09 September 2008

Bismillahirahmanirrahim.

Kali ini kita akan memulai belajar bagaimana membuat program komputer. Dari pada terus-terusan jadi pemakai dan pembeli software luar negeri kan lebih baik kita belajar membuat sendiri. Iya dong, kan kalau dijual bisa jadi uang yang lumayan disamping turut menghemat devisa negara. Selain itu kita bisa membuat sendiri software sesuai kebutuhan dan keinginan kita. Misalnya saya pernah membuat software manajemen perpustakaan yang dibeli orang Rp 2 Juta. Terus ada juga software administrasi sekolah yang dibeli client Rp 6 Juta. Lumayan. Makanya, teruslah belajar pemrograman. Pertama-tama kita akan belajar istilah-istilah penting dalam pemrograman.


1. Apa itu programmer
Apakah anda pemakai komputer? Jika anda menjawab "ya" maka tunggu dulu apakah itu benar! Sebenarnya yang anda pakai adalah "program komputer" atau software. Komputer hanyalah seperangkat alat elektronik. Ruh utama yang membuat komputer hidup dan seperti bisa berpikir dan melakukan pekerjaan pintar adalah "software". Ibarat perangkat komputer itu "badan" kita maka software itu adalah "nyawa".

Bayangkan apa yang terjadi jika badan kita telah ditinggalkan oleh ruh atau kehilangan nyawa. Tentunya badan tidak bisa melakukan apa-apa bahkan akan membusuk dan mati. Demikian pula perangkat komputer jika tidak diisi dengan software maka komputer tersebut bagaimanapun hebatnya spesifikasi hardware yang serba canggih tentunya tidak akan bisa hidup dan mengerjakan sesuatu.

Kita selama ini sungguh dimanjakan oleh para pembuat software atau programmer. Semua hal yang kita butuhkan dalam bekerja disediakan oleh komputer. Dari mengetik, membuat presentasi, menyusun laporan, mendengarkan lagu, menonton film, mengirim email, browsing di internet, semuanya sudah disediakan softwarenya oleh programmer.

Sekarang telah fahamkan anda apa pekerjaan seorang programer? Ya, programmer adalah seseorang yang pekerjaanya membuat software komputer. Apakah pekerjaan ini mejanjikan secara ekonomis. Jangan ditanya lagi! Siapa orang TI yang masuk jajaran orang terkaya dunia. Tentulah jawabannya adalah sang "programmer" Microsoft Windows, yakni Bill Gate.

Tunggulah lanjutan seri belajar pemrograman selanjutnya.

5 komentar:

Terima kasih atas komentar anda.