20 Juni 2008


Di zaman materialistis dan individualistis ini kehidupan manusia sudah jauh dari sifat tolong menolong. Segala sesuatu diukur dengan uang dan harus menguntungkan. Ada ungkapan "TIDAK ADA MAKAN SIANG YANG GRATIS" yang artinya segala sesuatu harus ada imbalannya. TAPI!! masih ada yang gratis, bahkan barang dikirim langsung ke rumah kita dari luar negeri. APA ITU? Jawabnya "UBUNTU".


Saya sudah 3 kali memesan keping CD ubuntu, dari versi 7.04, 7.10 hingga 8.04. Bagi anda yang berminat pesan saja CD installer Ubuntu di https://shipit.ubuntu.com/ maka paling lama 100 hari barang akan datang dari markas ubuntu, biasanya dari Netherland. Gratis, bebas biaya ongkos kirim. Aneh ya? masih ada orang yang begitu baik hati.

Apa sih Ubuntu itu? Ubuntu adalah paketan (distro) linux yang merupakan operating system (pengganti Windows) yang sudah dibundel dengan berbagai software penunjang. Jadi selain kernel Linux, ada pula Desktop Manager yang cantik, Open Office yang gress, Gimp untuk editing grafis, RythmBox untuk multimedia, Firefox untuk browsing, Pidgin untuk yang gemar chatting.
Bila masih kurang kita bisa menambah instalan program di Ubuntu dengan mudah setelah kita mempunyai DVD repository (Sumber Update yang dikemas dalam DVD) atau repository dari internet. Tinggal klik maka ribuan software akan tersedia.

Dari segi ekonomis, jelas Ubuntu (dan distro Linux yang free lainnya) pilihan lebih baik dari pada Windows dan dedengkotnya. Bayangkan, beli WIndows Vista 1,5Jt, MS Office 2007, 2Jt, Adobe Photoshop CS2 4,5 Jt, dan seterusnya yang setelah ditotal ternyata lebih mahal daripada komputernya sendiri (Dekstop 3-4 Jtan).

Dari segi sekuriti jelas lebih andal, virus dan segala jenisnya hampir-hampir tidak ada yang menyerang Linux. Jadi jangan khawatir mencolokkan flashdisk teman yang ada virus dari Windows ke Komputer/Laptop Ubuntu (dan distro Linux lainnya).

Masalah hang akibat banyaknya bugs di Windows sangat jarang ditemui di Linux. Ada jutaan server Linux yang hidup 24jam-7hari seminggu-30 hari sebulan- selama bertahun-tahun tanpa perlu restart. Kalau pun ada celah keamanan atau bugs di Linux maka dalam hitunga hari bahkan dalam hitungan jam sudah ada perbaikannya updatenya. Kenapa, karena adanya komunitas programmer,hackers, tester, dan user Linux yang siap dan terkoordinasi terus menerus mengembangkan Linux.

Yang paling utama, Kode program (Source Code) Linux terbuka untuk dipelajari. Kita bebas mendownload, mencopy, mempelajari, mengubah agar lebih baik lagi. Bandingkan dengan source code Windows yang tertutup oleh hak cipta Bill Gates forever.

Hayoo...pilih mana? Open your mine, be smart, think free, get Linux, use Ubuntu !!!!!

5 komentar:

  1. salam kenal dingsanak urang kandangan jua nah, kunjungi blog saya di taufik79.wordpress.com.

    BalasHapus
  2. Bila dvd repositorinya datang, smslah, pa Sarbaini handak mancoba jua jar.

    BalasHapus
  3. Muhammad Muntaza30/08/08 22.15

    Salam Kenal dari Muhammad Muntaza

    BalasHapus
  4. km yalh org bn kepayang.... dr iyus bn kpayang

    BalasHapus
  5. pengen donk makan siang gratis...
    milih ubuntu aja deh sambil belajar juga, dulu sih pernah nyoba yang versi CD portable langsung jalan...

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar anda.