07 September 2008


Anda termasuk orang yang suka berkelana di dunia maya? Apakah anda termasuk orang yang mengalami stress atau gelisah bila tidak terhubung ke internet walau sebentar? Atau apakah anda termasuk orang yang suka mengandalkan mesin pencari di internet untuk mencari solusi suatu masalah. Berhati-hatilah! karena bisa jadi anda mengidap penyakit "discomgoogolation".

Berdasarkan studi yang dilakukan terus menerus, kini psikolog mengungkapkan bahwa discomgoogolation adalah penyakit baru terkait dengan perilaku kecanduan internet. Discomgoogolation didefinisikan sebagai perasaan stress dan kegelisahan saat tak bisa segera terhubung dengan akses informasi cepat. Discomgoogolation sendiri merupakan gabungan dari Discombobulate yang artinya frustasi atau bingung. Sementara kata 'googolation' konon diambil dari istilah googling atau mencari informasi lewat mesin pencari Google.

"Kemudahan yang ditawarkan dunia broadband telah menciptakan budaya baru yaitu jawaban instan (melalui mesin cari di internet). Sebuah galaksi informasi yang hanya perlu satu kali klik, dan membuat manusia sangat tergantung," ujar psikolog, Dr. David Lewis, seperti dikutip detikINET dari berbagai sumber, Minggu (7/9/2008). Hal ini menimbulkan kecanduan baru, yakni kecanduan informasi. Manusia menjadi sangat tergantung pada informasi. Kalau sesaat saja kehilangan akses ke internet dan tidak bisa mengakses informasi yang dibutuhkan sungguh keadaan menjadi serba sulit.

Terlepas dari "label" penyakit yang diberikan pada kencanduan jenis ini, tentu masih bisa diperdebatkan apakah kecanduan ini termasuk hal positif atau negatif. Bisa saja "discomgoogolation" berakibat positif jika hal ini menyebabkan kemajuan pada diri anda. Produktivitas kerja meningkat. Pemikiran lebih luas dan tebuka. Tapi bisa berakibat negatif jika anda menjadi "lupa diri" keasyikan mengarungi samudera informasi yang luas ini. Bahkan kalau sampai di infus seperti gambar illustrasi di atas, kayaknya saya setuju jika dikategorikan penyakit.

Jadi, apakah Anda termasuk penderita Discomgoogolation?

6 komentar:

  1. mudah2an saya termasuk yang kena kecanduan yang positif pak, biar tambah wawasan salam

    BalasHapus
  2. Waduhhhh....aku pinanya pas banar nah..
    Kana discumgogolation....parak bainfus sudah
    Bila kd ngenet sehari haja asa garing awak

    BalasHapus
  3. Keren deh gambarnya ...

    BalasHapus
  4. Gambar wokeh punyah ... =))
    Keknya aku kada kena penyakit ni balum nah.

    BalasHapus
  5. Kecanduan? kalau menulisnya mungkin iya. Tapi nggak nyampe seperti digambar itu kang Ideris.. :lol:

    BalasHapus
  6. kecanduan gak juga kayaknya, soalnya udah ada jatah ngenet perharinya 8 jam hehe...

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar anda.