20 Mei 2008



Pengunaan jaringan wireless semakin menjamur. Di mana-mana dapat kita lihat bertebaran tower wireless access point. Tapi penggunaan jaringan wireless memberikan dampak negatif, yakni terbukanya jaringan untuk bisa diakses semua orang yang berada di area cakupan sinyal wireless kita. Bagaimanakah cara mengamankan access point agar bandwidth tidak bocor ketangan orang yang tidak berhak? 


Access Point (AP) seumpama hub atau switch pada jaringan kabel LAN. Fungsinya untuk menghubungkan banyak client dengan topologi jaringan tipe star. Artinya kita membantuk jaringa komputer dari banyak client yang menggunakan radio yang dihubungkan dengan satu atau lebih AP.

Pembicaraan kita kali ini dengan asumsi kita akan membagi jaringan internet (misalnya dari Speedy) lewat jaringan wireless hanya untuk client tertentu saja. Jadi kita harus mengusahakan agar client yang tidak berhak tidak dapat mengakses jaringan wireless kita.

Ada dua pendekantan yang bisa digunakan, yakni:
1. menggunakan sistem login ticket.
2. melakukan blocking client wireless.

Pendekatan pertama sering digunakan di area hotpsot berbayar atau sistem tiket. Client yang ingin konek ke internet (misal membawa laptop yang ada wirelessnya) harus membeli semacam tiket yang berisi username dan password. Setelah itu baru bisa konek sesuai waktu yang disediakan. Cara ini mudah dan praktis kalau ingin membuat hotspot yang clientnya tidak tetap atau berubah-ubah sesuai kebutuhan. Kelemahannya sistem ini mudah dihacking dengan wardriving menggunakan berbagai macam tool untuk membuka jaringan wireless.

Pembahasan kita difokuskan pada pendekatan kedua, yakni blocking ditingkat client. Misalnya kita akan membuat ISP kecil-kecilan dengan berlangganan Speedy Unlimited terus disharing lewat jaringan wireless ke client-client yang telah terdaftar. Skema jaringan sebagai berikut:


Teknik mengamankan AP agar dapat konek hanya oleh client tertentu saja adalah:
1. Sembunyikan SSID
2. Gunakan nama SSID yang acak dan panjang
3. Gunakan Enkripsi
4. MAC Address Filter
5. ubah Mac Default
6. Gunakan IP Statik dan Range IP  tertentu
7. Isolasikan Client
8. Kunci settingan radio client dengan password

Caranya:
1. Sembunyikan SSID (Hide SSID)
SSID adalah nama jaringa yang di broadcast oleh AP dan client agar dapat saling konek. Artinya hanya client yang mengatahui atau mempunyai SSID yang sama dengan AP saja yang dapat konek ke jaringan. Jadi, agar hanya client yang terdaftar saja bisa konek maka kita harus menghidden SSID dari AP.  Caranya dengan mengubah settingan di AP yang bisa diakses lewat web. Misal untuk AP Linksys WRT54GL yang udah diupgrade firmwarenya pakai DD-WRT maka setingan hide SSID bisa ditemukan di menu "Wireless" => "Basic Setting" trus disable "Wireless SSID Broadcast". Untuk AP merk lainnya lainnya maka cara mengubahnya intinya sama saja. Jika SSID kita hidden maka jaringan kita di tool wireless client tidak akan muncul atau terbaca. Memang ada sih tool untuk memecahkan SSID tapi tool ini jalan di Linux dan harus menggunakan chipset wireless tertentu yang built in di motherboard. Tapi langkah ini merupakan pertahanan pertama yang sangat efektif untuk mencegah kalangan pemula dan menengah agar tidak bisa seenaknya konek ke jaringan kita.



2. Gunakan nama SSID yang Acak dan Panjang
SSID atau Service set identifier merupakan nama pengenal network yang panjangnya maksimal 32 karakter yang dapat terdiri dari a-z, A-Z, 0-9, tanda baca dan laiin karakter. Agar sekuriti jaringan kita maksimal - setelah dihidden - selanjutnya buatlah nama SSID sepanjang 32 karakter acak. Untuk mendapatkan karakter acak bisa masuk ke http://www.random.org/strings. misal: SSID kita buat "speednet_8vb01F1UZDbtRglFcDCcvj" . Artinya jaringan ISP kita namakan Speednet (sekedar nama aja) trus kita tambah karakter acak sampai sejumlah 32 buah yang terdiri dari huruf dan angka. Hal ini untuk mencegah hacking jaringan menggunakan tool yang mencoba memecahkan kombinasi SSID kita. Bayangkan 62 pangkat 32 berarti ada 10 pangkat 57 kombinasi.

3. Gunakan Enkripsi
Setiap AP saat ini telah dilengkapi dengan teknik enkripsi (mengacak data) jaringan yang canggih. Mulia dari WEP yang sederhana sampai dengan WPA yang canggih. Untuk lebih aman gunakan WPA dengan key 64 karakter. Memang AP modern saat ini, selain WEP dan WPA masih ada menyediakan jenis enkripsi lain. Tapi harus diingat, tidak semua radio client dapat mendukung teknik enkripsi terbaru. Menurut pengalaman kami, WPA telah tersedia di radio client dari harga 400 ribuan sampai yang mahal-mahal. Kembali diingat, gunakan key yang maksimum (64 karakter) dan harus terdiri dari huruf dan angkan acak. misalnya:
 " Y0SgVsDNwrlDVV5G5JYcan2JaMnEabVKkyHHB6pEk4xCpTBIP3rfHNpHgvOiVaZx ". Tapi ingat kita harus mencatat SSID acak dan key acak ini karena tidak mungkin menghafalnya.

4. Filter Mac Address
Setelah client memakai SSID dan Key enkripsi yang sama dengan AP, maka teknik pertahanan kita selanjutnya menggunakan filter mac address client. Bila fitur ini kita aktifkan di AP maka hanya client yang terdaftar macnya saja yang bisa konek di AP kita. Untuk itu cari AP yang menyediakan tabel filter yang jumlahnya sesuai kebutuhan kita. Misalnya Linksys WRT54Gl dengan DD-WRT firmware, menyediakan tabel filter sejumlah 128 buah. Kalau Senao AP biasanya sekitar 20 buah filter saja.


5. Ubah MAC Address Default
Biasanya Mac Address default bawaan pabrik bisa diubah. MAC memiliki macam-macam awalan tergantung pabrikan yang memproduksi. Misal radio merk Senao menggunakan awalan MAC yakni 00:02:6F:xx:xx:xx dan sebagainya. Karena kunci agar kita membedakan client cuma IP dan MAC maka kita harus mengubah MAC default client dengan mac lain yang jarang digunakan. Misalnya kita ubah menjadi 00:40:01:xx:xx:xx yang berasal dari tipe pabrik Zyxsel yang jarang dipakai di Indonesia. Guna lainnya untuk keseragaman, misal kita site survey ternyata ada mac yang selain kelompok tadi berarti jelas dia radio yang tidak terdaftar mencoba masuk.

6. Gunakan IP Statik dan Range IP  tertentu
Setelah radio client di set SSID dan Key Enkripsi yang sama dengan AP, syarat lain bisa konek adalah menggunakan IP yang valid dan tidak konflik dengan IP yang ada. Memang ada cara praktis dan simpel, yakni menggunakan DHCP Server agar setiap client otomatis mendapatkan IP yang tersedia. Tapi cara ini bermasalah jika masing-masing client mendapatkan jatah kecepatan / bandwith yang berbeda-beda. Kunci pembeda bandwith manager hanya berdasarkan MAC atau IP, jadi sebaiknya gunakan IP statik dengan cara nonaktifkan DHCP server. Selanjutnya gunakan range IP untuk client yang beda dari biasanya. Range IP yang umum (entah kenapa selalu dipakai di buku panduan wireless) adalah 192.168.x.x. Coba kita gunakan range IP 10.20.30.x dengan x sebanyak jumlah client. misal untuk client 32 orang kita gunakan 1 range IP dari 10.20.30.101 - 10.20.30.132. Hindari range dari 10.20.30.1 - 10.20.30.32 karena terlalu umum dan mudah ditebak. atau gunakan ip yang acak jangan dalam range tertentu. Terserah kreasi anda. Tapi ingat, IP yang kita gunakan harus bersifat private artinya hanya berlaku di dalam network kita saja dan harus di "nat" di dalam router.

7. Isolasi Client
Kekacauan jaringan selain dari luar bisa juga disebabkan dari client kita sendiri. Misalnya kita telah membagi bandwidth yang berbeda untuk macam-macam client sesuai IP address mereka. Akibatnya client mencoba mengubah IP mereka sendiri untuk mendapatkan bandwidht yang lebih besar. Bisa dengan coba-coba atau mereka menggunakan tool IP Scanning yang canggih. Tanda terjadinya kekacauan ini adalah timbulnya "IP Address Conflict". Untuk mencegahnya kita harus mengisolasi client, artinya sesama client tidak bisa saling scan IP. Bagi yang menggunakan AP merk Linksys WRT54Gl dengan DD-WRT maka bisa diaktifkan "AP Isolation" di menu: "Wireless" => "Advanced Settings". Untuk AP merk lain coba cari sendiri, kalau belum ada coba upgrade firmware AP tsb. Kalau masih belum ada ya terpaksa mencari AP merk lain yang menyediakan fasilitas ini.

8. Kunci Settingan Radio Client dengan Password
Kami pernah mengalami kebobolan jaringan wireless yang disebabkan adanya kerjasama pembobol dengan orang dalam (client). Modus nya, pembobol mendapatkan SSID dan key serta mac dan IP yang valid dari client. Hal ini terjadi karena settingan radio client tidak dikunci sehingga bisa dlilihat. Untuk mencegahnya maka ubah password radio client dari default ke passwrod yang hanya diketahui oleh teknisi.

TIPS:
1. Jangan lupa membuat catatan yang lengkap tentang data-data radio client. Misalnya nama client, merk radio, password setingan, MAC address, IP Address dan lainnya. Kalau dokumentasi kita jelek, maka akan terjadi masalah, misal lupa password masuk untuk menyeting radio client, kan bisa berabe dan harus di hard reset alias naik ke tiang radio.
2. Sering-sering site survey radio client
3. Sering-sering site survey AP di sekeliling kita.
4. Untuk aman dan mudahnya, masukan file settingan SSID, Key, MAC, IP kedalam file CD Room. Jangan flashdisk karena jika kita colokan di komp client ada kemungkinan terkena virus. Dan tentu saja CD room ini harus kita amankan dan rahasiakan. Karena jika bocor, maka butuh waktu berminggu-minggu untuk mengubah setingan dari AP hingga keliling mengubah setingan radio client (terkadang harus naik tower client karena radionya ngadat menolak di reset). he.he.he....

Itu saja saran dari saya semoga bermanfaat...kalau ada kritik dan saran atau tambahan bisa langsung dikommen aja. Semoga Tetap Aman AP-nya.

76 komentar:

  1. hacker wifi27/08/08 21.50

    Terima Kasih buat penulis blog ini soal "Mengamankan Wireless Acces Point "...

    Tulisannya sudah bagus untuk "para pemula"....

    Namun yang perlu anda ketahui, bahwa "HACKER" bukanlah termasuk kategori pemula. Kemudian TEORI diatas sudah cocok kalau Acces Pointnya diisi dengan Software Windows.....
    Tapi maaf yah pak....seorang "HACKER" pantang menngunakan WINDOWS....
    Itu berarti anda sudah tahu...bahwa siapa saya...??

    BalasHapus
    Balasan
    1. sang sering hack hack wifi hanya untuk menjahili dan merugikan org lain itu kerjaan org sombong.. gunakanlah ilmu sebaik2nya bukan untuk merugikan org lain..

      Hapus
    2. @hacker wifi
      wkwkwkwkwkwkwk maav ketawa dulu wkwkwkwk.........................Tetapi analisis saya klw ad hacker yg masih mau nyuri BW itu masih Hacker Cap Kadal Alias Cicak,di Jempret sama karet gelang Tewas.lagian ID loo Blagu Amat pakai hacker segala,mana ada hacker yang mau ngaku broooo,klw ad itu nama nya masih kadal bin cicak kyak loooooo

      Hapus
    3. Ente Hacker ?
      What the Fuck lah !
      Hacker itu gk pernah ngaku kaya Lu Goblok !
      Yang ada cuman bocah ampas yg gk tau apa itu hacker !
      Tolol kok di pelihara !

      Hapus
    4. hacker apaan.. lmao.. look like an idiot! nick cupu, ip keliatan.. lu cuma script kiddies aja bangga! cupu ah cupu! salam#darknet#liatiplokalgua#guabukanhekel#wtffacts#pfffffft

      Hapus
    5. kalo yg punya wifi.matiin wifinya ya lu ga bisa apa apa..goblokk

      Hapus
    6. menurut saya matikan wifi adalah cara yang efektif up buat agan yang diatas ane

      Hapus
    7. hacker...kok bilang hacker....@hacker wifi, loe baca lagi bro mengenai dunia hacker..., seorang hacker pun punya kode etik, ketika memasuki suatu sistem/jaringan, alias meminta izin kepada empunya buat melakukan penetrasi, kalo cuman buat cari keuntungan itu mah namanya script kiddie...bukan hacker

      Hapus
    8. Hack Kog Wifi, Jadi Hacker Kog Ga Gableg Bandwidth Sendiri... :v wkwkwkwkkw.. Ngekekk guwe tong... Cuci Muka dulu Sono, Baru bangun dah Komen.. akakkakkakaaa..

      Hapus
  2. cara nya keren kami tapi saya coba liat cara yg lain dulu ya

    BalasHapus
  3. nano station2 menggunakan wep tapi dapata di bobol sehingga tidak bisa filter wep lagi. wep sembarang pun bisa masuk, gimana solusinya?:

    BalasHapus
  4. @hacker wifi:
    Yah, memang saya termasuk "para pemula" dan terus belajar.

    Mengenai kometnar "TEORI diatas sudah cocok kalau Acces Pointnya diisi dengan Software Windows"..saya bingung. Perasaan sih, AP itu terinstall software kecil untuk manajemen nggak bisa diinstall software Windows di sana. Memori di AP paling banter 8-64 MB jadi mana bisa diinstall windows yang perlu 800-1000Mb an.

    Trus, mengenai "seorang "HACKER" pantang menngunakan WINDOWS...."..saya bingung lagi dimana anda dapat statemen itu. Saya udah baca manifesto hacker puluhan kali tapi tidak ada kalimat "hacker pantang memakai windows". Atau anda belum baca manifesto hacker yah?? baca dulu dong baru ngaku hacker.

    Mengenai "anda sudah tahu siapa saya?"..terus terang saya tidak tahu. Alamat url yang anda tinggalkan saja tidak aktif. Bagaimana kita bisa saling mengunjungi.

    dan yang paling penting, sampai saat ini proteksi wifi menggunakan wpa belum bisa di hack kecuali pakai metode brute force. Nah, kalau saya pakai key WPA 63 karanter, coba hitung berapa waktu yang dibutuhkan untuk memecahkannya:

    63 karakter = 2^63 = 9223.372.036.854.775.808 percobaan.

    Asumsi anda pakai komputer processor 3 GHZ, dan beroperasi 24 jam 7 hari seminggu dan 365 hari setahun maka percobaan brute force 1 kali satu cycle processor memerlukan waktu:

    97.640 tahun...!!!!

    Silakan hack wifi kami dan teruskan oleh anak cucu anda maka setelah 3200 generasi baru terpecahkan oleh cucu dari ....cucu yang ke ...!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. jempol buat abang

      Hapus
    2. luar biasa penjelasannya bang

      Hapus
    3. @hacker wifi
      wkwkwkwkwkwkwk maav ketawa dulu wkwkwkwk.........................Tetapi analisis saya klw ad hacker yg masih mau nyuri BW itu masih Hacker Cap Kadal Alias Cicak,di Jempret sama karet gelang Tewas.lagian ID loo Blagu Amat pakai hacker segala,mana ada hacker yang mau ngaku broooo,klw ad itu nama nya masih kadal bin cicak kyak loooooo
      HAcker itu Bukan Hanya Pakai Linux Az tolol Semua OS di gunain bila memang di perlukan termaksud calculator untuk ngitung ke untungan klw bisa jebol ATM,ne anak masih abg,baru mengenal linux mungkin

      Hapus
    4. Mantap kang :v
      itumah cuman bocah doang yg gk tau apa-apa :v
      Sampah Masyarakat :v

      Hapus
  5. @Anonim:

    Gampang caranya..

    Turunkan aja nanostionnya..lalu cari tombol reset dan ikuti cara mereset nano station anda.

    Udah gitu login pakai user dan password default lalu setting ulang.

    Tips:
    1. selalu backup setingan AP anda agar kalau ada apa-apa mudah direstore tanpa perlu cape seting ulang.

    2. jangan gunakan wep karena itu bisa dihack dalam hitungan menit. Coba pakai WPA aja.

    3. ganti password admin radio ap atau client anda. Pengalaman kami kebocoran wifi lebih biasanya karena ada kerjasama hacker wifi engan orang dalam untuk masuk ke radio salah satu client dan mengobrak-abrik jaringa dari sana.

    4. paranoid lebih baik dari pada jaringan bobol.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf bro, saya mau minta bantuan ini..misalnya menggunakan ip gateway yang sudah ditetapkan misal seperti 192.168.0.1 lalu saya menggunakan alat yang namanya unifi untuk mengontrol semua pengguna wifi, tapi pada penggunaanya ada yang keluar dari ip gateway tersebut menjadi 169.xxx.xxx.x saya mau tahu masalahnya dimana dan perangkat unifi mempunyai pengaturan untuk blockir pengguna baru, tapi kejadian terdapat user yang sudah diblokir tetapi masih dapat masuk kembali ke jaringan internet walaupun sudah diblokir..mohon bantuannya bagi kaum buta ini. thanks

      Hapus
  6. Mantaf Juga neh Sarannya, tapi bro gw ada kendala neh yang sampai sekarang belum dapat gw pecahkan bro, tolong masukannya bro mengenai pembagian bandwith ke client, gw menggunakan Wireless Modem ADSL Router D-LINK DSL-2640T/E, emang seh gw baru belajar mengenai wireless, tapi gw bingung cara membagi bandwithnya dan apakah ada softwarenya bro? mohon sharing ya bro dan ada g cara untuk mempercepat access speedy bro atau ada softwarnya bro? mohon masukannya bro... email : rizal_semb@yahoo.co.id || YM : rizal_semb ....

    Thanks Bro, By RiZaL_BoY

    BalasHapus
  7. Bandwidth management: gunakan Mikrotik, coba kunjungi www.mikrotik.co.id.

    Teknisnya:
    1. Siapkan kompie minimun Pentium II, 64MB RAM, 6GB HDD dan punya 2 Lan Card.

    2. Download iso mikrotik di alamt diatas lalu beli lisensi sekitar 400 ribuan (ada seh yang versi crack tapi kurang lengkap fiturnya).

    3. Ikuti petunjuk instalasi mikrotik yang banyak dicari di google.

    4. Lan card satu namakan LOCAL untuk menyambung koneksi ke AP. Lan Card kedua namakan PUBLIC untuk modem ADSL.

    5. Membagi bandwidth pakai fasilitas simple queue untuk pembagian fix. MIsal up/down = 8k/64kbps.

    6. Bisa juga membagi bandwidth sama rata untuk user yang online pakai fasilitas PCQ Queue.

    Selamat mencoba yah, kalau sukses tolong kasih informasi ke sini lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. assalamualaikuum...saya punya masalah disini. Sebagai pengguna awam jaringan nirkabel, jujur saya ga paham sama pembahsan diatas.

      Masalah yang kami hadapi adalah pembobolan wifi yang sudah dikunci password, ketika kamu sadar wifi dibobol coba naik kelas dengan kunci MAC addres. Tapi nampaknya si pembbol selalu selangkah didepan. Langkah MAC addres pun gagal total, tetap bobol.

      Kalau saya baca dari komentar anda diatas sepertinya anda seorang yang lebih pro. Mohon bantuannya untuk mengamankan jaringan kami dari pembobol tak tau diri yang memakai jaringan seenaknya dan merugikan kami sebagai user resmi.

      priandana.harry@yahoo.co.id

      Hapus
    2. Wps kebuka kali mas, pastikan fitur wps dinonaktifkan, wps pin access point biasanya udah ada diupdate terbaru dictionary att seperti jtr dll, satu lagi sebaiknya gunakan wpa jgn wep

      Hapus
  8. gimana caranya ganti mac address default dari radio?apa sudah terdapat dimenunya?
    kalo gak ada apakah ada tools buat mengganti mac default radio?

    BalasHapus
  9. Hacker tetap diatas 1 kali

    BalasHapus
  10. Wawan Wahab09/03/09 17.30

    Bro bisa dituntun gak, cara menjadikan laptop yg telah konek internet via LAN Kabel UTP sbg Acces Point agar HP ber wifi dapat pula koneksi internetnya?
    Terima Kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat bisa beli wifi reapeter mini harga 30rb aaja. Kayak flasdisk besarnya

      Hapus
    2. Bridging lan n wireless interfacenya mas semoga bermanfaat

      Hapus
  11. @fungky46:
    Ganti mac address, rasanya semua radio bisa. Coba masuk ke halaman admin radio via web browser. Biasanya alamaatnya 192.168.0.1 ata 192.168.1.1 atau 192.168.2.1 atau 192.168.1.20 tergantung merk..nanti ada bagian mengganti mac nya..

    @Anonim:
    Yah, hacker selalu diatas..tapi ini harus benar-benar hacker..soalnya mereka tidak berhenti belajar disaat orang lain udah merasa bisa dan merasa pintar..
    tapi kalau cuma ngakunya hacker pasti ilmunya segitu-gitu aja..nggak ada hacker yang mengaku-ngaku hacker lho..

    @Wawan Wahab:
    BIsa..

    1. Setting wifi:
    setting WIFI di laptop sebagai access point. Biarkan SSID, Key, Encryption dll open apa adanya nggak usah di password.
    Caranya tergantung merk card wifi nya, biasanya di cd driver wifi ada tool untuk menyeting wifi

    2. Install router:
    untuk sharing internet kita harus menginstall software router. Jenisnya macam-macam, tapi yang umum dipakai fasilitas sharing internet connection di windows xp atau vista. coba cek fasilits di setingan network akan ketemu

    intinya router minimal harus punya dua jaringan..jadi pada kasus anda
    1. input : internet masuk dari LAN
    2. output: di sharing pakai card wifi

    itu saja intinya..
    sayang anda tidak memberikan saya data jenis laptop biar tahu wifi cardnya apa? dan tidak memberikan jejak url atau email biar bisa saya kirim tutorialnya

    BalasHapus
  12. mas mo nanya,

    lynksys saya dg ddwrt dah di disable dhcp nya, tp saya masih bisa dpt ip via dhcp, knp ya ??
    trus yg bagus pake enkripsi yg mana ? berhubung saya gak pake server

    thx

    BalasHapus
  13. @Anonim:
    dhcp server bisa terletak pada:
    1. Radio AP
    2. Server / Router / Bandwidth manager
    3. Modem ADSL (yang sekaligus router juga).

    Nah, kalau melihat kasus anda yang tidak menggunakan server, berarti dhcp servernya terletak di modem anda. Coba masuki halaman web administrator modem anda untuk mematikan dhcp-nya.
    moga sukses...

    BalasHapus
  14. "...Acces Pointnya diisi dengan Software Windows..." <-- gimana caranya, pak?... kasih tau' donk biar saya bisa nambah pinter

    "...seorang "HACKER" pantang menngunakan WINDOWS..." <-- trus gimana bisa mengexploitasinya kalo' memantangkan penggunaannya? tolong kasih penjelasan donk biar yang blm tau' bisa tambah pinter lagi...

    kesimpulan:
    kaya'nya hacker wifi = lamer, ato' paling mentok = script kiddies (CMIIW)

    BalasHapus
  15. Bung syam,
    Numpang tanya nih, boleh dikasih tau ga cara pendekatan "1. menggunakan sistem login ticket".
    Saya pemula banget,ga terlalu ngerti masalah komputer, belajarnya aja otodidak. Ini aja lagi nyari cara yang paling simple untuk dicoba.

    BalasHapus
  16. @inderamaia:
    Mengenai kometnar "TEORI diatas sudah cocok kalau Acces Pointnya diisi dengan Software Windows" itu ditulis oleh yang ngaku "hacker wifi"..aneh bin ajaib rasanya belum pernah ketemu AP yang bisa diisi program windows. Yang ada baru Linksys WRT54GL (L=versi Linux) yang bisa diisi software DDWRT (Linux khusus untuk AP).

    @kutu:
    Kalau pakai mikrotik sebagai router, ada fasilitas login di ip=>hotspot. Tinggal definisikan aja username, password serta durasi koneksinya...coba dech download mikrotik dan install di kompie percobaan sebelum dipasang pada jaringan wireless anda..

    BalasHapus
  17. trimakasih nih , tutorialnya :D tambah pencerahan ajah..:D

    BalasHapus
  18. mantebbbb banget tulisannya kang...
    salut lahhh
    mohon bimbingan kang..

    BalasHapus
  19. chevez
    masak hacker ngaku "saya hacker", maling ngak mungkin bilang maling. hacker sejati diam dan menghsilkan bukanya teriak2 saya hacker.

    mantap bang artikelnya, kalau ada yg lebih update jangan sungkan masukin lagi.

    tks.

    BalasHapus
  20. AP dah tak reset, tampillah default. aku mo ganti name AP dan passwordnya, tapi ip AP ga ketemu. aku scan ip ga nampil juga. lo direset dan udah jadi default, panggil aja 192.168.0.50 (Dlink) tutor dari internet seperti itu. ta coba ga bisa. ip sekarang dhcp 192.168.122.xxx. Trus gimana dong biar aku bisa masuk halman admin AP Dlink ku ? kayakanya seting AP dibikin dhcp (dpt ip dari router) trus di hiden SSID atau apalah. jadi discan ga nampil. setingan tu oleh pengembang TI, sekarang kabur ga TJ. payah tuh ...
    mohpn pencerahannya btw bisa email sely_tekfunghan@yahoo.co.id

    BalasHapus
  21. hoi hacker wifi gadungan.. coba bobol web mbah saya ini kalo' bisa...

    BalasHapus
  22. nico.senna@vfemail.net13/08/09 22.02

    mas tolong dikasih tutorialnya untuk share internet pakai wifi card notebook, sy punya notebook toshiba lama yang pakai modul toshiba wireless mini card PA3070U-1MPC, koneksi internet saya speedy dengan modem adsl. saya mau share internet dengan pda jg melalui wifi card notebook.
    ditunggu pencerahannya ya mas... trims

    BalasHapus
  23. ddwrt apaan ya?

    BalasHapus
  24. koreksi.. bukan CD room tapi CDROM (Compact Disc Read Only Memory)

    BalasHapus
  25. bintangabadi24/03/10 10.32

    Salam kenal... Apakah ada access point yang sudah memiliki fasilitas manajemen bandwidth? merk dan tipenya ? (maaf newbie ni...)

    BalasHapus
  26. GIMANA CARA MENGETAHUI IP ADDRESS ACCESS POINT YG HILANG. TANPA HARUS PANJAT PINANG. MASALAHNYA TINGGI BANGET. SUSAH MANJATNYA.

    BalasHapus
  27. @gokimhock: TY atas koreksinya sekaligus ini jadi ralat.

    @BintangAbadi: setahu saya kalau AP harga dibawah 1 jutaan yang pernah ku setting nggak ada fasilitas bw manager...entah kalau yg harganya lbh mahal...silakan pembaca lain share di sini kalau ada yang nemu...

    @ngeblog yuk: coba cari program ip scan semacam netscan.exe. Lalu scan ip range anda, misal scan ip dari 192.168.1.1 sampai 192.168.1.254. Jika nggak ketemu coba ganti ip lan card anda dng ip lain semisal 192.168.0.x lalu scan lagi..coba terus nanti akan ketemu ip radio anda....

    BalasHapus
  28. gimana kalo ap d mode router trus Ip nya blank...ada ga cara reset selain manjat

    BalasHapus
  29. bang aku pengin liat ip AP 3com WL-524. sama dg punya abang .... di ipscan ga keliatan. di router linksys juga ga nampak. netcut ku ga support di laptop. solusinya. jadi atlet panjang pinang .. alih profesi or ...@#$????
    Sely, Salemba Jakpus

    BalasHapus
  30. @Mas Sely: masih ip default punya saya mas, yaitu 192.168.1.250. Kalau IP nggak nampak mungkin modenya di set bridge ya? solusinya sambung langsung kabel dari AP tsb ke laptop trus scan ipnya...soalnya kalau lwt router nggak kebaca ipnya...
    selamat mencoba, god luck. BTW 2 radio AP yang kemarin mas Sely kirim OK punya, yang 3Com saya pakai buat hotspot di sekolah dan yang DLink saya pakai buat hotspot di rumah sampai sekarang masih on.

    BalasHapus
  31. sambung kabel ke laptop? WAN mode dynamic ... kenya ga nampak deh ipnya. lo ta bikin statis ip 192.168.0.2 255.255.255.0 gw :192.168.0.1 malah ga bisa konek (network ta kosongin). tapi lo dibikin dynamic .. sukses. masalahnya mo setting lagi ga bisa masuk ke menu admin.
    lagi pengin jajal rt/rw.net sharing bang .. terutama tuk security client. pa dg mikrotik rb 750 masalah selesai? makasih.

    BalasHapus
  32. bener-bener gileee dunia maya ni. WLan tetep saja kurang aman. pake login aja masih bisa tembus. mac filter apa lagi. tapi lo Key WPA kena\ya masih sulit.

    BalasHapus
  33. Terus berkarya bro.
    every system is vulnerable.

    salam kenal,

    BalasHapus
  34. sangat berguna informasinya pak, boleh donk saya copy buat arsip saya...

    mastab atas jawabannya mngenai hacker wiifi,,

    BalasHapus
  35. I couldn't resist commenting. Perfectly written!
    My webpage: Free Porn

    BalasHapus
  36. Hey There. I found your blog using msn. This is a very
    well written article. I will be sure to bookmark it and come back to read more of your useful information.
    Thanks for the post. I'll definitely return.
    Here is my webpage : nude teens

    BalasHapus
  37. hacker wifi....ko' sampai skarang ga ad yang hack wifi kmi???hee ga bsa membobol kyk nya.

    BalasHapus
  38. MantapzZz ...
    Sukses terus pa ...

    Wifi kita terus maju ....

    BalasHapus
  39. We absolutely love your blog and find most of your post's to be just what I'm looking for.
    Do you offer guest writers to write content for you?

    I wouldn't mind composing a post or elaborating on a lot of the subjects you write concerning here. Again, awesome web site!
    Here is my web blog - Gambling

    BalasHapus
  40. It's a shame you don't have a donate button! I'd most certainly donate to this fantastic blog! I suppose for now i'll settle
    for bookmarking and adding your RSS feed to my Google account.
    I look forward to brand new updates and will share this site with
    my Facebook group. Chat soon!

    My website: phil cardellas mugshot
    Also see my webpage > phil cardella arrested

    BalasHapus
  41. Lumayan bagus infonya.. boleh di jadikan arsip sebagai perpandingan referensi..
    dan bagi para hacker katanya... yg udh jago jago smua... lebih baik ilmunya d sharing ke ke smua org.. gk ada ruginya...
    jgn malah menghina posting org.. kasi' masukan yang membangun itukan lebih baik...

    BalasHapus
  42. Nice pοst. Ӏ waѕ сhecking сonstantly this blоg and I am impressed!
    Vегy useful information sρеcially the last ρart :
    ) I caге fοr such infоrmation muсh.

    I wаs lοοking for thiѕ
    cеrtаin info fοг a long time.

    Thank you аnd best of luсk.

    Herе iѕ my blog ρost - simply hcg

    BalasHapus
  43. I am reallу еnјoуing thе theme/design οf уour ѕite.
    Do уou eveг run intо аny inteгnet broωseг cоmpatibility problems?
    A hаnԁful of my blog audіence have cоmρlaіned
    about my site not operating coггeсtly in Explorer but
    lοoks great in Safari. Do yοu havе аny adѵice to helρ fiх this problem?



    Fеel fгeе tо ѕuгf to mу ωеb ρage
    :: hcg injections

    BalasHapus
  44. mas Syamsudin
    saya punya masalah pada wifi yg di hidden
    tidak bsa konek ke router, pas trobleshoting selalu muncul pesan windows cannt connect to hidden wifi....
    saya sudah coba setting manual dan uninstall drivers network
    tp sama saja hasilnya tidak bisa connect
    mohon petunjuknya mas..

    BalasHapus
  45. Gampang kok jebol AP biar di pasword model gimana juga, Hecker itu ga harus pake software, pake SENAPAN ANGIN !!! gw jamin jebol tuh AP. Selamat mencoba...'

    BalasHapus
  46. cara melihat ip publik tanpa konek wifi gimana ya caranya...

    BalasHapus
  47. Hacker yang mengaku sebagai hacker pasti bukan hacker, kecuali sebahagian kecil dari golongan "White-Hat" yang menggunakan ilmunya untuk membantu memperkuat keamanan jaringan.

    BalasHapus
  48. Kasian banget tuh hacker gadungan gak nimbrung lagi, wkwkwkkw

    BalasHapus
  49. terima kasih atas infonya gan

    BalasHapus
  50. sudah saya terapkan di modem sya, trimakasih

    BalasHapus
  51. Gan ane punya kasus, AP Tp Link TL-WR841N sinyal wifinya kedetect pake Wifi Analyzer tp klo discan IP nya g kedetect. Ada solusi g gan?
    Oh iya gan, ada g tool yg bs login ke AP menggunakan MAC address...

    BalasHapus
  52. percuma di amankan model apapun sampek pucing tetep aja dapat di hack ama backtrack - wifislax - kali linux.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah baru mainan linux ya, baca lagi dung mengenai keterbatasan kemampuan hardware utk melakukan penetrasi

      Hapus
  53. ilmu yg baik untuk diamalkan,bukan untuk menjahili orang, atau untuk kepentigan diri sendiri, posting terus bang idris, agar manfaat, kalau cuma hacker wifi yg ganggu kita (saya sebagai pemilik warnet masih mudah mengatasinya) tks.
    DAYANET

    BalasHapus
  54. ilmu yg baik untuk diamalkan,bukan untuk menjahili orang, atau untuk kepentigan diri sendiri, posting terus bang idris, agar manfaat, kalau cuma hacker wifi yg ganggu kita (saya sebagai pemilik warnet masih mudah mengatasinya) tks.
    DAYANET

    BalasHapus
  55. sedikit tambahan,,,, wifi sekarang jika belum di kunci sebagai wps nya bisa jebol dengan pin yg telah di sediakan beberapa software android... coba deh pakai software Wps Wpa Tester dari playstore (bisa tanpa root) silakan mau password dgn WPA Atau WPA2/PSK,,,, Klo wps nya masih default dan belum di mac filter,,, pasti jebol

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar anda.