15 Agustus 2008

Masih ingat lagu Iwan Fals tentang sosok guru, Oemar Bakrie yang digambarkan naik sepada kumbang, membawa tas hitam dari kulit buaya. Sosok sang pendidik ini digambarkan hidup sederhana karena gaji yang pas-pasan. (Pas diterima, pas langsung habis bayar cicilan utang).

Tapi kemarin ada kabar gembira yang membawa harapan bagi Pahlawan Tanpa Tanda Jasa Ini. Dalam pidato kenegaraan penyampaian nota keuangan (RAPBN 2009) di DPR pagi ini, Bapak Presiden menyatakan bahwa: "Pendapatan guru golongan rendah dapat dinaikkan menjadi di atas Rp 2 juta".  Juga ada kenaikan dalam belanja pegawai yang bertujuan agar gaji pegawai negeri sipil naik.  Bila semula pendapatan golongan terendah PNS sebesar Rp 640 ribu per bulan, maka dalam RAPBN 2009 ditingkatkan menjadi Rp 1,7 juta setiap bulan.(Liputan6.com)

Kebijakan ini diambil untuk mematuhi putusan Mahkamah Konstitusi (MK) pada 13 Agustus dan sesuai amanat UUD 1945. Dua hari lalu MK mengabulkan gugatan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) atas undang-undang APBN yang tidak memberi porsi 20 persen bagi pendidikan. SBY mengatakan ''Dalam RAPBN 2009, anggaran pendidikan Rp 210 triliun''.Total APBN sendiri ditetapkan Rp 1.203 triliun.

Menteri Pendidikan Nasional Bambang Sudibyo mengaku siap mengalokasikan anggaran pendidikan yang luar biasa besar tersebut. Terutama, untuk peningkatan infrastruktur pendidikan, beasiswa, dan peningkatan kesejahteraan tenaga pendidik. ''Kita sudah siapkan. Dari awal kami siap dengan anggaran 20 persen,'' timpal Bambang.

Wakil Ketua Panitia Anggaran DPR Harry Azhar Azis mengatakan, Menkeu telah menyampaikan tambahan anggaran pendidikan kepada Panitia Anggaran sekitar Rp 46 triliun. ''Dalam pembahasan awal belum 20 persen. Tambahan itu mestinya untuk menggenapkan,'' kata Harry kemarin (14/8).

Jadi sepertinya klop sudah. Presiden akan mengusulkan anggaran pendidikan 20% dari APBN, Menteri Pendidikan siap mengalokasikan anggaran yang sangat besar tersebut. (Anggaran Depkominfo "cuma" Rp 2 Triliunan atau 1/100 anggaran pendidikan). Panitia anggaran DPR juga telah memberikan dukungan. Jadi tinggal kita tunggu realisasi dilapangan saja. Semoga ini menjadi momentum percepatan kemajuan pendidikan Indonesia. Merdeka.

17 komentar:

  1. Oemar Bakrie15/08/08 20.34

    Alhamdulillah...Akhirnya datang juga
    Walaupun ini cuma sebuah rencana
    Semoga semua guru jadi sejahtera

    BalasHapus
  2. Ah..yang benar saja...
    Biasa, kan SBY gemar berwacana
    Jangan-jangan ini sekedar retorika
    guna menghadapi 2009
    ............ )

    BalasHapus
  3. Wualllaahhhh..nduk..ndukkkk
    Mbok ya jangan banyak berharap ((
    Nanti terjerambab... :((

    BalasHapus
  4. Mestinya jangan lagi Oemar Bakrie.
    Bila mayoritas guru di tanah air punya blog seperti ini. Nama itu perlu di daur ulang. Apalagi bila anggaran Pend. 20% itu benar-benar jadi kenyataan. ;)

    BalasHapus
  5. Puluhan tahun para org pintar, guru, dosen teriak-teriak menginginkan peningkatan kesejahteraan guru, tapi saya tetap pesimis niatan baik pemerintah setengah hati untuk meningkatkan kesejahteraan guru, seperti program sertifikasi guru, kata dosen saya yang legendaris Ersis Warmansyah Abbas (EWA), bagi perempuan yang belum kawin, jangan kawin dengan guru karena gajinya kecil... :))

    BalasHapus
  6. Saya merasa.... kenapa ya kalo guru gaptek menjadi pembahasan tersendiri, guru punya blog juga ternyata dibahas...

    BalasHapus
  7. gaji guru boleh naik tetapi kalau mental guru sama seperti sekarang apa kata dunia ?

    BalasHapus
  8. yang naik kan PNS yang Notabene kalau ngajar hanya mencatat setelah itu pergi n ngrumpi yang honor bagaimana mereka juga ikut mencerdaskan anak bangsa yang mungkin mental mereka jauh lebih baik

    BalasHapus
  9. @otonglenong:
    Apa maksud anda mengatakan "mental guru sama seperti sekarang apa kata dunia".? Coba dijelaskan mental yang mana? Apa buktinya. JANGAN karena kasus satu dua guru lalu digeneralisir semua guru begitu. Dalam dunia berpikir orang waras penarikan kesimpulan model begitu tidak pernah diterima. Yah, kecuali bagi orang kurang waras atau kurang berpendidikan memang bisa.

    Harap diingat, masih banyak guru yang baik dari pada yang tidak baik.
    - malam hari memersiapkan bahan mengajar buat besok.
    - subuh merancang bahan ajar dan media
    - pagi datang tepat waktu
    - sore mengoreksi hasil PR, Ulangan, tugas dll
    - malam terulang lagi rutinitas 24 jam seorang guru.

    masih kah anda berpikir untuk menghina dan meremahkan profesi guru? Kalau anda berpikir waras dan tahu terima kasih: seharusnya anda bersyukur karena pernah sekolah hingga bisa mengeja huruf berkomentar di blog ini. Coba kalau bukan jasa guru yang telah anda hina dan remehkan itu...apa anda bisa baca tulis. Sadar dong. Saya doakan semoga hidup anda tidak kualat karena telah menghina semua guru.

    BalasHapus
  10. saya ingin bilang, pemerintah ga usah banyak memberi kabar kabur yang jelas2 tidak jelas, kasihan tu guru2 dari doeloe. sahursnya tak perlu ada sertifikasi hanya untuk menaikkan kesejahteraan guru, itukan m\emang hak mereka. ini sprtnya pememrintah ga percaya pada guru bahwa apa yang dikumpulkan pd portovolio itu kan emang kewajiban guru dan sudah dilakukannya bertahun2. coba kalw naikkan gaji anggota legislatif hampir tdk ada yang komentar.coba pula bandingkan pula kerja dan gaji polisi dan guru

    BalasHapus
  11. otong lenong, hati-hati kalau ngomong/nulis

    BalasHapus
  12. sehrusnya pemerintah tidak hanya memberi pengarahan kepada guru yang tidak baik, melainkan juga memberi sanksi bagi guru2 tsb

    dan bagi guru yang tlah berjasa ataupun bertindak baik ya seyogyanya saja memberikan tunjangan lebih
    setelah itu bagi guru yang baik ya sebaiknya juga ikt mengawasi

    BalasHapus
  13. sehrusnya pemerintah tidak hanya memberi pengarahan kepada guru yang tidak baik, melainkan juga memberi sanksi bagi guru2 tsb

    dan bagi guru yang tlah berjasa ataupun bertindak baik ya seyogyanya saja memberikan tunjangan lebih
    setelah itu bagi guru yang baik ya sebaiknya juga ikt mengawasi

    BalasHapus
  14. MANA BUKTINYA PAK... NIH SUDAH BULAN KE 5 TAHUN 2009, GAJI GURU GOLONGAN II.A MASIH 1 JUTA??? SIKAPI LAGI SAMA2, MUMPUNG BELUM PILPRES, KALO SUDAH PILPRES BISA2 GAK ADA REALISASINYA...!

    BalasHapus
  15. KAPAN JANJI PRESIDEN GAJI GURU MINIMAL 2 JUTA DI REALISASIKAN, JANGAN CUMA JADI JANJI KOSONG PILPRES AJA.

    BalasHapus
  16. makanya saya sudah gak respek lagi sama pemerintahan yang cuma obral janji tanpa bukti.kejengkelan saya makin bertambah,kalau mendengar pernyataan mendiknas yang masih mengatakan bahwa gaji guru tahun 2009 minimal 2 juta,padahal sudah tahu bohong.

    BalasHapus
  17. semoga gaji guru ini setimpa dengan apa yang dia ajarkan pada murid-muridnya .

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar anda.