09 Desember 2008

Mari Membuat Software Sendiri?

Membuat software komputer sendiri? Tentunya bayangan anda adalah pekerjaan seorang programmer yang ahli, pintar, berkacamata. Dia mengurung diri di laboratorium komputer, ditemani buku-buku panduan pemrograman yang tebal dan berdebu. Lalu kita membayangkan ribuan baris kode program yang ruwet, ribet dan sulit dipahami.

Stop! Anda salah. Sekarang sudah banyak tool atau alat pemrograman yang sangat memudahkan proses pembuatan software. Tool ini biasanya dalam bentuk IDE (Integrated Development Environment). Melalui IDE kita dapat menulis kode program, merancang interface, mengkompilasi, dan membuat file executable dari software yang kita buat.

Gambar: Project Aplikasi Sensus Ekonomi HSS 2008 Dibuat menggunakan Delphi 7

Software IDE yang sangat populer dan sering saya gunakan dalam membuat software adalah Borland Delphi. Semua proses desain interface software sangat mudah dibuat di Delphi. Kita tinggal klik dan tempatkan komponen seperti tombol, textbox, label dan lainnya di tempat yang kita inginkan. Ingin belajar Delphi dari dasar, silakan download di sini.

Urutan membuat software atau programming menggunakan IDE Delphi adalah:
  1. Merancang interface
  2. Menulis kode program
  3. Mengkompilasi kode program untuk mencek kesalahan
  4. Me - build kode program menjadi file executable (.exe) yang siap pakai.
Syarat utama belajar Delphi adalah memahami bahasa Pascal. Pascal merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer tingkat tinggi. Dengan pascal sebagai bahasa, kita dapat berkomunikasi dengan komputer dan menyuruhnya melakukan berbagai instruksi yang kita buat. Untuk belajar bahasa Pascal silakan downlod di sini.

Mari kita belajar membuat program aplikasi komputer sendiri. Jika sudah mahir tentunya anda dapat membuat software yang bisa di jual atau ikut jadi programmer freelance. Menurut para pakar IT, treen perusahaan-perusahaan besar ke depannya adalah meng-outsourcing-kan berbagai project mereka.

Lihat saja, India. Negerinya Shah Rukh Khan ini telah mendulang devisa yang sangat besar dari proyek outsourcing. Konon kabarnya, raksasa software dunia, Microsoft Corp menyerahkan bagian-bagian project software yang sulit untuk dikerjakan oleh para programmer India.

Stop jadi konsumen, mari kita jadi produsen.
NB: Programming adalah pekerjaan murah meriah, cukup bermodalkan seperangkat komputer, trus sambil tiduran makan kacang goreng plus dengar MP3 kita bisa menghasilkan uang.

174 komentar:

  1. Membuat software sendiri, siapa takut...
    Orang bikin virus itu juga berupa software kok. yang jadi masalah itu adalah, siapa yang memerlukan jasa kita, dan apa program yang kita gunakan untuk membuat software tersebut udah legal ato belum???
    Sepertinya hal ini juga cukup menjadi masalah, karena banyaknya program pembuat software itu lisensinya mahal, sehingga kita keenakan membajak saja.

    BalasHapus
  2. Sip...kalau udah ada yang mendukung

    Memang membuat software komersial harus ada yang memerlukan. Tapi bisa juga kan kita buat software bermanfaat trus kita jual lewat blog atau iklan gratis...

    Kalau mau dapat job atau outsourcing kayaknya kita harus pandai-pandai membuat personal branding di offline atau online.

    Masalah harga? Memang IDE Delphi cukup mahal..tapi karya kita kan bentuknya kode program. Dan, yang setara dengan Delphi sudah ada yang gratisan di Linux namanya Lazarus...itu sih urusan beda flatform aja.

    Yang penting kita kreatif dan berusaha membuat software sendiri..tujuan akhirnya sih mengurangi pembajakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Syam,
      Apakah anda menerima pembuatan software ?
      Kalau iya, gimana caranya kontak anda ?

      Hapus
    2. Pak saya ingin belajar cara membuat aplikasi, mohon bimbingan nya dong...
      tpi saya tidak pernah belajar bahasa pemrograman apapun

      Hapus
  3. Sip...kalau udah ada yang mendukung

    Memang membuat software komersial harus ada yang memerlukan. Tapi bisa juga kan kita buat software bermanfaat trus kita jual lewat blog atau iklan gratis...

    Kalau mau dapat job atau outsourcing kayaknya kita harus pandai-pandai membuat personal branding di offline atau online.

    Masalah harga? Memang IDE Delphi cukup mahal..tapi karya kita kan bentuknya kode program. Dan, yang setara dengan Delphi sudah ada yang gratisan di Linux namanya Lazarus...itu sih urusan beda flatform aja.

    Yang penting kita kreatif dan berusaha membuat software sendiri..tujuan akhirnya sih mengurangi pembajakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas bisa kasih link IDE Delphi untuk download softwerenya nggak!

      Hapus
  4. Wah, kalau yang beginia saya harus belajar sama Mas Syam.

    BalasHapus
  5. Ass.

    Setuju ... melangkahlah ke arah membuat software sendiri, paling tidak untuk dipakai sendiri.

    Wass.

    BalasHapus
  6. Saya nol besar kalau masalah IT, Syam. Kamu hebat soal IT, otodidak atau belajar dasar-dasarnya dulu?

    BalasHapus
  7. Apalagi saya pak. Membuka website saya aja sering kesusahan kalau lewat pc. Sampai saat sekarang masih dicari penyakitnya apa. Tapi saya akan terus belajar kok.

    BalasHapus
  8. @Ersis EWA:
    Sama-sama Pak, Kita sharing pengetahuan yang mungkin bermanfaat. Bapak sharing tentang "mari menulis" dan saya mencoba sharing tentang "mari bikin software". Kalau disandingkan jadi buku, kayaknya klop dech. he..he..he

    @HE Benyamine:
    Yap, minimal untuk dipakai sendiri. Tapi kalau urang disekitar udah banyak yang tahu, suatu saat job akan datang sendiri.

    @Suhadinet:
    Ah, jangan terlalu memuji dan jagnan terlalu merendah. Tidak mungkin Bang Suhadi nol dalam masalah IT, buktinya sampeyan hebat ngeblog.

    @Anton:
    Yap, mari kita terus belajar...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak. Disini itu ada club atau komunitas disocmed sendiri ga sih buat org yg mau buat software? Aku mau tau caranyaa -__- aku masih pemula

      Hapus
    2. Banyak
      Oia kalo gue si demen sama vb net or c++
      Lebih mudah codingnya and bisa kreasi kreatif
      Hee

      Hapus
  9. wah, kepingin banget saya memenuhi ajakn simpatik dari pak syam. sudah saatnya kita meninggalkan predikat sbg konsumen, tapi harus selangkah lebih maju menjadi produsen. produsen aoftware jelas memberikan nilai tambah, apalagi dalam dunia pendidikan. mesti banyak belajar sama pak syam nih dalam soal beginian. terima kasih pecerahannya, pak syam.

    BalasHapus
  10. Tutorial Mantap nih....
    but aku skrg lagi tertarik pada mic office access.. kalo yg ini belum tahu Pak. di pelajari dulu ya..? Mana bih rumit ni dgn access..?!

    BalasHapus
  11. motivasinya hebat, pak syams. betul bahwa sudah saatnya kita mengurangi ketergantungan yang tinggi terhadap produk orang lain, dan mulai menciptakan produk sendiri. paling tidak jadi melatih kita untuk lebih kreatif dan cerdas.

    tapi... tapi... kalau saya? hiks... ternyata manusia memang hanya bisa menguasai sedikit hal saja, tak bisa semuanya, unless you are a super human. dan salah satu keterbatasan saya adalah bidang TI ini.

    PS. kenapa posting pak syams tidak disertai tanggal? atau memang server saya saja yang tidak menampilkannya?

    BalasHapus
  12. hidupkan terus programming untuk anak daerah kalimantan selatan , maju terus IT !!!
    salam : suryodesign

    BalasHapus
  13. bikin software server hape ajah
    ntar kan bagus buat perkembangan future technology



    be the best coz Game of mind

    BalasHapus
  14. terimakasih saudara syam ediris atas informasi dan bagi bagi ilmunya, sukses selalu.

    BalasHapus
  15. saya Deni, suka tulisan anda mengenai pembuatan softwere sendiri, saya mau tanya untuk membuat softwere dengan format (SIS), jenis2 aplikasi syimbian. program apa yang harus digunakan.. kirim jwban'y di : edeni77_biz@yahoo.com

    BalasHapus
  16. Syamsu
    Sangat bagus, jadi bisa berkreasi dengan ide sendiri. Saya tertarik belajar membuat software sendiri dgn anda, jawab di liansyam@gmail.com

    BalasHapus
  17. saya mencari orang yang bisa membuat sofware sms center hub 08996161876

    BalasHapus
  18. dangsanak blog pian bagus banar, handak balajar jua nah..

    BalasHapus
  19. Abdul Rahman06/09/09, 17.10

    Thanks Bro... saya izin download yaa...

    BalasHapus
  20. Kami memiliki beberapa video pembelajaran, silahkan anda kunjungi situs kami http://elearning.gunadarma.ac.id

    BalasHapus
  21. kk...untuk ngedownload softwarenya dimana yah ?

    BalasHapus
  22. terimakasih banyak atas sarannya....semoga anda menjadi orang sukses buat bangsa,agama,dan diri anda sendiri....terimakasih....wassalam...
    ekapramuka@gmail.com

    BalasHapus
  23. OM SAYA KELAS 2 SMA KIRA2 MENURUT OM OTAK SAYA MAMPU GA?
    MUDAH2AN SAYA BISA MENJADI AHLI KAYA OM..TOLONG DUKUNG DOA DAN SOFTWARE2 YANG BISA MENDUKUNG SAYA YA OM.
    MAKSAI BANYAK

    BalasHapus
  24. download software dmn

    BalasHapus
  25. wah... saya sangat tertarik & ingin sekali belajar ttg pemograman. Kira-kira kalo orang awam seperti saya bisa belajar dgn otodidak gak ya mas? Mungkin saya membutuhkan panduan step by step yang kira2 bs saya dapatkan dimana ya? salam dari saya.

    BalasHapus
  26. terima kasih atas infonya,anda dapat kunjungi http://arifadtyasbudiman.blogspot.com/
    terima kasih, semoga sukses

    BalasHapus
  27. kalau muridnya punya blog suruh promosiin di www.sekilasinfo.net aja ya :D gratis dan mudah. tinggal daftar lalu submit

    BalasHapus
  28. om minta installer pembuatan software itu donk..
    aku ga tau mau download di mana..

    jawab di : revi_blue@yahoo.com

    BalasHapus
  29. [DM]Ashura29/05/11, 17.28

    pake Basic aja, Visual Basic.NET gampang dan enak juga kok ^o^ saya msh klas 2 SMP aja bisa pake VB.NET, soalnya memang mudah ^o^

    BalasHapus
  30. wah hebat mas ini boleh ajarin..
    Agung pascal aku gag ngerti....
    heheheh

    BalasHapus
  31. softwarenya download dmana bozz kirin kesini aja bozz amrikhusaini@gmail.com

    BalasHapus
  32. blh bagitahu nk dapatkan mcm mana?

    BalasHapus
  33. PUSING JDI SMUA TMN2 W TUKANG MABOK,,,W SENDIRI BELAJAR PROGAM SOFTWARE N HARDWARE

    BalasHapus
  34. RADEN RAPER WIZXNU,,,,,FB

    BalasHapus
  35. gitu ya,.....
    kirai bikin software itu butuh laboratorium sendiri, besar gitu....
    ah... masa bodoh, dasarnya pascal pak ya.... wah musti dipelajari ne, q mw bikin software billing warnet q sendiri, biar beda ama yang lain. harus bisa . . . .!!!! thax alot.

    BalasHapus
  36. pandi, S.T20/07/11, 00.47

    mantap y, saya juga guru KKPI untuk SMK perlu sharing juga masalah pengetahuan Programnya. saya hanya bisa menggunakan software yang ada tapi belum bisa buat program sendiri untuk digunakan sendiri..

    BalasHapus
  37. aku sangat senang bila semua orang ingin maju seperti ini.terus gali ilmu sebayak mungkin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf pak,udh pernah ngeluarin buku tentang software blm? Ada komunitas tentang software disocmed ga sih? Biar kita bisa saling sharing

      Hapus
  38. Subhanallah, jaman sekarang masih ada aja...hamba Allah yang mau membagi ilmunya dengan gratis, makasih banyak mas

    BalasHapus
  39. mas tolong bantu saya dong membuat makalah tentang software yang belum pernah ada, tolong jawabannya dikirim ke email danysiiamank@yahoo.com

    BalasHapus
  40. ayo kita belajar bersama supaya indonesia juga bisa jadi produsen perangkat lunak!
    tapi kenapa ya yg jago programer pada larinya ke luar negri? apa kecil ya gaji di indonesia?

    BalasHapus
  41. Maaf kalau membuat software audio video player seperti winamp melalui Delphi bisa tidak,soalNya saya ingin sekali membuat software yg bisa dipakai orang banyak...Trims

    BalasHapus
  42. Assalamualaikum wr. wb.
    untuk softwarenya ada tutorialnya gak yah...
    Wassalam....

    BalasHapus
  43. hebat nih pak syam. saya jadi mau mencoba buat aplikasi sendiri. soalnya pekerjaan saya sebagai stap TU ingin mempermudah pengolahan data pegawai dan siswa. Tolong yah pak syam Rekomendasi softwarenya plus tutornya, smoga amal kebaikan bapak jadi membawa berkah.
    kalau bisa please to...(aayakubs@gmail.com)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk adm sekolah bisa pk software yang dibuat kemdiknas yakni PAS-SMA atau software opensource SISFOKOL keduanya sangat bagus tinggal kita aja lagi mengentri datanya, bahkan sampai sms absen atau nilai siswa ke ortu pun bisa

      Hapus
    2. Vb lebih mudah kalo menurut ane
      Vb.net/vb6.0 heee
      Kalo ane si lebih fokus ke c++ sma vb net
      Salam PGR..

      Hapus
  44. mantap....wah saatnya bljar it nich...

    BalasHapus
  45. Thank's berat brow Bouble Jempolll buat anda...

    BalasHapus
  46. ane mau coba ah,
    sukron,,sip

    BalasHapus
  47. Saya tertarik dengan Lazarus, bagus mana menurut Sdr Syamsuddin Ideris, antara Lazarus dengan NetBeans ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mengentai perbandingan Lazarus, Netbeans atau Delphi aku kurang begitu mengetahui...jadi silakan coba dahulu mana yang cocok menurut selera dan kemampuan kita,, OK

      Hapus
  48. trimakasih atas impormasinya
    saya sudah lama menggeluti komputer tapi tetap saja susah dipercaya untuk kerja karena saya hanya sekolah sampai kelas 6 SD
    mungkin jika saya berhasil membuat software sendiri
    tidak akan terlalu ironis
    insya allah aku coba.
    terima kasih

    BalasHapus
  49. saya ingin sekali belajar pemrograman tp sampai skrang blum pintar2. membaca postingan ini menjadi sumber semangat buat saya untuk ttp belajar pemrograman. terima kasih banyak bang admin.........

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rata-rata tokoh IT belajar otodidak, jadi kalau merasa belum pintar berarti itu tandanya pebelajar yang baik...ayo semangatttt

      Hapus
  50. kalo Copy paste sih bisa,,,,,,
    tapi kalo suruh buat yang lain masih bingung.....

    BalasHapus
  51. mas syam low mw buat aplikasi untuk laporan keuangan gimana saya kerja di bag keuangan pemerintahan pengenya buat aplikasi sendiri sih,,,, biar keren,,,dan membanggakan hehheheh

    BalasHapus
  52. mas infonya keren,mampir ya gan refrensidunia.blogspot.com

    BalasHapus
  53. perlu ada kemamuan yang keras juga ya kan bang.
    aku ingin punya kemauan yang keras untuk belajar program ini.
    amin...
    http://tugaselesai.blogspot.com/

    BalasHapus
  54. Kaina lajari kami pa ai di workshop kah jua

    BalasHapus
  55. Kalo buat software dari ms access database gimana caranya ya?

    BalasHapus
  56. cara pembuatanya software ya bagaimana pak,,,?
    walupun saya scol d TKJ tp saya blm bsa apa",,,saya msh bingung

    BalasHapus
  57. Semua itu tidak singkat dan mebutukan proses yang cukup lama, harus mempunyai keahlian dalam bahasa pemprograman ketahuilah dulu dasar dasar dalam membuat program dan melakukan tahap selanjutnya

    BalasHapus
  58. ganmasih rumit di lg tahap mau jd progamer boleh di bantu gx lwat fb atw no hp

    BalasHapus
  59. saya juga ingin membuat software sendiri untuk produk produk saya...tapi masih awam harus bagaimana....

    BalasHapus
  60. hai.. boleh ajar buat software untuk social network?

    BalasHapus
  61. nice tut mister,
    i really do apreciate it ^_^

    BalasHapus
  62. Sepakat pak.., kita harus bisa bersaing dalam pembuatan software yang berkualitas.

    BalasHapus
  63. salam knl smua aku ni newdelbi'heheheheh

    BalasHapus
  64. kog sirus yf diatas ga bsa buka ya om2

    BalasHapus
  65. koq situs yg di atas ga bsa buka ya

    BalasHapus
  66. download dmna softwarenya bang, sy sngat tertarik untuk membuat software...

    BalasHapus
  67. aku sangat tertarik untuk membuat software sendiri, sayang aku masih belum paham caranya, jd dmn saya bisa dapat tutorialnya untuk belajar buat sendiri ?

    BalasHapus
  68. terimakasih informasinya gan,sangat membantu sekali

    BalasHapus
  69. Gan download aplikasi IDE dimana gan?
    Terima kasih

    BalasHapus
  70. kalau bisa ada videonya pak...saya juga pingin sekali belajar langsung, kalau cuma baca'' aj kurang cepat bisa diserap ilmunya..:D

    BalasHapus
  71. Kalau punya sedikit kemampuan soal bahasa pemrograman pasti bisa membantu nie
    nice share

    BalasHapus
  72. saya cuma pengen buat software yang simple aja kok gan, buat beberapa video tutorial digabungin lalu dijadikan software aplikasi, caranya gimana ya? bisa bantu?

    BalasHapus
  73. tolong yang bisa sedikit banyaknya pengetahuan tentang IT bagi ilmu kepada saya yang masih Newbie..
    karena saya mempunyai sebuah planing untuk membuat sebuah aplikasi
    ini Email saya mungkin anda dapat connecting sama saya

    mymoonnewuser@gmail.com

    trims..

    BalasHapus
  74. kan kalau udah di download trus bagaimana lagi caranya
    tolong penjelasannya >_<

    BalasHapus
  75. Mas boleh minta link buat downloadnya ngk... maksih artikel mas bgus bnget ... sahre trus mas ilmunya ..

    BalasHapus
  76. lumayan ribet juga yahh belajar membuat program heeee
    http://belajar-autocad-2010.blogspot.com/

    BalasHapus
  77. aplikasinya kok gk bisa d download omm

    BalasHapus
  78. Dulu saat kuliah, sy lulusan D3 programmer analisis thn 96, wkt itu pake MS-Dos.. pascal, clipper, dll tp gara2 main band jd lupa semua wkwkwk.... overall postingan ini menarik & sy pengen nyari lg tuh buku2 ttg bahasa pemograman.... moga2 inget kembali, usia boleh tua tetapi diri ini takkan mau berhenti belajar, belajar & belajar....

    BalasHapus
  79. terima kasih infonya gan, sangat bermanfaat, kunjungi juga situs agen taruhan terpercaya. http://www.venusbet.com , http://www.s55bet.org , top gan, berapa pun dibayar.

    BalasHapus
  80. terima kasih sebelumnya atas tutorialnya mohon bimbingannya dan ijin share ya gan
    thank's
    salam mandiri

    BalasHapus
  81. bisa minta link buat download delphi ?

    BalasHapus
  82. thnks atas tutorial a mas syam, salamsuper

    BalasHapus
  83. mari berkarya... go go go...
    terimakasih tutorialnya,,

    BalasHapus
  84. ini orang tipe pemabajak tidak pernah memikirkan lisensi yg di akui dunia program... asal jadi

    BalasHapus
  85. menurut saya seorang IT itu belum ada apa apa.. analisis nya sangat meleset tanpa mengetahui sisi lubang yg mudah di masuki semut hitam.. saya tidak menyukai yg namanya TEAM

    BalasHapus
  86. Terima jasa pembuatan software komputer/sistem informasi (sistem informasi hotel, guest house, klinik, akademik sekolah, dll). Hubungi Fernandes 083834375641/ 75286D3B/ http://cvelecomp.com

    BalasHapus
  87. software untuk membuat game apa saja

    BalasHapus
  88. software untuk membuat game apa saja

    BalasHapus
  89. Keren mas, mudah2an negeri kita ini menjadi lebih baik dengan ide2 dan iptek yang senantiasa di bagikan seperti ini di masa mendatang

    BalasHapus
  90. Keren mas, mudah2an negeri kita ini menjadi lebih baik dengan ide2 dan iptek yang senantiasa di bagikan seperti ini di masa mendatang

    BalasHapus
  91. Hadeeeeh skolah aja paket c hmmmm jadi cuma bisa menjadi konsumen... :-(

    BalasHapus
  92. hebat . . terimakasih banya atas infonya.

    lain kali jika tidak keberatan untuk sharing informasi . . bs kan.

    BalasHapus
  93. bolekah saya bisa dapatan softwarenya dan tutorial

    BalasHapus
  94. ini nerapin aplikasinya di mana yah?

    BalasHapus
  95. maksudnya nerapin yg contoh yg di download ituh?

    BalasHapus
  96. Saya tidak pernah meninjakan kaki saya di sekolah. Tapi saya sangat berambisi untuk bisa memahami tentang software nya..

    Jadi pertanyaan nya apakah saya bisa jadi progammer. Seperti kaka/abang ini.?

    BalasHapus
  97. bisakah saya belajar dengan anda pak syam? feedback ke putrayudalesmana@gmail.com

    BalasHapus
  98. bisakah saya belajar dengan anda pak syam? feedback ke putrayudalesmana@gmail.com

    BalasHapus
  99. saya awam...sementara minat besar untuk belajar programing... masalahnya misal tool nya ada VB atau Delphi atau apapun..lah kalau bahasanya ga ngerti gmn? PHP,SQL,java,html dll semua ga ngerti..nah terus yg mau di tulis apa? bingung kan? nah pertanyaanya saya harus mulai dari mana? ibarat anak TK kan harus belaja abjad dulu supaya bisa merangkai kata.. begitulah kira kira.. mohon penjelasanya...

    BalasHapus
  100. kalau untuk kebutuhan seo atau internet marketing butuh spaming bot, kalau ada yg mau membuat bot yang berkualitas dan sesuai kebutuhan pemakai pasti laris di beli. dan mungkin bisa kerja sama sama saya buat promosinya :)

    BalasHapus
  101. membuat software sendiri ?.itu mah mudah bikin kalkulator aja saya bisa,saya juga bisa buat software virus

    BalasHapus
  102. Katanya sangat mudah, tapi kok harus menguasai bahasa tingkat tinggi, kayak pascal. Hehehe..
    Keep posting kang, terima kasih atas infonya.

    BalasHapus
  103. sangat membantu saya untuk belajar software

    BalasHapus
  104. Alhamdulillah msih banyak yg peduli dgn org2 yg ingin lebih Maju, lebih Jaya. Salah satu'y adalah Pak Syam.. Terimakasih Pak Syam Tutor'y Keren dan Hebat Banget, Mudah-mudahan Bermanfaat dan bisa Membantu saya untuk Belajar... Terus Jaya Pak Syam and Sukses Selalu.

    BalasHapus
  105. Maaf saya mau nanya..
    Kan diplaystore banyak software-software gitu.. dan ado penciptanya
    Jadi gimano caranya supaya kito ngejual software kito lewat playstore?
    Please jawab dong...
    Woy! Yg tau jawab dong jan bengong sajo!!
    Woyyy!!!
    Admin jawab dong! lu kan urang IT!!
    #cpetan_jawab

    BalasHapus
  106. Nanya nih bg, klo gw dh bkin codingnya di runing jg dh bisa diprogram ide, trus yg mau gw tanyain cara biar program yg gw buat itu bisa jalan sendiri gmna ya(sudah tidak di halaman software ide yg gw pke sebelumnya).

    BalasHapus
  107. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  108. Artikel yang sangat bermanfaat sobat.. Ohh iya jangan lupa mampir ke artikel terbaru saya yah sobat tentang Menghasilkan duit dari Blog. Mampir yah semuanya, Terima kasih

    BalasHapus
  109. izin download mas,baru mau belajar tentang sofwware dan aplikasi.

    BalasHapus
  110. Sangat Mencerahkan. Membantu saya mengenal pemrograman.

    Saran saya kalau mau belajar lebih lanjut baca buku ini:

    http://rakifsul-sysmon-id.bitballoon.com/

    Nanti kita diajari cara membuat aplikasi yang mirip Windows Task Manager tapi buat web.

    BalasHapus
  111. saya tertarik untuk balajar membuat software sendiri ni ada yg mau ngajarin saya nggk yaa kirim langsung saja kirim emailnya

    BalasHapus
  112. mas saya mau belajar mwmbuat softwer tolong di ajarkan

    BalasHapus
  113. terimakasih informasinya kak . perkenalkan nama saya taufiq ramadhona dari ISB Atma Luhur .

    BalasHapus
  114. terima kasih kak atas informasinya sukses selalu
    salam chris febriyana zamri ISB Atma Luhur

    BalasHapus
  115. terima kasih kak atas informasinya sangat bagus sekali artikel ini cukup jelas bagi saya dan juga menanmbah ilmu pengetahuan saya, perkenalkan nama saya meyrizki sandra dari https://www.atmaluhur.ac.id/
    salam kenal ya kak..

    BalasHapus
  116. terima kasih kak atas informasinya sangat bagus sekali artikel ini cukup jelas bagi saya dan juga menanmbah ilmu pengetahuan saya, perkenalkan nama saya meyrizki sandra dari ISB Atma Luhur
    salam kenal ya kak..

    BalasHapus
  117. Hai kak terima kasih ya penjelasanya,sangat mudah dimengerti.
    Sukses selalu kak...
    Perkenalkan kak,Saya Arta Uli Opi dari ISB Atma Luhur

    BalasHapus
  118. Terimakasih atas informasinya semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan bagi saya dan orang banyak. sukses selalu
    perkenalkan saya Rinanda Eka Yarizki
    jangan lupa buat mampir ke website kampus saya
    ISB Atma Luhur

    BalasHapus
  119. Mantap kak terimakasih informasinya sangat membantu sekali terus berkarya sukses selalu. salam kenal saya Siti Hatijah dari ISB Atma Luhur

    BalasHapus
  120. Hai,terima kasih ya kak, artikelnya sangat bagus dan menarik sekali,serta sangat membantu saya untuk menambah wawasan,bahasanya pun sangat mudah di pahami. sukses terus ya kak,semangat dan jangan berhenti untuk berkarya,dan sehat selalu kakak 
    Perkenalkan saya Andini Indria Vinasty dari ISB Atma Luhur

    BalasHapus
  121. hallo kak blog ini sangat membantu sekali ini cukup jelas dan ini juga mudah untuk dipahami ini juga sangat bermanfaat dan membantu sekali
    semoga kakak selalu semangat untuk membuat blog atau artikel lainnya dan untuk selalu membantu orang lain
    semangatttttt kak

    kenalkan kak nama saya Sinta rahayu dari ISB Atma Luhur

    BalasHapus
  122. terima kasih,,blog ini sangat membantu sekali.

    kenalkan nama saya tia monika dari ISB Atmaluhur

    BalasHapus
  123. woww..kereenn banget artikelnya menambah wawasan.sukses selalu kak.salam kenal saya Lusiyanti Tamba dari https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  124. woww..kereenn banget artikelnya.sukses selalu kak.salam kenal saya Lusiyanti Tamba dari ISB Atma Luhur

    BalasHapus
  125. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  126. kheren septiana06/10/20, 00.34

    terimakasih kak artikelnya bemanfaat sekali semoga dilancarkan rezekinya ya ka
    salam kenal saya kheren septiana dari ISB ATMA LUHUR
    silahkan kunjungi website kami ISB Atma Luhur

    BalasHapus
  127. Particularly for me, sir. When using a PC, accessing my website is frequently a challenge. Until now, the disease has not found what it is looking for. However, I intend to continue my education..
    managex

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar anda.