28 Januari 2009

Aktivitas saya menulis di blog saat ini agak terganggu. Ada permasalahan cukup pelik ibarat buah simalakama. Aku bimbang menentukan pilihan diantara dua. Apalagi kedua-duanya aku sayangi. Yang pertama udah kukenal lebih dari setahun tapi bukan milikku sepenuhnya. Sedangkan yang kedua baru kukenal sekitar 2 bulan tapi udah jadi milikku sepenuhnya.

Akibat memikirkan ini, pikiran tidak dapat fokus menulis di blog. Pembaca jangan terburu-buru mengasosiasikan pilihan tersebut dengan memilih seorang wanita untuk dijadikan kekasih. Sebenarnya pilihan tersebut adalah menentukan blog mana yang akan terus kukelola. Pertama blog di http://syamsuddin-ideris.blogspot.com dan yang kedua blog di http://syamsuddin.net.

Blog saya yang di blogger.com saya buat bulan november 2006. Saat ini jumlah kunjungan udah 71 ribu lebih. Rata-rata kunjungan perhari 200-300an. Tingkat popularitas di mata mbah Google udah mencapai pagerank 3. Banyak teman yang udah tahu alamat ini walaupun sebagian mengeluh nama domainnya kepanjangan. Selain itu pencarian di google dengan kata kunci yang berhubungan denganku hasilnya sangat baik lewat blog ini.

Misalnya dengan kata kunci "syamsuddin" maka blog FBWIT di blogger.com ini menduduki peringkat 2 dari 801,000. Mengalahkan tokoh nasional Din Syamsuddin yang berada di peringkat 3. Apalagi kalau kata kunci lebih spesifik, misal "syamsuddin guru" atau "syamsuddin matematika" maka hasilnya di peringkat pertama.

Sedangkan blog baru saya di www.syamsuddin.net jumlah kunjungan baru 1400an. Sedangkan hit perhari hanya sekitar 10-30 orang. Walaupun blog ini isinya saya import dari blog di blogger.com. Blog ini saya hosting di rumahweb.com dengan menginstall wordpress versi terbaru. Karena udah terbiasa dengan blogspot maka migrasi ke wordpress ini tetap saja harus belajar ulang.

Setelah memikirkan beberapa waktu dan mempertimbangkan untung ruginya. Akhirnya saya memiliki 3 alternatif penyelesaian dilema ini.

  1. Menggunakan blog lama di http://syamsuddin-ideris.blogspot.com sedangkan blog baru di http://syamsuddin.net tidak saya teruskan.

  2. Menggunakan blog baru di http://syamsuddin.net sedangkan blog lama di http://syamsuddin.net saya museumkan.

  3. Tetap mengelola kedua blog tapi dengan topik penulisan yang berbeda. Blog lama isinya macam-macam tulisan ringan, informatif, hangat yang ditujukan untuk semua kalangan blogger. Sedangkan blog baru konsentrasi pada tulisan-tulisan lebih serius tentang dunia pendidikan yang tidak semua blogger menyukai dan bisa memahaminya.
Untuk ini saya mohon para pembaca sekalian dan kawan-kawan blogger agar dapat memberikan saran pilihan nomor berapa yang harus saya ambil. Kalau bisa sih dengan alasan dan keuntungan plus kerugian pilihan yang diambil.

Terima kasih....

17 komentar:

  1. saya pilih no.3 Pak ..

    cuman memang harus telaten, kalau ga .. bisa terbengkalai .. sukses ya Pak ..

    BalasHapus
  2. ternyata problem kita sama. Semoga pak Syam menemukan cara penyelesaian yang terbaik...

    BalasHapus
  3. redirect saja pak, domainnya syamsudin.net tapi masuknya ke blogspot ini.,,

    BalasHapus
  4. ulun plh yg 1 aja,
    yg dulu pnuh kngn mskipun bkn spenuhnya bpk miliki

    BalasHapus
  5. saya sarankan yang terakhir aja pak..heuheuehe

    BalasHapus
  6. kalau memungkinkan alternatif ketiga itu memang pilihan yang bagus dan mantab, pak. tapi ibarat orang berpoligami, memang tidak mudah utk bisa berbuat adil. kalau memang tdk memungkinkan, pilihan ngeblog utk engine yang berdomain sendiri lebih mantab, pak. soal jumlah pengunjung ndak usa dikhawatirkan, pak. pengalaman saya waktu mau pindah domain juga begitu. niatkan yang mantab utk mengelola domain barunya. asalkan rajin mosting dan blogwalking, domain baru pasti akan lebih bersinar, pak. tapi, semua keputusan berada di tangan pak syam. salam kreatif!

    BalasHapus
  7. saya juga bingung pak..
    krn jg punya dua blog skrg.. wlpn isi yg baru sama dgn yg lama, tp popularitas blog lama di google dgn keyword tertentu jauh lebih baik..

    saya menunggu komen tmn2 disini jg ah.. :D

    BalasHapus
  8. klo anda pilih nomor 3, anda termasuk Pengusaha atawa pekerja?...wkwkwkwk

    BalasHapus
  9. golput....heeee (haram tuh)

    3....kedua2nya enak om... :D

    BalasHapus
  10. salam pak guru...saya memberi masukan no 3 yg bapak pilih. semuanya penting untuk menjalin relasi. tapi temanya dibedakan atau tekanannya dibedakan. semoga ini membesarkan bpk. inspiratif pengalaman bapak..sukses

    BalasHapus
  11. Sepenuhnya diserahkan pada Sampeyan ... saya tinggal menikmati aja. Salam.

    BalasHapus
  12. Walau dengan sedikit ribet saya suka blog Pak Syams yang di blogspot ini.

    BalasHapus
  13. MOHON MAAF sebelumnya, ..

    cuman sekedar berbagi info mengenai CARA BARU ISI ULANG PULSA HP ANDA DAN KELUARGA

    LEBIH PRAKTIS ( tidak perlu repot2 lagi datang ke counter pulsa)
    LEBIH MURAH ( bila dibandingkan dengan harga jual pulsa di counter)
    GRATIS PULSA Rp.25.000.- SETIAP HARI

    info lengkap ada di HTTP://WWW.PRIMAMITRA.BLOGSPOT.COM

    BalasHapus
  14. saya pernah punya 2 blog. satu gak keurus, akhirnya. kalau kamu mungkin bisa pilih alternatif 3. cuma ya itu tadi, perlu waktu ekstra (2 x lipat). domain .net itu biar bagaiman juga menyewa syam. soalnya kan berbayar per tahun. justru yang gretong itu milik kita, he.he..

    BalasHapus
  15. nomor 3 mungkin mantap. tapi kalau mau serius, ada baiknya menetap di rumah sendiri, gak numpang lagi. gimana?

    BalasHapus
  16. Pak, terserah bapak milih yang mana.
    Tapi usul sya, blog ini harus tetap ada.
    okey, pak....

    BalasHapus
  17. mungkin no 3, supaya blog ini tetap ada berguna ifomasi IT dan yag lainya..
    sedang yg baru pokus ke bidang pendidikan..
    yang penitng dua2nya bermanfaat pak..

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar anda.