09 Desember 2008

Membuat software komputer sendiri? Tentunya bayangan anda adalah pekerjaan seorang programmer yang ahli, pintar, berkacamata. Dia mengurung diri di laboratorium komputer, ditemani buku-buku panduan pemrograman yang tebal dan berdebu. Lalu kita membayangkan ribuan baris kode program yang ruwet, ribet dan sulit dipahami.

Stop! Anda salah. Sekarang sudah banyak tool atau alat pemrograman yang sangat memudahkan proses pembuatan software. Tool ini biasanya dalam bentuk IDE (Integrated Development Environment). Melalui IDE kita dapat menulis kode program, merancang interface, mengkompilasi, dan membuat file executable dari software yang kita buat.

Gambar: Project Aplikasi Sensus Ekonomi HSS 2008 Dibuat menggunakan Delphi 7

Software IDE yang sangat populer dan sering saya gunakan dalam membuat software adalah Borland Delphi. Semua proses desain interface software sangat mudah dibuat di Delphi. Kita tinggal klik dan tempatkan komponen seperti tombol, textbox, label dan lainnya di tempat yang kita inginkan. Ingin belajar Delphi dari dasar, silakan download di sini.

Urutan membuat software atau programming menggunakan IDE Delphi adalah:
  1. Merancang interface
  2. Menulis kode program
  3. Mengkompilasi kode program untuk mencek kesalahan
  4. Me - build kode program menjadi file executable (.exe) yang siap pakai.
Syarat utama belajar Delphi adalah memahami bahasa Pascal. Pascal merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer tingkat tinggi. Dengan pascal sebagai bahasa, kita dapat berkomunikasi dengan komputer dan menyuruhnya melakukan berbagai instruksi yang kita buat. Untuk belajar bahasa Pascal silakan downlod di sini.

Mari kita belajar membuat program aplikasi komputer sendiri. Jika sudah mahir tentunya anda dapat membuat software yang bisa di jual atau ikut jadi programmer freelance. Menurut para pakar IT, treen perusahaan-perusahaan besar ke depannya adalah meng-outsourcing-kan berbagai project mereka.

Lihat saja, India. Negerinya Shah Rukh Khan ini telah mendulang devisa yang sangat besar dari proyek outsourcing. Konon kabarnya, raksasa software dunia, Microsoft Corp menyerahkan bagian-bagian project software yang sulit untuk dikerjakan oleh para programmer India.

Stop jadi konsumen, mari kita jadi produsen.
NB: Programming adalah pekerjaan murah meriah, cukup bermodalkan seperangkat komputer, trus sambil tiduran makan kacang goreng plus dengar MP3 kita bisa menghasilkan uang.

85 komentar:

  1. Membuat software sendiri, siapa takut...
    Orang bikin virus itu juga berupa software kok. yang jadi masalah itu adalah, siapa yang memerlukan jasa kita, dan apa program yang kita gunakan untuk membuat software tersebut udah legal ato belum???
    Sepertinya hal ini juga cukup menjadi masalah, karena banyaknya program pembuat software itu lisensinya mahal, sehingga kita keenakan membajak saja.

    BalasHapus
  2. Sip...kalau udah ada yang mendukung

    Memang membuat software komersial harus ada yang memerlukan. Tapi bisa juga kan kita buat software bermanfaat trus kita jual lewat blog atau iklan gratis...

    Kalau mau dapat job atau outsourcing kayaknya kita harus pandai-pandai membuat personal branding di offline atau online.

    Masalah harga? Memang IDE Delphi cukup mahal..tapi karya kita kan bentuknya kode program. Dan, yang setara dengan Delphi sudah ada yang gratisan di Linux namanya Lazarus...itu sih urusan beda flatform aja.

    Yang penting kita kreatif dan berusaha membuat software sendiri..tujuan akhirnya sih mengurangi pembajakan.

    BalasHapus
  3. Sip...kalau udah ada yang mendukung

    Memang membuat software komersial harus ada yang memerlukan. Tapi bisa juga kan kita buat software bermanfaat trus kita jual lewat blog atau iklan gratis...

    Kalau mau dapat job atau outsourcing kayaknya kita harus pandai-pandai membuat personal branding di offline atau online.

    Masalah harga? Memang IDE Delphi cukup mahal..tapi karya kita kan bentuknya kode program. Dan, yang setara dengan Delphi sudah ada yang gratisan di Linux namanya Lazarus...itu sih urusan beda flatform aja.

    Yang penting kita kreatif dan berusaha membuat software sendiri..tujuan akhirnya sih mengurangi pembajakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas bisa kasih link IDE Delphi untuk download softwerenya nggak!

      Hapus
  4. Wah, kalau yang beginia saya harus belajar sama Mas Syam.

    BalasHapus
  5. Ass.

    Setuju ... melangkahlah ke arah membuat software sendiri, paling tidak untuk dipakai sendiri.

    Wass.

    BalasHapus
  6. Saya nol besar kalau masalah IT, Syam. Kamu hebat soal IT, otodidak atau belajar dasar-dasarnya dulu?

    BalasHapus
  7. Apalagi saya pak. Membuka website saya aja sering kesusahan kalau lewat pc. Sampai saat sekarang masih dicari penyakitnya apa. Tapi saya akan terus belajar kok.

    BalasHapus
  8. @Ersis EWA:
    Sama-sama Pak, Kita sharing pengetahuan yang mungkin bermanfaat. Bapak sharing tentang "mari menulis" dan saya mencoba sharing tentang "mari bikin software". Kalau disandingkan jadi buku, kayaknya klop dech. he..he..he

    @HE Benyamine:
    Yap, minimal untuk dipakai sendiri. Tapi kalau urang disekitar udah banyak yang tahu, suatu saat job akan datang sendiri.

    @Suhadinet:
    Ah, jangan terlalu memuji dan jagnan terlalu merendah. Tidak mungkin Bang Suhadi nol dalam masalah IT, buktinya sampeyan hebat ngeblog.

    @Anton:
    Yap, mari kita terus belajar...

    BalasHapus
  9. wah, kepingin banget saya memenuhi ajakn simpatik dari pak syam. sudah saatnya kita meninggalkan predikat sbg konsumen, tapi harus selangkah lebih maju menjadi produsen. produsen aoftware jelas memberikan nilai tambah, apalagi dalam dunia pendidikan. mesti banyak belajar sama pak syam nih dalam soal beginian. terima kasih pecerahannya, pak syam.

    BalasHapus
  10. Tutorial Mantap nih....
    but aku skrg lagi tertarik pada mic office access.. kalo yg ini belum tahu Pak. di pelajari dulu ya..? Mana bih rumit ni dgn access..?!

    BalasHapus
  11. motivasinya hebat, pak syams. betul bahwa sudah saatnya kita mengurangi ketergantungan yang tinggi terhadap produk orang lain, dan mulai menciptakan produk sendiri. paling tidak jadi melatih kita untuk lebih kreatif dan cerdas.

    tapi... tapi... kalau saya? hiks... ternyata manusia memang hanya bisa menguasai sedikit hal saja, tak bisa semuanya, unless you are a super human. dan salah satu keterbatasan saya adalah bidang TI ini.

    PS. kenapa posting pak syams tidak disertai tanggal? atau memang server saya saja yang tidak menampilkannya?

    BalasHapus
  12. hidupkan terus programming untuk anak daerah kalimantan selatan , maju terus IT !!!
    salam : suryodesign

    BalasHapus
  13. bikin software server hape ajah
    ntar kan bagus buat perkembangan future technology



    be the best coz Game of mind

    BalasHapus
  14. terimakasih saudara syam ediris atas informasi dan bagi bagi ilmunya, sukses selalu.

    BalasHapus
  15. saya Deni, suka tulisan anda mengenai pembuatan softwere sendiri, saya mau tanya untuk membuat softwere dengan format (SIS), jenis2 aplikasi syimbian. program apa yang harus digunakan.. kirim jwban'y di : edeni77_biz@yahoo.com

    BalasHapus
  16. Syamsu
    Sangat bagus, jadi bisa berkreasi dengan ide sendiri. Saya tertarik belajar membuat software sendiri dgn anda, jawab di liansyam@gmail.com

    BalasHapus
  17. saya mencari orang yang bisa membuat sofware sms center hub 08996161876

    BalasHapus
  18. dangsanak blog pian bagus banar, handak balajar jua nah..

    BalasHapus
  19. Abdul Rahman06/09/09 17.10

    Thanks Bro... saya izin download yaa...

    BalasHapus
  20. Kami memiliki beberapa video pembelajaran, silahkan anda kunjungi situs kami http://elearning.gunadarma.ac.id

    BalasHapus
  21. kk...untuk ngedownload softwarenya dimana yah ?

    BalasHapus
  22. terimakasih banyak atas sarannya....semoga anda menjadi orang sukses buat bangsa,agama,dan diri anda sendiri....terimakasih....wassalam...
    ekapramuka@gmail.com

    BalasHapus
  23. OM SAYA KELAS 2 SMA KIRA2 MENURUT OM OTAK SAYA MAMPU GA?
    MUDAH2AN SAYA BISA MENJADI AHLI KAYA OM..TOLONG DUKUNG DOA DAN SOFTWARE2 YANG BISA MENDUKUNG SAYA YA OM.
    MAKSAI BANYAK

    BalasHapus
  24. wah... saya sangat tertarik & ingin sekali belajar ttg pemograman. Kira-kira kalo orang awam seperti saya bisa belajar dgn otodidak gak ya mas? Mungkin saya membutuhkan panduan step by step yang kira2 bs saya dapatkan dimana ya? salam dari saya.

    BalasHapus
  25. terima kasih atas infonya,anda dapat kunjungi http://arifadtyasbudiman.blogspot.com/
    terima kasih, semoga sukses

    BalasHapus
  26. kalau muridnya punya blog suruh promosiin di www.sekilasinfo.net aja ya :D gratis dan mudah. tinggal daftar lalu submit

    BalasHapus
  27. om minta installer pembuatan software itu donk..
    aku ga tau mau download di mana..

    jawab di : revi_blue@yahoo.com

    BalasHapus
  28. [DM]Ashura29/05/11 17.28

    pake Basic aja, Visual Basic.NET gampang dan enak juga kok ^o^ saya msh klas 2 SMP aja bisa pake VB.NET, soalnya memang mudah ^o^

    BalasHapus
  29. wah hebat mas ini boleh ajarin..
    Agung pascal aku gag ngerti....
    heheheh

    BalasHapus
  30. softwarenya download dmana bozz kirin kesini aja bozz amrikhusaini@gmail.com

    BalasHapus
  31. PUSING JDI SMUA TMN2 W TUKANG MABOK,,,W SENDIRI BELAJAR PROGAM SOFTWARE N HARDWARE

    BalasHapus
  32. RADEN RAPER WIZXNU,,,,,FB

    BalasHapus
  33. gitu ya,.....
    kirai bikin software itu butuh laboratorium sendiri, besar gitu....
    ah... masa bodoh, dasarnya pascal pak ya.... wah musti dipelajari ne, q mw bikin software billing warnet q sendiri, biar beda ama yang lain. harus bisa . . . .!!!! thax alot.

    BalasHapus
  34. pandi, S.T20/07/11 00.47

    mantap y, saya juga guru KKPI untuk SMK perlu sharing juga masalah pengetahuan Programnya. saya hanya bisa menggunakan software yang ada tapi belum bisa buat program sendiri untuk digunakan sendiri..

    BalasHapus
  35. aku sangat senang bila semua orang ingin maju seperti ini.terus gali ilmu sebayak mungkin.

    BalasHapus
  36. Subhanallah, jaman sekarang masih ada aja...hamba Allah yang mau membagi ilmunya dengan gratis, makasih banyak mas

    BalasHapus
  37. mas tolong bantu saya dong membuat makalah tentang software yang belum pernah ada, tolong jawabannya dikirim ke email danysiiamank@yahoo.com

    BalasHapus
  38. ayo kita belajar bersama supaya indonesia juga bisa jadi produsen perangkat lunak!
    tapi kenapa ya yg jago programer pada larinya ke luar negri? apa kecil ya gaji di indonesia?

    BalasHapus
  39. Maaf kalau membuat software audio video player seperti winamp melalui Delphi bisa tidak,soalNya saya ingin sekali membuat software yg bisa dipakai orang banyak...Trims

    BalasHapus
  40. Assalamualaikum wr. wb.
    untuk softwarenya ada tutorialnya gak yah...
    Wassalam....

    BalasHapus
  41. hebat nih pak syam. saya jadi mau mencoba buat aplikasi sendiri. soalnya pekerjaan saya sebagai stap TU ingin mempermudah pengolahan data pegawai dan siswa. Tolong yah pak syam Rekomendasi softwarenya plus tutornya, smoga amal kebaikan bapak jadi membawa berkah.
    kalau bisa please to...(aayakubs@gmail.com)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk adm sekolah bisa pk software yang dibuat kemdiknas yakni PAS-SMA atau software opensource SISFOKOL keduanya sangat bagus tinggal kita aja lagi mengentri datanya, bahkan sampai sms absen atau nilai siswa ke ortu pun bisa

      Hapus
  42. mantap....wah saatnya bljar it nich...

    BalasHapus
  43. Thank's berat brow Bouble Jempolll buat anda...

    BalasHapus
  44. ane mau coba ah,
    sukron,,sip

    BalasHapus
  45. Saya tertarik dengan Lazarus, bagus mana menurut Sdr Syamsuddin Ideris, antara Lazarus dengan NetBeans ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mengentai perbandingan Lazarus, Netbeans atau Delphi aku kurang begitu mengetahui...jadi silakan coba dahulu mana yang cocok menurut selera dan kemampuan kita,, OK

      Hapus
  46. trimakasih atas impormasinya
    saya sudah lama menggeluti komputer tapi tetap saja susah dipercaya untuk kerja karena saya hanya sekolah sampai kelas 6 SD
    mungkin jika saya berhasil membuat software sendiri
    tidak akan terlalu ironis
    insya allah aku coba.
    terima kasih

    BalasHapus
  47. saya ingin sekali belajar pemrograman tp sampai skrang blum pintar2. membaca postingan ini menjadi sumber semangat buat saya untuk ttp belajar pemrograman. terima kasih banyak bang admin.........

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rata-rata tokoh IT belajar otodidak, jadi kalau merasa belum pintar berarti itu tandanya pebelajar yang baik...ayo semangatttt

      Hapus
  48. kalo Copy paste sih bisa,,,,,,
    tapi kalo suruh buat yang lain masih bingung.....

    BalasHapus
  49. mas syam low mw buat aplikasi untuk laporan keuangan gimana saya kerja di bag keuangan pemerintahan pengenya buat aplikasi sendiri sih,,,, biar keren,,,dan membanggakan hehheheh

    BalasHapus
  50. mas infonya keren,mampir ya gan refrensidunia.blogspot.com

    BalasHapus
  51. perlu ada kemamuan yang keras juga ya kan bang.
    aku ingin punya kemauan yang keras untuk belajar program ini.
    amin...
    http://tugaselesai.blogspot.com/

    BalasHapus
  52. Kaina lajari kami pa ai di workshop kah jua

    BalasHapus
  53. Kalo buat software dari ms access database gimana caranya ya?

    BalasHapus
  54. cara pembuatanya software ya bagaimana pak,,,?
    walupun saya scol d TKJ tp saya blm bsa apa",,,saya msh bingung

    BalasHapus
  55. Semua itu tidak singkat dan mebutukan proses yang cukup lama, harus mempunyai keahlian dalam bahasa pemprograman ketahuilah dulu dasar dasar dalam membuat program dan melakukan tahap selanjutnya

    BalasHapus
  56. ganmasih rumit di lg tahap mau jd progamer boleh di bantu gx lwat fb atw no hp

    BalasHapus
  57. saya juga ingin membuat software sendiri untuk produk produk saya...tapi masih awam harus bagaimana....

    BalasHapus
  58. hai.. boleh ajar buat software untuk social network?

    BalasHapus
  59. nice tut mister,
    i really do apreciate it ^_^

    BalasHapus
  60. Sepakat pak.., kita harus bisa bersaing dalam pembuatan software yang berkualitas.

    BalasHapus
  61. salam knl smua aku ni newdelbi'heheheheh

    BalasHapus
  62. kog sirus yf diatas ga bsa buka ya om2

    BalasHapus
  63. koq situs yg di atas ga bsa buka ya

    BalasHapus
  64. download dmna softwarenya bang, sy sngat tertarik untuk membuat software...

    BalasHapus
  65. aku sangat tertarik untuk membuat software sendiri, sayang aku masih belum paham caranya, jd dmn saya bisa dapat tutorialnya untuk belajar buat sendiri ?

    BalasHapus
  66. terimakasih informasinya gan,sangat membantu sekali

    BalasHapus
  67. Gan download aplikasi IDE dimana gan?
    Terima kasih

    BalasHapus
  68. kalau bisa ada videonya pak...saya juga pingin sekali belajar langsung, kalau cuma baca'' aj kurang cepat bisa diserap ilmunya..:D

    BalasHapus
  69. Kalau punya sedikit kemampuan soal bahasa pemrograman pasti bisa membantu nie
    nice share

    BalasHapus
  70. saya cuma pengen buat software yang simple aja kok gan, buat beberapa video tutorial digabungin lalu dijadikan software aplikasi, caranya gimana ya? bisa bantu?

    BalasHapus
  71. tolong yang bisa sedikit banyaknya pengetahuan tentang IT bagi ilmu kepada saya yang masih Newbie..
    karena saya mempunyai sebuah planing untuk membuat sebuah aplikasi
    ini Email saya mungkin anda dapat connecting sama saya

    mymoonnewuser@gmail.com

    trims..

    BalasHapus
  72. kan kalau udah di download trus bagaimana lagi caranya
    tolong penjelasannya >_<

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar anda.