07 September 2008

Jika anda pergi ke Kandangan dan lewat di km 5,5 Sungai Raya mohon hati-hati. Jangan anda lengah dan terkejut apalagi kalau lewat malam hari. Soalnya aspal di depan SDN Sungai Raya Tengah berwarna merah darah!

Tujuan awal pengecatan ini adalah sebagai tanda agar hati-hati berkendara karena berada di  "ZONA SELAMAT SEKOLAH". Memang sekolah dasar ini terletak persis di pinggir jalan raya Kandangan-Banjarmasin. Tentu saja banyak anak kecil lalu lalang dan menyebrang jalan yang membahayakan baik keselamatan anak maupun keselamatan pengendara.

Tapi apa yang terjadi? Baru seminggu selesai dicat, "aspal merah" tersebut sudah menimbulkan 3 kali kecelakaan. Pertama pada hari selasa 2 September 2008 sekitar pukul 15.00 WITA sebuah Yamaha Mio tergelincir ke pinggir jalan. Kemudian pada Rabu malam tanggal 5 September sekitar pukul 04:00 dinihari sebuah mobil kijang tergelincir di pinggir jalan hampir menabrak tiang listrik karena ban slip waktu menghindari mobil yang berpapasan.

Kejadian paling baru adalah malam ini, malam minggu, 6 September sekitar pukul 23:30 WITA sebuah mobil Pick Up tergelincir dan terbalik di pinggir jalan "aspal merah" tersebut. Kejadiannya karena hari gerimis dan jalanan jadi licin. Sang sopir terkejut melihat ada bangkai kucing mati di tengah jalan dan mengerem tapi slip. Akhirnya mobil yang penuh muatan sayuran yang akan di bawa ke Martapura tersebut tergelincir ke pinggir jalan dan terbalik. Untung saja sang sopir dan isterinya selamat. 

Masalahnya adalah, aspal yang dilapisi cat menjadi licin. Apalagi waktu hari hujan atau gerimis. Sifat cat tidak seperti sifat aspal. Cat bersifat licin dan membuat jalan slip. Mungkin karena ini program baru dari DLLAJ atau Pemda sehingga masih kurang dikaji dampaknya bagi pengendara motor atau mobil.

Jadi hati-hati saja!!

12 komentar:

  1. memang kayanya perlu dikaji ulang, aspalnya jadi licin.
    Aku aja kemarin saat pulkam hmpir jatuh karena licin.

    BalasHapus
  2. Weleh..weleh..welehhhh...
    Mau selamat kok malah bikin celaka....

    BalasHapus
  3. saya akan hati2 pak klo nanti mudik ke kandangan. :)

    BalasHapus
  4. hanyar ja kah tuh?
    wah, harusnya cat merahnya jangan seluruh badan aspal tuh.. bahaya dong. harusnya dibikin bergaris2 seperti zebra croz saja. catnya pun bahannya bukan yang ini kayaknya, ada bahan yang gak licin.
    mudahan lekas diperbaiki. amien

    BalasHapus
  5. wah kok sama di Jogja juga ada gitu zona selamat sekolah :)

    BalasHapus
  6. semoga tidak terjadi lagi kecelakaan berikutnya .

    BalasHapus
  7. untuk itu berhati-hatilah dalam berkendara , apalagi sesudah turun hujan yang mengakibatkan jalanan menjadi licin .

    BalasHapus
  8. kalo begitu menurut saya lebih baik jangan dicat , kalau bisa mengakibatkan licinnya jalanan .

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar anda.