01 Februari 2009

Ulangan merupakan kegiatan rutin sekolah. Setiap periode tertentu sekolah melaksanakan Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester, Ulangan Akhir Semester atau Ulangan Kenaikan Kelas. Selesai mengadakan ulangan guru dituntut melakukan pemeriksaan terhadap hasil jawaban siswa. Proses memeriksa jawaban siswa ini adalah pekerjaan yang cukup berat bagi guru. Apalagi jika jumlah siswa yang mengikuti ulangan banyak.

Seiring kemajuan teknologi informasi dan komunikasi sekarang ini sudah bukan zamannya lagi guru melakukan pemeriksaan jawaban secara manual. Selain melelahkan, pemeriksaan manual butuh waktu dan ketelitian tinggi. Artinya sudah saatnya proses pemeriksaan jawaban siswa agar menggunakan bantuan komputer. Hal ini dapat dilakukan dengan sistem LJK (Lembar Jawaban Komputer).

Masalah utama proses pemeriksaan LJK menggunakan komputer adalah mahalnya biaya untuk membeli alat scanner LJK. Saat ini terdapat dua jenis scanner LJK, yakni Optical Mark Reader (OCR) dan Digital Mark Reader (DMR). Scanner jenis OCR menggunakan alat khusus untuk scan LJK yang harganya berkisar hingga ratusan juta rupiah. Tentu jenis scanner LJK berupa OCR harganya masih sulit untuk dijangkau sekolah-sekolah.

gambar 1: Tampilan IntelliScanLJK

Alternatif kedua adalah scanner LJK tipe DMR. Tipe ini menggunakan software khusus untuk scan LJK dengan memanfaatkan alat scanner biasa. Harga DMR relatif lebih murah daripada OCR, yakni berkisar sepuluh jutaan rupiah. Proses kerjanya mirip kalau kita menscan dokumen biasa memakai scanner umum. Bedanya adalah hasil scan ditangkap oleh software DMR untuk proses pemeriksaan benar-salahnya jawaban siswa.

gambar 2: Contoh LJK yang bisa discan dengan IntelliScanLJK

Sekarang semua telah hadir software scan LJK buatan putera daerah, yakni IntelliScanLJK. Paket software scanner LJK ini dibuat oleh CV. Datamas Informatika Banjarmasin. Harga software ini lebih murah dibanding software sejenis, yakni Rp. 6.800.000 (diluar scanner). Masalah kecepatan tinggal memilih jenis scanner sesuai dengan anggaran sekolah yang tersedia. Mulai dari kecepatan scan LJK 300 lembar perjam hingga 1.500 lembar perjam.

1. Software IntelliScanLJK
Harga : Rp 6,8 juta
Paket : installer + Flashdisk
Garansi : 1 tahun

2. Scanner yang direkomendasikan
Jenis scanner silakan pilih sendiri. Jika sekolah sudah punya berarti tidak perlu beli lagi. Jika belum punya maka disarankan memakai salah satu scanner berikut ini. Scanner yang dianjurkan adalah tipe ADF (Automatic Document Feeder) agar dapat melakukan proses scan beberapa lembar LJK sekaligus. Sekolah juga bisa membeli satu paket software+scanner agar lebih mudah tapi harga scanner bisa berubah sesuai kurs dollar.

1. Kecepatan scan 300 lembar / jam
Scanner : HP al-in-one 4355
harga : Rp 2 jutaan (tergantung kurs dollar)













2. Kecepatan scan 720 lembar / jam
scanner : Canon DR 1020C
harga : Rp 3 jutaan (tergantung kurs dollar)










3. Kecepatan scan 1080 lembar / jam
scanner : Fujitsu ScanSnap S500
harga : Rp 4 jutaan (tergantung kurs dollar)














4. Kecepatan scan 1500 lembar / jam
scanner : Fujitsu fi-5120C
harga : Rp 7 jutaan 9tergantung kurs dollar)














Bagi sekolah yang berminat silakan kirim email ke syamsuddin.ideris@gmail.com dengan isi email: nama instansi, nama penanggungjawab, dan nomor telpon.

31 komentar:

  1. Pak Guru, kalau ujian CPNS pasti pake hardware dan software scanner seperti itu juga ya? Salut buat Pak Syam and the gank yang bisa bangun software Scan LJK. Salam dari urang Barabai nang jauh di Indramayu. Rasyid.

    BalasHapus
  2. tak peduli sekolah mana. bila ingin maju ya hrs pake TI, termasuk untuk ngoreksi LJ. ya kan pak syam?

    BalasHapus
  3. @racheedus:
    Salam hangat untuk Rasyid, "urang pahuluan" di Indramayu. Software IntelliScanLJK dapat diprogram untuk scan LJK pada kegiatan lain seperti tes CPNS (contoh kab Tabalong), penerimaan siswa baru, tes Secapa Polri, dll.

    @Zulmasri:
    Setuju Pak, harus dimulai dari sekarang penggunaan TI dalam pendidikan. Toh biayanya nggak semahal dulu lagia.

    BalasHapus
  4. wah kayaknya aku mesti latihan nih......

    BalasHapus
  5. salut buat bpk, baru bisa sekarang kirim koment, biasanya cuma ikut baca ...

    BalasHapus
  6. dengan kondisi peralatan penunjang pendidikan yang rata-rata mahal itu, seharusnya pemerintah lebih memperhatikan subsidi atau pengadaanya. Kalau perlu mesin-mesin itu di biberikan cuma-cuma

    BalasHapus
  7. apapun alasannya, pendidikkan memang harus mengikuti tekhnologi... begitu paak....

    BalasHapus
  8. thanks pak syamsuddin, mari kita majukan banua kita, khususnya dlm dunia pendidikan

    BalasHapus
  9. Ya.. namanya pendidikan dan system dokumentasi kan harus bisa relevan di setiap zaman, sekarangkan segala systemnya hampir canggih menggunakan komputerisasi dan alat yg lainnya...
    oke deh sukses selalu...

    BalasHapus
  10. info yang menarik, pak. memang benar, sudah saatnya cara2 manual dalam mengoreksi lembar jawab ditinggalkan. perlu saya rekomendasikan ke sekolah. semoga para pengambil kebijakan meresponnya. terima kasih infonya, pak.

    BalasHapus
  11. makin mantap saja !!
    sungguh info yg bermanfaat, pak ..
    makasih banyak & sukses terus ..

    BalasHapus
  12. surang kaina mambarabaknya....bila sudah rusak....wakakakakk

    BalasHapus
  13. wah..paten bro..inovatif n kreatif

    BalasHapus
  14. Wah ternyata itu ya alatnya, dari SMA dulu pengen tau yang nentuin kelulusan kita tuh gimana sih alatnya, ternyata . . .

    BalasHapus
  15. di sampit juga make software LJK urang banjar....

    BalasHapus
  16. Mas, kayanya postingan di atas perlu di update karena sekarang IntelliScanLJK sudah di free kan oleh developernya alias gratis..tiss..tiss. Cuma perlu beli scanner ADF aja. Bagi yang pingin dapat
    programnya silahkan email saya di rankugo@gmail.com

    BalasHapus
  17. Edisi Gratis > dengan beberapa batasan
    Edisi Komersil > Fitur Penuh, Dukungan Support & Garansi

    BalasHapus
  18. Mau nanya nih
    Software IntelliScanLJK, bisa pake scaner HP All in one 3055 ga?

    BalasHapus
  19. ada yang lebih murah pak coba pakai DSS

    http://scannerdigital.wordpress.com/
    harganya cuma rp.1500.000

    BalasHapus
  20. kami punya alat pemeriksan ujian dengan harga 7 jutaan sudah termasuk scanner dengan kecepatan 400 perjam,cocok sekali di pakai di sekolah yang punya siswa 1000 orang ( hp 081321792379)

    BalasHapus
  21. untuk yang scanner nomer 1 HP all-in one harga 2 juta sdh termasuk software create editor ljknya. alamatnya dimana mas? email saya fandidoang@yahoo.com

    BalasHapus
  22. pak ada yang versi trial apa tidak, trims

    BalasHapus
  23. Intelliscanljk memang luar biasa. Hebat dalam mengkoreksi hasil ujian siswa. Sekolah saya sudah beli 6 bulan yang lalu. Sekarang sudah pake terus... Hasilnya sangat akurat.
    Bahkan saya disamping sudah pake software itu saya juga diberikan kesempatan sebagai promotor software ini di daerah saya.
    Salam....

    BalasHapus
  24. Coba dibandingkan dengan www.digitalmarkreader.com pak. oh y lebih lanjut bisa hubungi kami di 081 321 792379

    BalasHapus
  25. maaf pak, harga segitu ya bukan murah lagi untuk ukuran sekolah kecil apalagi didaerah. Saya bisa berikan gratis koq kepada sekolah yg memang membutuhkan namun terkendala anggaran dana

    BalasHapus
  26. ada gak yg gratis perangkat lunaknya, soalnya sekolah dasar terbatas dananya..

    BalasHapus
  27. saya sangat bahagia menemukan software ini, tapi sayang saya harus berkerut setelah saya kirim permohonan aktivasi tak terbalas-balas, dan sayapun juga punya tanda tanya besar, karena saya hanya punya scanner biasa, lalu aku baca di sini, ternyata ada yang menawarkan untuk mendapatkan program gratis-tis, tentunya dengan aktivasinya lho, semoga saya bisa segera mendaptkan software tersebut dan bisa meningkatkan kinerja saya di sekolah tempat saya bekerja, cayo...berbagi ilmu bermanfaat, syurga balasannya

    BalasHapus
  28. saya pake dmr dua tahun aja sudah ga bisa dipai lagi, akhirnya pakai twin importer, jadi tambah kerjaan, nyekenya dua kali, padhal belinya 18jt

    BalasHapus
  29. Pake Software LJK sudah Engga Jaman Bro. Mendingan Pake Moodle Aja. Free ware gratis Ujiannya bisa Online Lagi.

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar anda.