06 Februari 2009

Pemerintahan SBY kembali membuat hati PNS di Indonesia berbunga-bunga. Tanggal 16 Januari 2009 Pemerintah telah mengeluarkan PP Nomor 8 Tahun 2009 tentang kenaikan gaji PNS tahun 2009 yang dapat didownload di sini. Kenaikan gaji pokok PNS tahun 2009 dalam sekitar 15%. Daftar gaji pokok selengkapnya dapat dilihat di sini.

78 komentar:

  1. Makasih infonya pak Syam, aku ikut berbunga-bunga tinggal nunggu theetnya ya. Lam kenal.

    BalasHapus
  2. Hehehehe brrt gaji saya naik juga dunk dari Bapak saya...ckckckckck

    BalasHapus
  3. @WANDI:
    Trims kembali, salam kenal. Yah..tinggal menunggu rapelan nya aja... :)

    @freedomcholyck:
    Yah, gaji naik tapi harga sembako udah duluan naik...

    BalasHapus
  4. pengen punya usaha,,punya deposito,,pns lagi
    hmm, cukup berkecukupan deh
    :D

    BalasHapus
  5. Kalo guru segitu juga apa lebih Pak? :D

    BalasHapus
  6. bagaimana dengan pensiunan Pak???? ikut naik juga dunk?????

    BalasHapus
  7. naik gaji pa penyesuaian gaji bro??
    (*gak ding...nih tangan ngasal2 aja mencet kibod),...
    btw
    HORRRREEEEEE

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah mun kaitu.Tapi,barang sdh larang barataan.

    BalasHapus
  9. kalau gaji untuk dokter pns naik berapa rupiah ?
    sedangkan guru yang S1 saja dapat sertifikasi, sedangkan dokter setara S2 dimana mempunyai ijazah Drs Med / Sarjana Kedokteran (S1) ditambah ijazah dokter (setara S2), untuk mengejar gelar ijazah dokter atau S2 ini memerlukan waktu minimal 2 tahun bagi yang pandai, teman saya ada yang 7 tahun belum juga lulus. kasihan tidak dokter sebab sekarang pendidikannya mahal dengan gaji yang rendah / kurang diperhatikan pemerintah, padahal dalam pelaksanaan kerjanya penuh dengan resiko seperti penyakit menular, dsb.

    BalasHapus
  10. tunjanganny naik jugakan?

    BalasHapus
  11. @anonim:
    Amin.mudahan terkabul semua asanya..

    @amed:
    Belum ada info resmi tentang kenaikan gaji khusus guru. Kayaknya masih dalam proses perhitungan oleh kabinetnya SBY..kita tunggu aja janji gaji guru naik 100%-nya SBY..

    @nia:
    Tentu saja gaji pensiunan ikut naik. Mereka kan telah lebih dahulu berjasa.

    @Nyante Aza Lae:
    HOREEEE..juga..

    @Jamrud Khatulistiwa:
    Yahhh.semua harga naik, semua barang naik..hanya ada satu barang yang turun..(apa itu)

    @Anonim:
    Apa benar profesi dokter kurang menjanjikan dari segi materi? Setahu saya kebanyakan dokter kaya, punya rumah gedong, mobil, dll. Trus apanya yang kurang mas?

    @lis:
    Tunjangan..nah itu masih misteri..tunggu aja kabar selanjutnya..

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah pak syam ya

    BalasHapus
  13. wah, pak syam selalu rutin meng-update info2 terbaru ttg dunia pendidikan, termasuk kesejahteraan guru. terima kasih infonya, pak syam. akan saya print-out, lau saya bawa ke sekolah, hehehe .... btw, yang berdomain sendiri kok malah jarang di-update, kenapa, pak?

    BalasHapus
  14. @zulmasri:
    Mari kita berdoa moga cepat dicairkan rapelnya ya...

    @sawali tuhusetya:
    Senang juga kalau info yang saya sharing berguna dan dinanti banyak orang, itulah bahagianya sharing di blog.
    Mengenai blog di www.syamsuddin.net lagi merancang arah penulisan. Yah, mungkin karena kebanyakan mikir jadi lambat updatenya. Rencananya sih mau diisi dengan tulisan agak sedikit ilmiah tentang pendidikan khsusunya evaluasi dan psikometri.
    Mungkin jadi semacam kumpulan bahan psikometri/pengukuran. Siapa tahu nanti bisa melanjutkan kuliah S2 bidang psikometri. he..he..he..

    BalasHapus
  15. Salam kenal pak...
    Makasih infonya. Entar tak bw ke sekolah, temen-temen pasti seneng, sudah bisa hitung-hitung (he...he). Semoga teman-teman PNS (terutama guru) tidak sekedar nunggu gajianya doang, tapi juga diimbangi peningkatan kinerja dan kepedulian pada anak-anak bangsa ya...Kasihan banget soalnya, bangsa ini sudah semakin terpuruk.......Apalagi yang sudah sertifikasi.

    BalasHapus
  16. O ya, ternyata guru Matematika juga ya... Wah berarti sama dong. Bisa sekalian minta ijin link blognya ya pak... Biar saya bisa belajar banyak dari Bapak, maklum saya blogger yang baru lahir.
    Makasih.

    BalasHapus
  17. @Mulyati:
    Salam kenal balik dan trims atas kunjungannya. Semoga sebagai sesama guru matematik dapat berbagi ilmu dan pengalaman lewat blog.

    BalasHapus
  18. Semoga bisa langsung dinikmati oleh CPNS yang baru. wkakakak

    BalasHapus
  19. Alhamdulillah mun bujur naik...kawa jua nah menabung gasan nukar kompi jinjing..hehehe...izin posting ulang diblog ulun pa'ae nah....

    BalasHapus
  20. Alhamdulillah deh Pak Guru, but kapan ya direalisasikan.. cos kemarin masih trima gaji menurut PP Nomor 10 Tahun 2008.. Oh iya, info ini aku link ya buat artkelku di BKD.. tengkyu sebelumnya

    BalasHapus
  21. @Shaleh:
    Tentu CPNS akan menerima gaji sesuai PP baru. Nanti traktir ya Leh... di KFC selajur kopdar he..he..he..

    @budimeeong:
    Bujuran naik, tapi menunggu rapelannya ja lagi...ayuja moga cepat menukar laptop (jangan kalah wan tukul dan si Unyil aja pakai laptop)

    @IFOEL:
    tengkyu juga..silakan di copy paste, di link atau disebarkan informasi berbunga-bunga ini..he..he..hee

    BalasHapus
  22. thanks infonya, tapi rasa-rasanya dulu gembar-gembor pemerintah kenaikan gaji pns guru lebih besar dari angka 15% itu ya..

    BalasHapus
  23. wuih ... berita bagus neh ...
    sAyang saya bLum jd PNS ... wkwkk ...

    BalasHapus
  24. @suhadinet:
    Ambil hikmahnya aja dech Pak, Positif thinking. Lumayan juga naik 15% dari pada tidak sama sekali.. Hiks, tapi inflasi udah lebih dari segitu..

    @Rizal:
    Yah, Zal, moga cepat jadi PNS aja..

    BalasHapus
  25. bersyukurlah bagi guru guru...untung jua naik coba kalo turun pasti demo

    BalasHapus
  26. salam, pak syams.
    sudah lama ulun kada berkunjung ke mari.
    sekalinya datang, malah ada suguhan tulisan yang paling didemenin, kenaikan gaji. hehe!
    tapi ironisnya, kenaikan harga meroket lebih tajam dibandingkan kenaikan gaji. biasanya gitu, sih. mudah-mudahan saja kali ini tidak.

    BalasHapus
  27. akhi

    pak TNI Polri udah punya belum, kalo ada mohon linknya ya trims

    BalasHapus
  28. Alhamdulillah, akhirnya gaji para abdi negara naik juga. Semoga dengan naiknya gaji bisa meningkatkan kesejahteraan para abdi negara ini. Dan paling tidak tentunya bisa mengurangi angka korupsi di kalangan abdi negara.

    BalasHapus
  29. Jangan berkecil hati pak guru , meskipunterpencil ternyata dapat saya jangkau kalau kita semua mau memanfaatkan teknologi dengan baik dan untuk kebaikan.
    mudah-mudahan info yang ditampilkan datang dari sumber yang bena.

    BalasHapus
  30. @baburinix:
    Pian tasaah menilai guru, kami selalu sabar menerima dan jarang sekali demo.

    @marshmallow:
    Bisa juga ya sampeyan bahasa Banjar hehe, yah memang inflasi selalu lebih hebat dari kenaikan gaji k.

    @Anonim:
    Untuk TNI/Polri belum ketemu pp nya

    @Iip Albanjary:
    yeah....keren coy

    @Anonim:
    Amieeeennnnn.....

    @Limanov:
    Saya tak pernah berkecil hati tugas di daerah terpenci, malah bangga dan betah di Bajayau. Info kenaikan gaji ini saya ambil dari Departemen Keuangan (lihat url link-nya), dah naskahnya udah resmi dalam bentuk PP dan sudah ditandatangani SBY.

    BalasHapus
  31. Kalau gaji naik 15% hutang PNS naik 25%, ini berarti lebih menguntungkan Bank peminjam, apalagi saat ini Pegawai Negri adalah Mitra Usaha BRI. Jadi dalam hal ini BRI akan lebih senang kalau gaji PNS akan dinaikkan.......
    Saya juga berharap-harap kapan rapelannya datang biar cepat untuk bayar hutang karena setelah gajian habis buat tutup lubang alias bayar hutang.....
    Terima kasih Bpk SBY.

    BalasHapus
  32. wah senang donk gaji naik kerjaan jalan jalan dipasar doank sementara kaum buruh merana.alangkah baiknya gaji ditinggikan kerjaan di tinggkatkan pensiun ditiadakan alias bt itu baru setuju ok

    BalasHapus
  33. berbahagialah engkau pns biarpun nanti kamu sudah tidak kerja tapi masih dapat gaji/pensiun yang naik dan naik itu harapn kita kan.

    BalasHapus
  34. @Anonim:
    Yup, hampir jarang sekali PNS yang tidak ada kreditan. Entah itu kreditan rumah, motor, kulkas dll. Maklum gaji pas-pasan. Yang penting pandai ngerem nafsu kredit aja supaya jangan GLTL (gali lobang tutup lobang).

    @Ersis Warmansyah Abbas:
    Amien..

    @Anonim:
    Mudah-mudahan tidak ada lagi orang yang menganggap semua PNS kerjanya hanya keluyuran di Pasar doank. Masih lebih banyak PNS yang baik dari pada segelintir yang tidak baik.
    Mengenai nasib kaum buruh, memang perlu perjuangan agar upahnya dinaikkan. Tapi harus sepadan juga dengan skill dan kemampuan serta kinerja buruh. Mungkin tingkat pendidikan perlu diperhatikan dan jangan iri dengan gaji orang lain yang lebih tinggi karena ia juga mahal-mahal sekolah di perguruan tinggi.

    @Anonim:
    Yah, PNS patut bersyukur dapat pensiunan. Kalau buruh mau dapat pensiunan juga, berjuang dong, kalau perlu seluruh buruh Indonesia mogok atau berdemo ke majikan masing-masing agar dapat pensiun.

    BalasHapus
  35. nyaman banar walae didangar gaji pacangan naik klo bubuhan kita bisa jadi sugih hehe....
    salam kenal jua walae dari barikin, moga maju terus..

    BalasHapus
  36. Alhamdulillah, akhirnya ada juga kepastian gaji pns naik. Makasih pak Syam atas infonya, walaupun belum keterima tapi infonya sudah membuat saya gembira. Semoga dengan naiknya gaji ini dapat membantu perekonomian pns di Indonesia yang kita cintai ini, serta memacu kinerja pns dalam menjalankan tugasnya. Amin...
    Minta izin buat ngambil info ini ya pak Syam, buat link di tulisan saya.... Makasih pak Syam dan salam kenal dari saya.

    BalasHapus
  37. Tolong pak, saya ingin tahu daftar gaji dan tunjangan guru 2009. Kok katanya gaji guru minimal 2 juta, itung-itungannya bagaimana ?

    BalasHapus
  38. Salam kenal ya...by princezt.wordpress.com

    BalasHapus
  39. @ariefbanua:
    Amin, mudahan bujuran naik nyaman jua behinak sebulan-sebulan.

    @irakhdiana:
    Alhamdulillah kalau info ini banyak dicari dan diperlukan kawan-kawan semua. Moga kinerja PNS meningkat seiring kenaikan gaji di atas. Salam kenal balik moga kunjungan ini jadi perekat persahabatan antar blogger.

    @Anonim:
    Ya benar sekali, janji SBY gaji guru golongan terendah minimal 2 juta dan gaji guru akan dinaikkan 100%. Bahkan saya ada salinan pidato tersebut dan memang benar dikatakan demikian.
    Mungkin hitung-hitungannya begini:

    Kenaikan gaji pokok PNS 15% seperti dalam pp no 8 tahun 2009 di atas.
    ditambah kenaikan tunjangan fungsional guru yang berkisar dari 200-300ribuan anggap saja menjadi 500 ribu.

    Kalau ditotal untuk guru golongan terendah (IIA) dengan masa kerja 0 tahun:

    - Gaji pokok : 1.320.000,-
    - Tunjangan Fungsional: 500.000,-
    - Tunjangan dll : 180.000,-
    =====================================
    Total : 2.000.000,-

    Jadi kayaknya maksud gaji naik 100% itu adalah kenaikan tunjangan fungsional guru, bukannya kenaikan 100% dari keseluruhan gaji.

    BalasHapus
  40. hehehe...mohon maaf jika tasalah...
    sukur banar jaka guru-guru dilain kaya bubuhan pian
    untuk trouble monitor coba kunjungi http://zicelectronic.tk/

    BalasHapus
  41. daftar gajih ulun pina kadada ih....

    BalasHapus
  42. nyamannya pank naek terus, jadi PNS aahhhhhhh

    BalasHapus
  43. @baburinix:
    He eh..mudahan semau guru kada gaptek lagi...

    @tambal BAN:
    waduh, sampeyan tu kd usah mencarii daftar gaji kaya PNS. Mun ditotal bisa-bisa penghasilan dari tambal ban tu 3 sampai 5 kali lipat gaji PNS..ya kalo julak?

    @soulharmony:
    Ayooo...mari semua jadi PNS...????@@##$$$ trus siapa yang jadi masyarakatnya untuk dilayani dong :)

    BalasHapus
  44. Kalo saya dulu ikut jadi pns....
    Selamat buat pns.

    BalasHapus
  45. ana bangga dengan kawan syam impo anda tentang pp no 8 membuat kita bangga lumayan 300 ribuan naik ditambah sertifikasi kawa pulang kuliah

    BalasHapus
  46. Laskar Cinta16/02/09 11.30

    Alhamdulillah klo begitu, berarti pas saya udah masuk gaji langsung naik n Insya Allah taun depan bisa di upgrade ke Gol 3b.. Alhamdulillah ya Allah..

    BalasHapus
  47. akhirnya ketemu juga daftar gaji yang dah lama tak cari, makacih pak infonya. saya juga berharap presiden punya keberanian seperti presiden gus Dur.trims

    BalasHapus
  48. Alhamdulillah

    BalasHapus
  49. enak benar ya jadi PNS, terutama guru ada tunjangan kalau lulus sertifikasi, kami kaum buruh juga punya jasa membangun negeri ini semakin terpinggirkan , negeri ini bukan hanya milik PNS dan kaum guru, perhatiin dong nasib buruh ini

    BalasHapus
  50. @Alris:
    Ah, kalau bisa jangan jadi PNS (rendahan), gajinya kecil dan pas-pasan. Pas nerima gaji-pas bayar kreditan-pas habis uangnya. Menurut perhitungan gaji PNS (rendahan) hanya cukup untuk makan 2 minggu saja.

    @AMINSYAH, S.PD:
    Moga cepat cair ya, Pak Amin. Dan saya doakan moga Pak Aminsyah bisa segera kuliah S2 atau S3. Amin.

    @Laskar Cinta:
    Yups, moga cepat naik gol-nya Pak.

    @nafata:
    Lumayan juga pemerintah kali ini.

    @aan:
    Alhamdulillah juga.

    @Anonim:
    Memang, bagi manusia yang tak pandai bersyukur, pelangi selalu tampak di atas kepala orang lain tak pernah di kepala sendiri. Rumput tetangga selalu terlihat lebih hijau walaupun rumput sendiri lebih hijau lagi.

    Masalah gaji PNS/Guru besar, relatif menurut pemikiran tiap orang. Bagi guru gaji nya dinilai pas-pasan. Tak heran hampir 100% guru terlilit kredit, baik itu kredit motor, rumah, dll. Maklum gaji yang ada hanya cukup untuk makan jadi kalau mau beli sesuatu harus kredit.

    Contoh lagi tahun 2008, teman-teman saya setelah lulus SMA tidak ada yang mau atau bercita-cita jadi guru. Alasannya gaji guru saat itu sekitar 600ribuan sedangkan gaji buruh plywood udah 900ribuan. Apakah ada guru yang protes atau merasa iri dengan gaji buruh saat itu. Tidak, karena setiap orang menerima penghasilan sesuai dengan kapasitas dan intelektualitas masing-masing. Demikian pula gaji dokter yang lebih tinggi dari gaji guru karena pendidikan, keilmuan dan profesionalitas Dokter memang lebih baik daripada guru. Trus, guru nggak ada yang protes kenapa gaji dokter kok lebih tinggi, memang karena para guru tahu diri dan telah mengukur intelektulitas, keilmuwan, dan profesionalismenya.

    Mengenai gaji buruh yang menurut anda lebih kecil daripada guru dan PNS, jangan salahkan guru dong. Karena yang menentukan gaji guru itu pemerintah dan DPR. Sedangkan yang menentukan gaji karyawan/buruh adalah tripartid:pemerintah, pengusaha dan buruh. Jadi silakan perjuangkan agar UMR anda ditinggikan kami para guru dan PNS mendukung saja dan nggak ada melarang.

    Makanya kalau PEMILU pilih wakil rakyat yang dapat memperjuangkan harkat kehidupan anda. Alhamdulillah kami para PNS dan Guru telah memilih Presiden dan anggota legistlatif yang memperjuangkan kenaikan gaji dan anggaran pendidikan 20%. Nah, teman-teman sekalian para buruh tentu lebih tahu mana caleg dan capres yang pro buruh. Jangan memilih karena diiming-iming uang nanti anda sendiri yang rugi.

    Kemudian mengenai kenaikan gaji 15% itu wajar saja. Perlu diketahui tingkat inflasi tahun 2008 sekitar 13-16%. Artinya harga barang telah naik duluan. Jadi kalau gaji PNS naik 15% sebenarnya nggak naik alias dibelikan barang yang sama dengan tahun lalu jumlahnya tetap aja.

    Berkenaan tunjangan sertifikasi guru sebesar 100% gaji pokok, hal itu merupakan amanat Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan dan kinerja guru. Kalau kinerja guru meningkat tentu pendidikan bangsa ini akan meningkat. Kalau pendidikan bangsa meningkat tentu bargaining atau posisi tawar buruh yang berpendidikan akan lebih kuat. Jika sudah demikian tentu pengusaha nggak bakalan berani memberikan gaji yang sembarangan.

    Jadi kunci pokok agar kehidupan buruh terangkat dan gaji buruh bisa membaik adalah posisi tawar buruh itu sendiri. Jika posisi tawar tinggi tentu UMR juga bisa tinggi. Nah, saya mengajak semua kawan-kawan buruh agar dapat meningkatkan kompetensi dan keahliannya agar lebih dihargai majikan.

    BalasHapus
  51. ckckck....

    Makin bersemangat saja saya ingin jadi Pns,makasih Infonya...

    sekarang saatnya belajar bujur bujur :)

    BalasHapus
  52. Naik pulang gaji PNS, Tapi yang pasti harga sembako umpat naik jua... Kaya nak sejahtera... Iya kalo pak???

    BalasHapus
  53. wulak walik'e jaman, mungkin semua orang skr pingin jadi guru, tapi coba inget beberapa puluh tahun yang lalu, profesi mereka seolah dipandang sebelah mata.
    HIDUP GURU !!!

    BalasHapus
  54. ya...ya...yang naik gaji mohon disukuri, yg belum ikhtiar saja. Namun setelah naik gaji, kerjanya juga semangad lagi ye....Ntar malah mlempem?!

    (melas, krn gw golongan yg bukan PNS) wekekeke

    BalasHapus
  55. Asyik gajiku akhirnya naik juga ya hee.hee

    BalasHapus
  56. Salam kenal pak.., salut buat perjuangan pak syams untuk selalu menyebarkan informasi tentang dunia pendidikan, termasuk informasi kenaikan gaji pns ini..

    Punya info terbaru ngga, kira2 kapan pp no.8 2009 direalisasikan..?

    BalasHapus
  57. ya tapi kapan dibayarkan

    BalasHapus
  58. makasih infonya
    mudah-mudahan uangnya cepat cair
    soale istriku biar senang

    BalasHapus
  59. asiiiiik gaji naik lagi
    hiduuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuup SBY
    bersama kita BIIIIISAAAAAA

    BalasHapus
  60. yang di pemda apa udah naik 2 maret ini

    BalasHapus
  61. uhuiii... gaji guru naik, semoga tidak diikuti harga bahan pokok. untuk selanjutnya... mudah-mudahan gaji naik 50% keatas biar makmur para guru dan lebih semangat lagi mencerdaskan anak bangsa. trim's pak.

    BalasHapus
  62. wuih blog yang bagus sekali. Jarang saya lihat seorang guru punya blog sebagus ini dari daerah terpencil lagi. Selamat berjuang pak guru.

    blog saya tentang kesehatan....Saya berminat untuk tukar link ( http://infosehatbugar.blogspot.com )Mungkin pak guru bersedia tukar link.......? saya tunggu kedatangannya di blog saya...

    BalasHapus
  63. siip lah, coba nggak ada hutang pasti lebih siip. bagi yang belum ngutang jangan ngutangggggg!!!!!

    BalasHapus
  64. syafrudin. Kalumata16/03/09 12.44

    salut buat pak syam guru matematika yang juga menguasai TI, sangatlah sempurna jika dimuat juga tulisan yang kaitannya dengan matematika.misal pembelajaran matematika berbasis TI.thanks

    BalasHapus
  65. Terimakasih atas infonya, kata mendiknas bagi para guru agar rafelnya usahakan untuk membeli laptop. mudah-mudahan kesampaian

    BalasHapus
  66. Assalamualaikum,saudaraku semuanya aku punya utang Rp.300 jt.ke rentener dan ke BANK buat biaya operasi ibu saya, walau akhirnya ibu saya meninggal, rencana rumah akan di sita, satu-satunya peninggalan ibu saya, tolong yaa ALLAH gerakan hati para dermawan utk membantuku ke BNI no.rek.0146383316 .berapapun bantuannya 50rb atau 100rb sangat berarti bagi saya, terima kasih semoga amal kebaikannya di balas berlipat ganda oleh ALLAH SWT.amiin.

    BalasHapus
  67. alhamdulillah, berarti sebentar lagi kan tgl 16 april. jadi bisa diterima kapan ya...ga pake nunggu berbulan-bulan kan..mudah2an...lacar. amiin. salam kenal nih dengan pak guru..

    BalasHapus
  68. mas syams moga2 mendapat imbalan yang setimpal atas infonya...makaseh!!!!

    BalasHapus
  69. MAS kbar SERTIFIKASI GURU UNTUK JATIM ITU APN YA ?

    BalasHapus
  70. Alhamdulillah, terimakasih atas infonya. Nih ulun lg mencari-cari daftar gj pns gasan arsip baulah gaji berkala. tentang gaji pokok dan perbedaan lama pengabdian dengan gaji, pas tdpt situs sampeyan. Ulun mulai nagar sudah sampai ka jawa, keseluruh Indonesia mencari, kdd nang pas wan maksud, ehh sakalinya nang dicari ada di kandangan.
    Salam. Urang nagara nang badiam di Martapura.

    BalasHapus
  71. pak kalo proses penerimaan cpns gmn seh???
    soalnya kabar terakhir berkas baru sampai di menpan
    trus abis itu kemana?
    kira2 nunggu brapa lama sampai sk nya keluar
    thanks

    BalasHapus
  72. AWAS!!! NUANSA POLITIK GAJI KE-13





    Pemerintah menyediakan anggaran Rp.143,8 triliun untuk gaji pegawai tahun 2009. Termasuk gaji ke-13 yang pencairannya akan dilaksanakan pekan ini. Seluruh Pegawai Negari Sipil, TNI, Polri, pensiunan, tenaga honorer dan 14 pejabat lain termasuk Presiden, wakil presiden beserta menteri-menteri akan menikmati gaji tersebut.


    Namun, ada nuansa berbeda dengan pencairan gaji ke-13 kali ini, yaitu saat mendekati pemilihan presiden dan wakil presiden. Benarkah ini bermuatan politis???


    Bagai udang dibalik batu, begitulah motif pemberian gaji ke-13. Sebagai bentuk upaya mensejahterahkan abdi negara, meringankan beban kebutuhan, selain itu, motif politik begitu kental mewarnai pencairan gaji tersebut. Surat edaran Dirjen Perbendaharaan Negara, yang menyatakan bahwa pembayaran gaji ke-13 dilakukan pada bulan juni dan paling lambat juli 2009, mendekati masa pilpres. Pernyataan itulah yang mengundang reaksi bahwa ada makna politis di balik pencairan gaji ke-13 tahun ini.


    Tidak bisa dielakkan lagi, pencairan gaji ke-13 akan mempengaruhi opini publik. Bisa jadi sebagian masyarakat menelan mentah-mentah kebijakan itu, sehingga mempengaruhi keputusan politiknya saat pilpres 9 juli nanti. 3,7 juta Pegawai Negeri Sipil se-Indonesia, belum lagi ditambah jumlah keluarga, anak-istri-suami dan lainnya kalau dirasionalkan dalam satu suara, akan menghasilkan keputusan yang signifikan.


    Dengan demikian, prosesi pilpres yang bersih dan transparan hanya tinggal impian. Kebijakan politik ini jelas hanya menguntungkan calon incumbent.

    BalasHapus
  73. gimana kalau kita ngusulin semua pengangguran diangkat jadi pns semua, kan kesejahteraan masyarakat jadi terjamin gak ada lagi kesan politik dalam menggaji pegawai negeri.
    harusnya gak cuman guru atau pegawai negeri aja yang dinaikkan terus tapi juga kesejahteraan buruh pabrik para petani dsb, harusnya pemerintah tanggap terhadap hal itu, buruh pabrik aja gajinya cuman 700 ribu kalo pegawai negeri minimal 2 juta apa kata dunia!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  74. Kenaikan gaji PNS cuma 5% (lima persen) saja, pak. Belum sampai 15%.

    BalasHapus
  75. Bapa...ulun semalam ada masang'akn warnet kecamatan di bajayau,brtmpt di SMPN 1. Moga dengan ada ya warnet disitu siswa or anak2 di situ bisa belajar dunia luar. Maju terus pendidikan HSS...
    By.eham

    BalasHapus
  76. naik terus nih gajinya para PNS

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar anda.