

    BalasHapus
  6. Gila syam, kamu hebat! Kok bisa pintar kayak gitu ya kamu?

    BalasHapus
  7. baburinik!24/09/08 20.46

    terimakasih banar julak lah, handak pang jua saurang kasitu tp kada kawa, samalam pas di loksado tapamalam julak ai kada kawa bulik, rem mobilnya blong! hehehe untung ada yg kasih tempat bamalam...kawakah dikirim ke eirpass@yahoo.co.id petanya julak

    BalasHapus
  8. Maaf banar dangsanak lah..sampai saat ini aku belum bisa meupload peta tsb karena filenya 280Mb, maklum koneksi internet di wadahku lambat banar. Ini sambil diusahakan meupload. Jadi bagi yang berminat mohon bersabar, kecuali bagi yang mau mampir di kdg dijamin dapat dengan gratis.tis..tis..

    BalasHapus
  9. Assalamu alaikum
    Ulun handak jua nah ba'isi Software PETA ini, kawa kah pian m'bari ulun. mudah2an berguna bagi ulun yang ngajar di pedalaman....thank's ya pak..!!
    klo pian b'sedia tolong kirimkn ke Email ulun lah
    sriudin@gmail.com

    www.s1pgsd.blogspot.com

    BalasHapus
  10. @SRIE N' OEDHIEN:
    Sebenarnya saya ingin berbagi software ini bagi teman-teman yang berminat.

    Tapi kalau mengirim via email saya nggak bisa soalnya harus upload file 280mb. Kalau upload ditempatku bisa memakan waktu berminggu-minggu.

    Jadi beri alamat rumah saja nanti saya kirim CD-nya via pos. Silakan kirim alamatnya ke syamsuddin@fkip.unlam.ac.id. Insyallah akan saya kirimkan gratis untuk SRIE N' OEDHIEN.

    BalasHapus
  11. Terima kasih banar sudah mau mengirimi ulun software yang bagus...ulun tunggu CD nya
    sekali lagi Trim's

    BalasHapus
  12. perkenalkan saya irfan.kebetulan saya mau survey ke kalsel pak, ke batu licin rencana tgl 30 maret 2009. jika bapak berkenan saya minta alamatnya pak,mudah2an bisa mampir, saya sdg butuh petanya, terimakasih banyak. irfanbptk@gmail.com

    BalasHapus
  13. kl blh mta dong....krm ke email az.....
    an99i_percusion@yahoo.co.id....hehehehe
    mdh2an az sempet....

    HATUR NUHUN....

    BalasHapus
  14. saya jg butuh pemetaan wilayah tersebut bos. idhea_maulana@yahoo.com
    bisa bantu gak? gmn caranya

    BalasHapus
  15. bagus tapai banar tu
    kawalah ulun minta sofware & petanya
    sai.dilah@ymail.com

    BalasHapus
  16. Salut bwt pa syam...
    Bs dpt byk ilmu dr bp nch...Mudh2an bs mngenl bp lbh jauh trutama dbidang pndidkn.Slm dr sy,gr br bajayau yg msh dangkal ilmux ,met ktmu dsn pa syam

    BalasHapus
  17. Salam buat pa Sayam..
    Perkenalkan nama saya rony...bisa minta alamatnya ga?? soalnya lg perlu untuk perencanaan di kecamatan hantakan...saya ada minta peta di Bappeda HST...tp gak begitu jelas...Saya tunggu ya.....

    BalasHapus
  18. mas minta info peta kota dan kecamatan di kota barabai dong...

    BalasHapus
  19. salam kenal, saya adib dari barabai..dimana ya bisa dapet software arcview?
    bisa hubungi pian lebih lanjut? terimakasih sebelumnya
    adib_as@yahoo.com

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar anda.