19 September 2008

Selama ini kita telah salah kaprah mengartikan satuan ons dalam kehidupan sehari-hari. Sewaktu beli gula pasir kita dan penjual beranggapan bahwa 1 kilogram sama dengan 10 ons atau 1 ons sama dengan 100gram. Demikian pula yang diajarkan oleh guru kita sejak SD, SMP, SMA bahkan sampai di beberapa perguran tinggi. Entah sejak kapan kesalahan ini terjadi secara "berjamaah".

Awas, jika kita berhubungan dengan dunia internasional maka akan terjadi kesalahan perhitungan yang fatal. Saya terkejut sewaktu mencoba konversi data harga emas dari oz (Ons) ke gram sesuai dengan Tren Harga Emas yang ada di sebelah kanan. Kalau kita pakai satuan ons sama dengan 100 gram maka harga emas saat ini tidak sampai 100ribuan.

Sesuai data harga emas live yang diupdate tiap jam oleh www.kitco.com maka saat saya menulis tulisan ini, harga emas USD 871,80 per oz. Coba kita hitung dengan mengambil kurs dolar di www.bankmandiri.com saat ini maka harga per oz menjadi Rp. 8.142.612,-. Jadi jika kita beranggapan bahwa 1 oz sama dengan 100 gram, maka harga emas saat ini adalah Rp.8.142.612/100= Rp. 81.426,-. Wah murah sekali dong.

Ternyata kita salah kaprah. Satuan Ons (oz) yang berlaku secara internasional adalah 1 oz = 28,350 gram. Jadi harga emas pergramnya adalah Rp.8.142.612/28,350= Rp. 287.217,-. Nah ini baru benar sesuai dengan kisaran harga pasaran emas saat ini.

Bayangkan jika anda bekerja sebagai asisten apoteker yang ditugaskan meracik obat. Jika pada petunjuk obat internasional tertulis 0,1 oz sebenarnya kan sama dengan 2,8 gram. Tapi jika kita masih memakai standar "salah" tadi maka takaran yang akan dibuat sebanyak 10 gram. Wah bisa-bisa pasien tambah gawat atau keracunan obat dong.

8 komentar:

  1. Pelajaran di sekolah sekarang, 100 gram bukan 1 ons pak!... melainkan:
    10 gram = 1 dekagram
    100 gram = 1 hektogram
    1000 gram = 1 kilogram

    BalasHapus
  2. Wow cermat kali. Menyimak dan berpikir.

    BalasHapus
  3. Andy MSE: Berarti bagus dong disekolah udah nggak mengajarkan lagi 1 ons = 100gr. Berarti tinggal para pedagang di pasar yang harus diedukasi.

    Ersis WA: yap..harus cermat kalau tidak kan bisa fatal

    BalasHapus
  4. saya baru tau kalo takaran 1 oz = 28,350 hehehe

    BalasHapus
  5. Tepatnya sih, 1 onz = 28,34952 gram

    BalasHapus
  6. wah, ulun termasuk salah didik dan salah asuhan wkwkwkwkw
    makasih infonya pak lah :)

    BalasHapus
  7. wah... teliti bngt hehhe...

    BalasHapus
  8. waah.. gw jd punya bukti kl debat ama nyokap.. hehe

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar anda.