28 Februari 2008

Cihuuuyyyyy.........!!!! Begitulah seorang teman PNS mengekspresikan kegembiraannya setelah mendengar berita kenaikan gaji abdi negara. Tapi kebanyakan orang belum tahu: kapan gaji PNS naik, berapa kenaikannya.? Bacalah berita di bawah ini yang disertai dengan lampiran PP Nomor 10 Tahun 2008 tentang kenaikan gaji PNS disertai tabel kenaikan gajinya.


Pemerintah dipastikan akan mulai membayar kenaikan gaji PNS/TNI dan Polri pada bulan Februari ini. Kenaikan gaji PNS/TNI dan Polri akan diberlakukan terhitung mulai tanggal 1 Januari 2008. Akibatnya pemerintah akan membayar rapelan kenaikan gaji tersebut sejak bulan Januari 2008.

Dirjen Perbendaharaan Depkeu, Mulia P Nasution mengatakan Ditjen Perbendaharaan telah menerima Peraturan Pemerintah (PP) mengenai kenaikan gaji pegawai tersebut pada hari Rabu (11/1/2006).

Adapun keenam Peraturan Pemerintah tentang kenaikan gaji tersebut adalah PP kenaikan gaji PNS, TNI, Polri, Kehakiman, pensiunan PNS, dan pensiunan TNI/Polri. Download PP Nomor 10 Tahun 2007 Tentang Kenaikan Gaji PNS di sini.

Mulanya, tambahan kenaikan gaji PNS sebesar 15 persen tersebut akan diberikan pada pertengahan Januari 2006.

Namun karena ada beberapa pengurusan administrasi seperti pengurusan perubahan data untuk penambahan gaji baru tersebut membutuhkan waktu sekitar satu hingga dua minggu.

"Diusahakan Februari sudah terbayar, departemen itu kan harus melihat daftar gaji tambahan itu, untuk rapel itu," ujar Mulia di Departemen Keuangan Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat (13/1/2006).

Dijelaskan Mulia bahwa untuk kenaikan gaji pegawai tersebut pemerintah telah mengagarkan dana sebesar Rp 16,4 triliun.

Dana sebanyak Rp 12 triliun adalah untuk Dana Alokasi Umum (DAU), yang akan disebar ke daerah. Nantinya pemda akan membayar gaji pegawai daerah. Sedangkan sisanya sebanyak Rp 4,4 triliun akan dialokasikan untuk mebayar gaji pegawai di pemerintah pusat.

2 komentar:

  1. Kenaikan gaji PNS 2009 sudah bisa diamprahkan, berlaku mulai hari rabu, tgl 4 maret 2009

    BalasHapus
  2. naik terus ne...
    selamat aja buat pns...

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar anda.