16 September 2008

Bagi anda yang bekerja sebagai typewriter atau yang banyak berhubungan dengan mengetik tentu saja memerlukan trik agar pekerjaan tepat selesai. Bayangkan jika sekian puluh lembar naskah yang harus anda ketik dan diberi deadline yang singkat.

Saya pernah mempraktikkan trik ini waktu mengetik skripsi. Alhamdulillah, naskah proposal mentah bisa selesai dalam satu hari. Demikian pula waktu bekerja freelance sebagai juru ketik di rental komputer waktu kuliah pernah menyelesaikan hampir 100 lembar naskah A4 satu setengah spasi dalam satu hari. Wow..tentu anda ingin tahu caranya! Apakah ini ada hubungannya dengan "steno".

Untungnya naskah yang biasanya harus kita ketik berhubungan dengan permasalahan khusus tertentu. Misalnya makalah yang berhubungan dengan pelestarian lingkungan. Coba anda perhatikan, tentunya banyak terdapat kata yang terus diulang-ulang sepanjang naskah. Misalnya skripsi berhubungan dengan penelitian pendidikan. Tentu disana banyak terulang kata pendidikan, siswa, sekolah, proses belajar mengajar.

Triknya adalah, kita buat singkatan khusus untuk kata tersebut. Misalnya: pdd=pendidikan, sw=siswa, skl=sekolah, pbm=proses belajar mengajar. Jadi kita cukup mengetik singkatannya saja maka kata lengkapnya akan otomatis disisipkan.

Bagaimana teknisnya? Begini, karena kita kebanyakan menggunakan MS Word maka hal yang bisa dimanfaatkan adalah fasilitas autocorrect. Silakan klik menu tool => AutoCorrect Option lalu definisikan singkatan yang anda perlukan. Selanjutnya di halaman kerja ms Word tinggal diketik, misal "pbm" lalu tekan spasi maka "proses belajar mengajar" otomatis disisipkan oleh Ms Word.

Nah, bagaimana trik sederhana ini apaka dapat membantu pekerjaan anda? Silakan tunggu trik berikutnya!

7 komentar:

  1. Yap. Tentang auto correct, saya juga pernah baca tips serupa di majalah komputek pak Syam. Sangat membantu bila sering terjadi pengulangan kata atau kalimat

    BalasHapus
  2. Tips n triks yang bermanfaat, Syam..

    BalasHapus
  3. Yap..mudah-mudahan walaupun sederhana dan mudah tapi siapa tahun praktis dan bermanfaat..

    BalasHapus
  4. Sekretaris yang bisa mengetik cepat, umumnya gajinya juga lebih tinggi.....

    BalasHapus
  5. makasih buangets

    BalasHapus
  6. mantaapp!!! baru tau trik ini hehe.. thanks bro!!

    -- visit http://m.rujakasik.com --

    BalasHapus
  7. makasih infonya,
    salam kenal...
    need IT?
    http://www.linovtech.com

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar anda.