06 Oktober 2008

Sebagai blogger kita harus bersosialisasi dan berkomunikasi dengan seluruh komunitas. Hal ini dilakukan dengan cara saling mengunjungi blog untuk "say hello". Tapi terkadang kita perlu berbagi nomor telpon agar komunikasi yang terjalin lebih akrab dan intens.

Sekarang lihatlah di samping kiri blog saya. Di bawah alamat email terdapat gambar kotak persegi dengan corak warna hitam di atas putih. Nah itulah nomor telpon saya yang dikemas dalam bentuk barcode datamatrix. Anda yang ingin menambahkan nomor telpon saya langsungl arahkan kamera HP ke kotak tersebut dan jalankan program barcode reader. Selanjutnya akan timbul data nama dan nomor telpon, tinggal klik pilihan untuk menambahkan ke data kontak anda. Gampang kan kalau kita memaksimalkan pemakaian TI dalam kehidupan sehari-hari. Kita tak perlu lagi susah-susah mengetik nama dan nomor untuk membuat kontak baru. Itu udah ketinggalan jaman bro.

Oh ya, program barcode reader yang saya pakai adalah Kayawa Reader yang dapat didownload di sini. Software ini diinstall di HP yang mempunyai kamera agar dapat membaca barcode datamatrix.

Kelebihan lain dari barcode datamatrix kita dapat menyisipkan 3 jenis data, yakni teks biasa, link/url, dan vcard. Jika sebuah link / url kita masukan dalam barcode datamatrix, maka setelah terbaca oleh hp tersedia pilihan untuk langsung mengunjungi/mendownload link tersebut di HP. Demikian pula data vcard atau data kontak (Nokia Compatible) yang kita masukan di datamatrix maka akan terbaca dan langsung timbul pilihan untuk menyimpan kontak tersebut tanpa perlu mengetik nama dan nomor. Mudah bukan.

Pembuatan barcode datamatrix bisa dilakukan pakai software barcode generator. Bagi anda yang tidak ingin susah-sudah tinggal masuk ke sini untuk menggenerate barcode secara online. tinggal klik kanan dan simpan gambar yang digenerete. Bisa dipakai di blog atau di print. Selanjutnya terserah imajinasi anda menggunakan datamatrix ini.

8 komentar:

  1. wah, bener2 pak syam kreatif. ini yang selalu membuat saya salut kepada orang2 TI. tak pernah berhenti berinovasi. sayangnya, sejak dulu saya ndak pernah pakai hp berkamera. hehehe ... salut deh, pak syam. salam kreatif dan inovatif.

    BalasHapus
  2. bener-bener deh pak syams ini!
    salut.
    ntar saya coba tipsnya.
    eh, tapi... tapi... ternyata saya gak punya henpon ding.
    hehe!

    BalasHapus
  3. klo gitu ayo gabung di komunitas kasturi dengan alamat http://kasturibanjar.com

    BalasHapus
  4. QR Code ya...
    QR Code ini memang memiliki kelebihan bila dibandingkan dengan Barcode biasa.

    BalasHapus
  5. Mantap.. Benar2 mantap..
    kreatif.. thanks infona...
    segera d coba.............

    BalasHapus
  6. salut dan tak nyobain deh salam

    BalasHapus
  7. Wah, sy ngenet pake hp pak. bgm caranya ngenet plus motret?

    BalasHapus
  8. wak ketigalan jaman nih.. tpi hpnya juga blm punya hp berkamera.. mungkin lain waktu bisa di coba biar tambah keren blognya...

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar anda.